6 Permasalahan yang Membuat Skripsi Gak Cepat Selesai

Bagi mahasiswa semester akhir pasti identik banget dengan yang namanya skripsi. Hanya mahasiswa semester akhir yang tahu perjalanan dan merasakan yang namanya skripsi. Jangan dipikir skripsi itu gampang. Skripsi itu susah dan bisa bikin kita stres ngerjainnya. Dalam masa-masa pembuatan skripsi, pasti ada aja masalah yang kamu hadapi sehingga skripsi kamu gak cepat selesainya. Berikut masalah-masalah yang membuat skripsimu gak cepat selesai:

 

1. Salah memilih dosen pembimbing

Gambar: isigood.com

 

 

Pertama-tama pada saat kamu ingin mengajukan judul skripsimu tentunya kamu harus memilih dosen pembimbing skripsimu bukan? Terkadang saat waktu pemilihan dosen pembimbing, kamu langsung memilih dosen pembimbing yang menurut kamu mempunyai karakter yang sesuai dengan keinginan kamu dan mudah untuk diajak bimbingan. Saat di pertengahan jalan kamu merasa kesusahan banget buat ngerjain skripsi karena ternyata dosen pembimbing yang kamu pilih itu salah pilih. Agar skripsimu bisa cepat selesai, sebaiknya sebelum kamu mengajukan judul skripsi lebih baik kamu melakukan konsultasi kepada kaprodi atau bagian konsultasi di kampus untuk mendapatkan rekomendasi dosen pembimbing skripsi yang ahli dalam materi skripsi yang ingin kamu ajukan. Jika ternyata banyak dosen pembimbing yang sudah kepenuhan dengan mahasiswa pembimbingnya, rasain tuh akibatnya. Mestinya dari awal aja kamu melakukan konsultasi untuk minta rekomendasi dosen pembimbing, jangan belakangan.

 

2. Kurang menguasai dan memahami topik skripsi

Gambar: http://kampus-sipil.blogspot.co.id/

 

 

Selain memilih dosen pembimbing, pemilihan topik atau judul skripsi juga berpengaruh dalam kelancaran pengerjaan skripsi. Pada saat kamu sudah mengajukan topik, berarti kamu harus mengerjakan skripsimu bab demi bab. Karena kamu kurang menguasai dan memahami topik skripsi yang sudah kamu pilih dan kamu ajukan ke dosen pembimbingmu, kamu merasa kesusahan untuk melanjutkan skripsi. Dengan itu, kamu gak punya semangat lagi untuk melanjutkan membuat skripsi. Skripsi yang kamu buat jadi hancur-hancuran dan gak selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan atau bahkan di pertengahan jalan kamu memutuskan untuk mengganti topik/judul skripsi lain yang lebih kamu pahami dan kuasai.

Baca juga: Baca disini Beasiswa dari Pemerintah Indonesia!

 

3. Jarang bimbingan skripsi

Gambar: media.ihram.asia

 

 

Sudah tahukan aturannya kalau skripsi itu harus mengikuti bimbingan skripsi? Banyak deh alasan yang membuat kamu jarang ikutan bimbingan skripsi. Entah itu karena kamu gak punya waktu untuk ikut bimbingan skripsi, dosen pembimbingmu memiliki karakter yang menyebalkan sehingga kamu jadi males bimbingan skrispi, atau memang dosen pembimbingmu sibuk. Ikut bimbingan skripsi itu penting loh. Bimbingan skripsi itu sendiri memiliki tujuan agar kamu bisa dibina dalam pembuatan skripsi yang lebih baik. Melakukan bimbingan skripsi karena kamu pengen tahu apakah skripsi yang kamu buat itu sudah benar atau belum, jika ada kesalahan perbaikan yang harus dilakukan itu seperti apa, dan di saat kamu mera kesusahan kamu bisa bertanya langsung kepada dosen pembimbingmu.

 

4. Skripsimu dipersulit

Gambar: dosenindonesia.wordpress.com

 

 

Dari sekian banyak dosen pembimbing di kampus, pasti ada aja deh kelakukan dosen pembimbing yang mempersulit skripsimu. Tipe-tipe dosen pembimbing yang mempersulit skripsimu seperti; dosen pembimbing yang plin-plan, dosen pembimbing yang menganggap mahasiswa salah dosen selalu benar, dosen pembimbing yang memberikan penjelasan kurang jelas, dll. Tipe dosen pembimbing seperti inilah yang membuat skripsimu gak selesai-selesai. Semakin dipersulit semakin kamu susah menyelesaikan skripsi kamu dan dijamin deh dosen pembimbing yang kayak gitu bisa buat kamu semakin stres menghadapi skripsi.

 

5. Revisi berkali-kali

Sumber: sthajrah.blogspot.co.id

 

 

Gak enaknya saat skripsi yaitu harus mengalami yang namanya revisi. Namanya juga skripsi pasti ada revisi. Revisi merupakan perbaikan terhadap skrispsi yang kamu buat. Revisi memiliki tujuan agar skripsi yang kamu buat itu menjadi lebih baik lagi sesuai dengan apa yang diharapkan. Saat skripsi berlangsung ada mahasiswa yang mengalami sedikit revisi dan ada juga mahasiswa yang revisinya berkali-kali. Yang membuat skripsi gak cepat selesai adalah revisi berkali-kali. Disaat kamu sudah melakukan revisi tiba-tiba kamu diminta revisi lagi dan revisi lagi sama dosen pembimbingmu karena skripsi yang kamu buat masih gak sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh dosen pembimbing. Pusing gak tuh udah sudah payah ngerevisi skripsi masih aja revisi terus.

Cari sekolah/ universitas di edumor.com!

 

6. Sibuk kerja (khusus yang kuliah sambil kerja)

Gambar: nursalam.wordpress.com

 

 

Menjalani perkuliahan sambil bekerja merupakan hal tersulit bagi mahasiswa. Gak semua mahasiswa bisa melakukan kuliah sambil bekerja. Kamu yang kuliah sambil kerja pasti sering banget mengalami susahnya membagi waktu antara bekerja sambil kuliah kan? Apalagi kalau lagi skripsi nih, kamu makin sibuk aja. Jadwal kamu makin hari makin bertambah. Kebanyakan mahasiswa semester akhir yang kuliah sambil bekerja dan harus skripsi banyak yang gak punya waktu buat ngerjain skripsi akibat sibuk bekerja. Ngerjain skripsinya pun bisanya kalau lagi gak sibuk kerja atau di hari libur aja. Sekalinya sibuk bekerja pasti fokusnya sama kerjaannya, gak bisa sambil ngerjain skripsi.

Hayooo, jangan takut sama skripsi ya! Pasti ada kok masalah yang akan kamu alami saat skripsi sehingga skripsimu gak selesai-selesai. Tetap semangat dan jangan pesimis.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “6 Permasalahan yang Membuat Skripsi Gak Cepat Selesai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *