Perhatikan Tips Pembangunan Karakter Anak Sejak Usia Dini disini!

Membentuk karakter yang baik pada anak sudah harus diterapkan dan dipupuk oleh semua orangtua di dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar. Pembentukan karakter kepada anak bisa dimulai pada usia dini. Bagaimanakah pembentukan karakter anak usia dini yang baik dan benar itu? Simak tipsnya berikut ini:

 

1. Menjadi teladan yang baik bagi anak

Gambar: motivatorkreatif.wordpress.com

 

 

Tahukah anda bahwa segala perilaku, tindakan, perbuatan, dan perkataan yang dilakukan oleh anak anda merupakan tiruan atau teladan dari orangtuanya. Sadarkah anda selama ini? Dalam pembentukan karakter anak, banyak hal-hal yang dicontoh oleh anak anda dari anda sebagai orangtuanya. Mulai dari hal-hal positif sampai hal-hal negatif dicontoh oleh anak anda. Untuk membentuk kepribadian anak yang baik, anda harus menjadi orangtua yang mampu memberikan teladan yang baik bagi anak anda bukan memberikan teladan yang tidak baik bagi anak anda. Mulai dari memberikan contoh prilaku, tindakan, perbuatan, serta perkataan yang baik-baik.

 

2. Mengajarkan rasa hormat tidak hanya kepada orang yang lebih tua saja

Gambar: ardiusrudi.blogspot.co.id

 

 

Semua orang wajib dihormati oleh siapapun. Mulai dari yang seumuran, lebih mudah, dan lebih tua tetap harus dihormati. Anda perlu mengajarkan rasa hormat tersebut kepada anak anda tidak hanya untuk orang yang lebih tua saja. Rasa hormat yang dapat anda ajarkan dalam bentuk bagaimana saling menyayangi, menghargai, mengasihi, dan kepedulian dengan ikhlas dan tulus. Terapkan rasa hormat tersebut di kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekitar.

 

3. Selalu menerapkan TTM dan sopan santun kepada anak

Gambar: lazionebudy.wordpress.com

 

 

TTM yang dimaksud disini bukan Teman Tapi Mesra ya! TTM yang dimaksud adalah Tolong, Terima Kasih, Maaf. Perilaku TTM ini harus selalu anda ajarkan pada anak anda mulai dari usia dini agar muncul prilaku sopan santun yang terdapat pada diri anak anda. Sopan santun terhadap semua kalangan tentunya. Dengan ajaran ini, anak anda akan terbiasa dengan tindakan seperti ini. Tidak hanya TTM yang harus anda ajarkan tetapi juga sopan santun terhadap orang-orang di sekitar. Sopan dalam bertindak, perbuatan, dan perkataan tentunya.

Baca juga: Stop 5 Perilaku Penghambat Kreativitas Anak! Simak disini!

 

4. Jangan terlalu memanjakan anak

Gambar: http://sehat-jr.blogspot.co.id

 

 

Saking sayangnya anda terhadap anak, anda sering kerap kali terlalu memanjakan anak anda karena berbagai alasan. Terlalu memanjakan anak, akan menjadikan anak anda sebagai anak yang manja dan keras kepala. Hal ini bisa menjadi kebiasaan sampai anak anda besar nanti. Memanjakan anak sebenarnya boleh saja sih, akan tetapi harus ada batasnya.

Cari sekolah / universitas di edumor.com!

 

5. Membiasakan anak untuk bersosialisasi dan berinteraksi

Gambar: melindahospital.com

 

 

Bersosialisasi dan berinteraksi termasuk kebutuhan anak yang anda harus penuhi dan wujudkan. Dalam bersosialisasi dan berinteraksi bisa memupuk rasa peduli, saling menyayangi, saling menghargai, saling mengasihi, dan saling menghormati satu sama lain. Biarkan anak anda bersosialisasi dan berinteraksi dengan siapa saja. Perlu diketahui, untuk urusan bersosialisasi dan berinteraksi, anda perlu memilih lingkungan sekitar yang layak untuk menjadi tempat anak anda bersosialisasi dan berinteraksi. Pengawasan juga perlu anda lakukan terhadap anak anda di saat mereka sedang bersosialisasi dan berinteraksi.

 

Baca juga

Share this!