Pilih Sekolah International atau Nasional untuk Anak Anda? Baca Dulu Penjelasannya Ini!

Selain ada sekolah swasta dan sekolah negeri yang bisa anda pilih untuk memasukan anak anda ke sebuah sekolah, ada juga pilihan sekolah international dan sekolah nasional yang juga bisa menjadi pilihan anda. Simak penjelasannya mengenai sekolah international dan sekolah nasional di bawah ini!

 

Sekolah International:
1. Kurikulum berstandard international

Gambar: napps.us

 

 

 

Sekolah international memiliki standard kurikulum yang berbeda. Standard kurikulum yang diberikan berupa kurikulum international. Kurikulum international yang dipakai adalah kurikulum dari Cambridge, IB (International Baccaralute), GAC (Global Assesment Certificate), dll. Setiap sekolah international memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Berarti semua murid yang bersekolah di sekolah international harus mengikuti pembelajaran berdasarkan kurikulum international yang terdapat pada sekolah tersebut. Karena kurikulumnya berstandard international, bahasa pengantarnya adalah bahasa inggris. Bahasa inggris dalam pembelajaran dan dalam komunikasi di lingkungan sekitar sekitar. Namun, ada juga mata pelajaran yang tidak menggunakan bahasa inggris seperti; mata pelajaran bahasa indonesia dan mata pelajaran bahasa asing lainnya jika ada.

 

2. Lebih mementingkan proses pembelajaran

Gambar: indoeduworld.blogspot.co.id

 

 

Dalam hal pembelajaran, sekolah international ini lebih mementingkan proses pembelajaran dari pada nilai akhir. Proses pembelajaran yang dilihat bagaimana siswa aktif di kelas, bagaimana kemajuan yang dialami oleh setiap siswa-siswanya di sekolah, dan bagaiman siswa-siswanya menerap materi pembelajaran dengan mudah dan efektif. Nilai akhir yang diperoleh siswa berupa photofolio dari masing-masing siswa untuk setiap mata pelajaran.

 

3. Mulai Ada UN

Gambar: smpitassalaam-jkt.sch.id

 

 

Sekolah international mulai diwajibkan adanya UN. Kemdikbud tahun 2016 menyatakan bahwa semua sekolah yang telah bergabung dengan Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) diwajibkan siswa-siswanya mengikuti UN. SPK adalah  sekolah-sekolah yang menggunakan kurikulum international dengan bahasa pengantarnya bahasa asing. Jadi sekolah internasional mulai mengikuti proses UN bagi seluruh siswa-siswanya. Ujian Nasionalnya juga menggunakan bahasa inggris.

Baca juga: Perhatikan Tips Pembangunan Karakter Anak Sejak Usia Dini disini!

 

4. Materi pembelajaran di setiap mata pelajarannya lebih mudah dari sekolah nasional

Gambar: lesmatematikaakong.wordpress.com

 

 

Siapa sangka kalau materi pembelajaran di sekolah international untuk setiap mata pelajarannya jauh lebih mudah daripada sekolah nasional. Yang menyebabkan materi pembelajaran dari setiap mata pelajarannya  lebih mudah dari materi pembelajaran sekolah nasional karena adanya perbedaan antara kurikulum sekolah international dengan sekolah nasional. Contohnya; pada saat anak anda duduk di bangku SMP pada sekolah international belum diajarkan matematika tentang aljabar, sedangkan anak SMP yang bersekolah nasional sudah diajarkan matematika tentang aljabar. Jadi, lebih mudahkan?

 

Sekolah Nasional:
1. Kurikulum berstandard nasional

Gambar: radarbolmongonline.com

 

Sekolah nasional tentunya memiliki sebuah kurikulum berstandard nasional. Kurikulum nasional ini ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Kurikulum nasional terdapat 2 jenis yaitu; kurikulum 2013 dan KTSP. Materi pembelajaran pada kurikulum 2013, ada beberapa mata pelajaran yang terbagi dalam mata pelajaran peminatan sehingga kurikulum 2013 bisa terbilang susah. Untuk kurikulum KTSP, materi pembelajaran untuk setiap mata pelajaran tetap terbilang mudah dibandingkan kurikulum 2013. Karena sekolah nasional berstandard kurikulum nasional, otomatis bahasa pengantarnya adalah bahasa indonesia. Bahasa indonesia yang digunakan untuk semua mata pelajaran kecuali mata pelajaran bahasa inggris dan bahasa lainnya. Berkomunikasi sudah pasti dengan menggunakan bahasa indonesia terhadap teman-teman di sekitar dan karyawan-karyawan di sekolah tersebut.

 

2. Jam belajarnya lebih pendek untuk setiap mata pelajaran

Gambar: lintasnasional.com

 

 

Untuk sekolah nasional jam belajarnya lebih pendek dari jam belajar sekolah internasional. Jam belajar yang pendek untuk setiap mata pelajaran. Karena jam belajarnya lebih pendek untuk setiap mata pelajaran, maka dalam sehari mata pelajarannya lumayan banyak dan jam waktu belajar di sekolahnya bisa sampai sore hari. Waktu belajar yang cukup lama dari awal masuk sekolah sampai pulang sekolah, masih banyak siswa yang merasa belajarnya belum efektif. Memang sih belajar dengan waktu yang lama membuat belajar anak anda menjadi kurang efektif.

 

3. Lebih mementingkan hasil dari pada proses

Gambar: xlsolution.blogspot.co.id

 

 

Proses pembelajaran di sekolah nasional juga berbeda dengan sekolah international. Sekolah nasional ini lebih mementingkan hasil belajar dari pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh semua siswa-siswanya. Mendapatkan hasil yang bagus, mendapatkan pujian dan mendapatkan hasil yang jelek, mendapatkan teguran. Bagaimanapun proses yang dilakukan oleh masing-masing siswa itu urusan belakangan, yang penting hasilnya bagus sesuai dengan standar nilai yang ditentukan oleh sekolah.

Cari sekolah/universitas di edumor.com!

 

4. Biaya relatif lebih murah

Gambar: ceritasheni.blogspot.co.id

 

 

Sekolah nasional itu biayanya relatif lebih murah dari biaya sekolah international. Tahukah anda bahwa untuk sekolah negeri saja biaya uang sekolahnya digratiskan karena ada anggaran dari Pemerintah Indonesia. Biaya yang relatif lebih murah ini disesuaikan dengan golongan siswa dari keluarga masyarakat menengah atau menegah kebawah serta fasilitas-fasilitas pendukung yang ada di sekolah tersebut.

Menurut anda, anda mau memilih sekolah international atau sekolah nasional untuk anak anda? Kedua-duanya sama-sama bagus sih.

Baca juga

Share this!