Kelebihan vs Kekurangan Belajar dengan Media Internet

Media pembelajaran untuk berbagai kalangan sudah tersedia sangat banyak. Ada yang melalui pembelajaran di sekolah atau kampus, ikut kursus sana-sini, belajar dengan media internet,dll yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat zaman sekarang. Teknologi yang semakin berkembang pesat, menjadikan masyarakat sekitar sering menggunakan media internet untuk belajar. Belajar dengan media internet sih sah-sah saja untuk dilakukan. Akan tetapi, yang sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan belajar dengan media  internet? Apakah belajar dengan media internet itu jauh lebih baik? Sebelum itu, mari kita bahas dulu kelebihan dan kekurangan belajar dengan media internet!

 

Kelebihan belajar dengan media internet:
1. Bisa belajar kapan dan dimana saja

Gambar: belajarinternet152.wordpress.com

 

 

Belajar dengan media internet itu enak banget, kamu bisa mengatur kapan dan dimana saja kamu bisa belajar. Tidak ada yang menentukan kapan kamu harus belajar dan dimana kamu harus belajar. Kebebasan bisa kamu rasakan. Kamulah yang menentukan kapan kamu mau dan bisa belajar serta dimana tempat kamu belajarnya. Kamu bisa menikmati pembelajar dengan media internet sesuka hatimu. Belajar dari media internet itu jauh lebih santai dibandingkan belajar di sekolah atau kampus atau ikut kursus sana-sini. Belajar di sekolah atau kampus bahkan belajar lewat kursus, guru atau dosenmulah yang menentukan jam berapa belajarnya, belajarnya berapa lama, dan dimana belajarnya. Pokoknya sesuaikan dan aturlah waktu kapan kamu bisa belajar dan dimana tempat yang cocok bagi kamu untuk belajar.

 

2. Mendapatkan berbagai ilmu yang lebih dalam lagi

Gambar: jokam354.com

 

 

Pembelajaran melalui media internet menjadikan kamu mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang kamu butuhkan untuk pembelajar sekolah, kampus, atau kehidupan sehari-hari. Kamu bisa semakin menggali ilmu pengetahuan dari berbagai belahan dunia. Saat belajar di sekolah atau kampus, ilmu yang kamu dapatkan sangatlah terbatas. Sedangkan belajar dengan media internet, ilmu yang kamu dapatkan tidak terbatas. Informasi-informasi apa saja yang kamu cari dari internet pasti kamu dapatkan. Jawaban-jawaban atas pertanyaan yang kamu butuhkan bisa terjawabkan dengan lengkap dan jelas karena informasi-informasinya sudah pasti lengkap.

 

3. Bisa menikmati dan memilih bentuk paduan pembelajaran yang ada di internet

Gambar: geckoandfly.com

 

 

Bentuk paduan pembelajaran di internet yang bisa kamu nikmati seperti; e-book, video tutorial, dll. Bentuk paduan pembelajaran tersebut menjadi pilihan terbaik kamu. Harus dapat disesuaikan dengan gaya belajarmu atau sesuai dengan keinginanmu. Bebas sih kamu mau pilih paduan pembelajar dalam bentuk apa. Boleh memilih sesuka hatimu asalkan kamu merasa nyaman dan dipermudah. Kamu bisa menggunakan semua bentuk paduan pembelajaran jika kesemuanya kamu butuhkan.

Baca juga: Silahkan Simak disini 7 Pertimbangan dalam Memilih Perguruan Tinggi!

 

4. Lebih Praktis

Gambar: myroomismyoffice.com

 

 

Kenapa banyak orang yang lebih memilih belajar dengan media internet daripada ikut kurus offline? Tahu sendiri kan kalau belajar dengan media  internet itu lebih praktis dibandingkan ikut kursus offline. Belajar dengan media internet, kamu hanya membutuhkan koneksi internet untuk dapat dihubungkan ke internet serta peralatan lainnya seperti laptop / komputer / gadget yang bisa kamu gunakan. Bisa dinikmati secara gratis lagi. Kurus offline udah gak zamannya lagi, biayanya mahal pula.

 

Kekurangan belajar dengan media internet:
1. Informasi yang disediakan masih banyak yang belum sesuai dengan faktanya/ belum tentu akurat/masih ada yang salah

Gambar: widuri.raharja.info

 

 

Informasi-informasi yang disediakan secara online itu masih ada yang belum sesuai dengan faktanya alias masih simpang siur/ belum tentu akurat/ masih ada yang salah. Gak enaknya belajar dengan media internet ya kayak gitu deh. Ketika kamu mencari sebuah informasi dan mendapatkannya, informasi yang kamu temukan bisa jadi sesuai dengan faktanya dan benar-benar akurat, bisa juga belum sesuai dengan fakta/belum akurat/masih ada yang salah. Maka dari itu, sering terjadi kesalahan saat belajar dengan media internet sehingga belajarmu menjadi kurang efektif. Setelah selesai belajar, lebih baik kamu tanyakan kepada orang-orang disekitarmu apakah yang kamu pelajari dari internet itu sudah benar atau belum. Belajar dari internet bisa bikin kamu sukses asalkan bahan paduan yang kamu temukan dan gunakan itu dari buku online / e-book, dari para peneliti, dari video tutorial, dll. Hindarilah menggunakan informasi yang bersumber dari b***s*ot, w***pr***, dll.

 

2. Boros kuota internet (bagi yang memakai kuota internet)

Gambar: loop.co.id

 

 

Inget, belajar dengan menggunakan internet bisa bikin kuotamu boros!  Kuotamu terkuras banyak karena koneksi internet yang terus berjalan dan kuotamu terus disedot. Apalagi kalau kamu belajarnya dengan mendownload materi pembelajaran dan nonton video tutorial, itu mah borosnya kebangetan. Itulah resiko yang harus kamu terima kalau belajar dari internet. Akibatnya kamu harus mengeluarkan biaya tambahan buat beli kuota internet. Pengen belajar dari internet tapi tetep hemat? Satu-satunya cara adalah pake kuota internet unlimited atau pake wifi yang unlimited. Bisa juga kamu ngakalin gimana caranya biar kamu bisa hemat kuota internetnya. Pinter-pinter aja deh cari cara buat berhemat. Paling enak mah belajar dengan media internet di tempat yang bebas internet, kamu gak perlu keluarin biaya untuk beli kuota internet.

 

3. Terjadinya ketidakpahaman karena kurangnya interaksi dan bimbingan dari mentor

Gambar: htetp.loop.co.id

 

 

Belajar dari internet menjadikan kamu terfokusnya pada bahan paduan pembelajaran yang kamu pilih, entah itu e-book, video tutorial, dll. Akan ada hal yang kurang kamu pahami saat belajar sehingga supaya lebih paham lagi kamu baca ulang atau lihat ulang paduan yang kamu gunakan. Masih gak paham juga?  Hal ini disebabkan karena tidak adanya interaksi dan bimbingan dari mentor secara langsung dan berkelanjutan. Supaya belajar kamu bisa lebih efektif lagi, diperlukannya suatu interaksi dan bimbingan dari mentor secara langsung dan berkelanjutan. Jadi, masalah pembelajaranmu bisa cepat terpecahkan.

Cari sekolah / universitas di edumor.com!

 

4. Bisa salah fokus karena ada hal yang lebih menggiurkan di internet

Gambar: portalmadura.com

 

 

Bisa salah fokus nih kalau belajar dengan media internet. Ada aja godaan yang akan kamu rasakan dan alami di saat belajar dengan media internet. Sekalinya tergiur dengan suatu hal yang membuat kamu merasa tertarik, belajarmu bisa terabaikan dan lebih terfokus pada hal yang membuat kamu jadi salah fokus. Salah fokus dalam dunia maya bisa menyebabkan kamu menjadi asyik sendiri dan gak bisa lepas dari hal yang menyebabkan kamu salah fokus.

Sudah pada tahu kan kelebihan dan kekurangan belajar dengan media internet itu seperti apa? Lebih baik belajar dengan media internet atau belajar dengan cara lain?Belajar dengan media internet atau belajar dengan cara lain sama-sama baik. Pilihan anda ditangan kamu.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Kelebihan vs Kekurangan Belajar dengan Media Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *