Silahkan Simak disini 7 Pertimbangan dalam Memilih Perguruan Tinggi!

Tempuhlah pendidikan setinggi-tingginya kalau perlu setinggi langit aja deh ya! Menempuh pendidikan sangatlah penting. Soalnya itu menyangkut masa depanmu. Mau punya masa depan yang lebih cerah lagi? Makanya lanjutkan pendidikanmu sampai ke jenjang yang lebih tinggi yaitu jenjang perguruan tinggi. Untuk kamu siswa SMA tingkat akhir yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, perlu banget mempertimbangan pemilihan perguruan tinggi yang tepat untuk kamu. Sudahkah kamu mempertimbangkannya? Kalau belum, pertimbangkan hal-hal ini dalam memilih perguruan tinggi biar gak salah pilih!

 

1. Akreditasi yang bagus

Gambar: beritasumut.com

 

 

Yang paling pertama dan utama dalam mempertimbangkan pemilihan kampus adalah peringkat akreditasi. Sebelum memutuskan untuk masuk ke sebuah kampus atau perguruan tinggi ketahui terlebih dahulu peringkat akreditasinya. Peringkat akreditasi yang perlu diketahui adalah peringkat akreditasi kampus dan peringkat akreditasi fakultas atau jurusan perkuliahan yang ingin kamu pilih. Perlu banget mengetahui peringkat akreditasinya. Mengetahui peringkat akreditasi bertujuan untuk mengetahui bagus tidaknya kualitas kampus serta fakultas atau jurusan perkuliahan. Akreditasi yang bagus untuk setiap perguruan tinggi serta fakultas atau jurusan adalah peringkat A berdasarkan BAN-PT atau berdasarkan Dikti. Penilaian akreditasi suatu perguruan tinggi dan fakultas atau jurusan dapat dilihat dari kualitas tenaga pengajar, kualitas mahasiswanya, kualitas materi pembelajarannya, dll. Sebaiknya dalam memilih kampus, akreditasi yang bagus pastinya adalah A dan mentok-mentok B.

 

2. Nama kampus yang dikenal banyak orang

Gambar: inspiratorfreak.wordpress.com

 

 

Banyak yang memilih sebuah kampus atau perguruan tinggi karena nama kampus atau perguruan tinggi tersebut dikenal oleh banyak orang. Itu juga termasuk hal yang dipertimbangkan saat memilih suatu perguruan tinggi. Ketika kamu kuliah di suatu perguruan tinggi yang namanya dikenal oleh banyak orang pasti kamu merasa bangga karena tempat kamu kuliah dikenal oleh banyak orang. Yang paling tidak mengenakan adalah saat kamu kuliah di suatu perguruan tinggi yang namanya gak dikenal oleh banyak orang dan ketika kamu ditanyain kuliah dimana, orang yang mendengarkan jawaban kamu pasti bilang “Dimana Tuh?” Malu kan nama kampusmu gak dikenal sama orang. Lebih baik pilihlah kampus yang namanya benar-benar dikenal oleh banyak orang. Nama kampus kamu juga berpengaruh saat nanti kamu melakukan pengajuan lamaran pekerjaan.

 

3. Jenis perguruan tinggi yang cocok dengan kamu

Gambar: blog.sukawu.com

 

 

Perguruan tinggi ada 2 yaitu; perguruan tinggi swasta dan negeri. Ingin memilih sebuah perguruan tinggi, kamu pasti berhadapan dengan dua pilihan jenis perguruan tinggi, antara swasta dengan negeri. Dari masing-masing jenis perguruan tinggi ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kekurangan dan kelebihan dari jenis perguruan tinggi yang menjadikan suatu pertimbangan dalam pemilihan perguruan tinggi.  Ada yang menganggap bahwa kuliah di perguruan tinggi negeri itu lebih baik dari pada kuliah di perguruan tinggi swasta, ada juga yang menganggap bahwa kuliah di perguruan tinggi swasta lebih baik dari perguruan tinggi negeri. Karena kamu inginnya kuliah di perguruan tinggi negeri, kamu pilihlah perguruan tinggi negeri atau inginnya kuliah di perguruan tinggi swasta, kamu pilihlah perguruan tinggi swasta. Jadi pilihlah jenis perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu.

Baca juga: 8 Kampus Jurusan IT Terbaik Di Jakarta, Baca Infonya disini!

 

4. Prospek perguruan tinggi untuk mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan

Gambar: bangsaku.web.id

 

 

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu ke jenjang perguruan tinggi ada tujuan yang pengen banget kamu capai. Bisa dipikirkan dan dibayangkan biar bisa mudah dan cepat dapat kerjaan. Supaya mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan, saat kamu memilih sebuah perguruan tinggi, cari tahu apakah perguruan tinggi tersebut memiliki prospek yang bagus untuk mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan. Bagaimana caranya? Kamu bisa menanyakan pada para mahasiswa atau alumi dari perguruan tinggi tersebut atau bisa juga tanyakan pada pihak kampus sudah ada berapa banyak mahasiswa atau alumni yang telah mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan cepat setelah lulus atau bahkan sebelum lulus kuliah. Prospek untuk mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan tidak hanya berdasarkan jumlah mahasiswa atau alumi yang telah mendapatkan pekerjaan, tetapi bisa diketahui apakah perguruan tinggi tersebut menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk membuka lowongan pekerjaan bagi mahasiswa perguruan tinggi tersebut atau bahkan membuka lowongan magang.

 

5. Lokasi kampus yang strategis

Gambar: kumau.info

 

 

Sabisa mungkin dan sebaik mungkin kamu bisa memilih kampus yang lokasinya strategis. Strategis dalam hal lokasinya dekat dengan rumah atau kostanmu, lokasinya bebas macet, lokasinya bebas banjir, lokasinya ada banyak orang-orang yang jual makanan, dll. Lokasi yang strategis dapat mempermudah kamu untuk menjalani hari-hari kamu selama masa perkuliahan. Percuma aja lokasinya gak strategis, mau ngapa-ngapain aja susah dan kamu juga merasa gak nyaman.  Udah deh mendingan pilih kampus yang lokasinya strategis aja biar kamu bisa merasa nyaman.

6. Prestasi perguruan tinggi

Gambar: .esaunggul.ac.id

 

 

Prestasi sebuah perguruan tinggi itu penting. Jika sebuah perguruan tinggi memiliki prestasi, berarti perguruan tinggi tersebut memiliki sebuah kualitas. Prestasi perguruan tinggi bisa dilihat prestasi apa saja yang pernah di dapatkan oleh perguruan tinggi tersebut dan apa yang menonjol dari perguruan tinggi tersebut, misalnya yang menonjol adalah fakultas atau jurusan tertentu, kegiatan-kegiatan yang pernah atau bahkan sering diadakan oleh perguruan tinggi tersebut, atau kegiatan UKM apa saja yang paling menonjol di perguruan tinggi tersebut. Perguruan tinggi yang mempunyai prestasi atau menonjol dalam bidang tertentu gak cuman pihak perguruan tinggi, mahasiswa, dan alumni saja yang merasa bangga tetapi masyarakat sekitar juga bisa berbangga dan mengatakan bahwa perguruan tinggi tersebut memang perguruan tinggi yang bagus untuk para calon peserta didik.

Cari sekolah/universitas di edumor.com!

 

7. Biaya yang sesuai dengan keuangan

Gambar: kuliahmurahjakarta.blogspot.co.id

 

 

Biaya udah pasti menjadi sebuah pilihan dalam mempertimbangkan pemilihan kampus. Yang dilihat apakah biaya untuk masuk perguruan tinggi tersebut murah, lumayan mahal, mahal, atau mahal banget. Pilihlah biaya kuliah yang sesuai dengan keuangan orangtuamu jika kamu masih dibiayai oleh orangtua atau sesuai dengan keuanganmu jika kamu yang membiayai perkuliahanmu  untuk masuk ke suatu perguruan tinggi. Biaya masuk kuliah harus banget sesuai dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang disediakan. Buat apa biaya mahal tapi fasilitasnya gak OK. Yang terpenting biaya yang ditentukan gak akan membebankan orangtuamu atau kamu dikemudian hari. Jika memang orangtuamu atau kamu gak mampu untuk membiayai karena keuangan yang pas-pasan, ya jangan dipaksain. Mendingan cari perguruan tinggi lain yang sesuai dengan keuangan orangtua atau kamu.

Harus bisa mempertimbangkannya ya! Jangan sampai salah mempertimbangkan pemilihan perguruan tinggi yang cocok untuk kamu. Hal ini penting banget untuk kamu lakukan.

 

Baca juga

Share this!