Baca disini Beasiswa dari Pemerintah Indonesia!

Siapun pun berhak mendapatkan beasiswa. Beasiswa bisa diperoleh kapan saja, dimana saja, dan dari siapa saja. Beasiswa di Indonesia banyak disediakan oleh Pemerintah Indonesia, perguruan-perguruan tinggi, dan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Dapet beasiswa dari Pemerintah Indonesia itu keren loh. Kira-kira beasiswa dari Pemerintah Indonesia itu ada apa aja sih? Berikut beasiswa-beasiswa dari Pemerintah Indonesia:

 

1. Beasiswa LPDP

Gambar: ppi-wageningen.org

 

 

Siapa sih yang gak tahu dengan beasiswa LPDP? yap beasiswa LPDP sekarang lagi banjir-banjirnya di dunia pendidikan dalam kalangan mahasiswa-mahasiswa Indonesia. Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia di bawah pengawasan Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama. Beasiswa LPDP ini, hanya berlaku untuk para warga negara Indonesia alias WNI. Diwajibkan bagi WNI karena setelah berhasil menempuh pendidikan, para peserta beasiswa LPDP akan di kembalikan ke Indonesia. Para peserta beasiswa LPDP diwajibkan memiliki keinginan untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara. Dalam pemilihan perguruan tinggi dan jurusan, para peserta beasiswa LPDP diwajibkan memilih perguruan tingg dan jurusan yang sudah terdaftar pada data beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP menyediakan 5 macam beasiswa yaitu:

 

– Magister dan Doktoral

Beasiswa ini diperuntukan bagi kamu yang sudah selesai menempuh pendidikan perguruan tinggi S1 atau S2. Dalam beasiswa ini, kamu bisa memilih ingin melanjutkan perkuliahan ke luar negeri atau  dalam negeri. Jika kamu memilih untuk melanjutkan perkuliahan ke luar negeri, kamu harus memiliki nilai TOEFL dan ILETS  sesuai dengan standard yang telah ditentukan. Bagi kamu yang sudah selesai kuliah S1 dan ingin mengikuti beasiswa LPDP S2, kamu harus mempunyai nilai IPK minimal 3,00, sedangkan kamu yang telah selesai kuliah S2 dan ingin mengikuti beasiswa LPDP S3, kamu  harus memiliki nilai IPK minimal 3,25.

 

– Beasiswa Tesis dan Desertasi

Buat yang sedang menempuh pendidikan S2 atau S3 masih bisa ikut beasiswa LPDP kok. Beasiswa ini dinamakan beasiswa Tesis dan Desertasi. Beasiswa Tesis dan Desertasi termasuk di dalam beasiswa LPDP yang diperuntukan bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan S2 atau S3 dengan memiliki kendala keuangan yang kurang memungkinkan tetapi tetap ingin melanjutkan pendidikan. Perguruan tinggi tempat kamu menempuh pendidikan harus memiliki kriteria akreditasi minimal C. Perguruan tingginya boleh dalam maupun luar negeri ya. Kamu juga harus lulus dulu ujian proposal program pascasarjana. Untuk kamu yang mengikuti beasiswa Tesis akan dibiayai selama maksimal 1 tahun dan untuk kamu yang mengikuti beasiswa Desertasi akan dibiayai selama maksimal 2 tahun.

 

– Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

Ada yang kuliah kedokteran? Nih, buat kamu yang sedang kuliah kedokteran bisa banget mengikuti beasiswa ini. Beasiswa ini diperuntukan untuk kamu yang sedang kuliah kedokteran dan ingin melanjutkan pendidikan kedokteran  ke jenjang dokter spesialis. Perguruan tinggi yang ditunjukan tetap harus berdasarkan data yang terdaftar pada beasiswa LPDP. Oh ya, perguruan tingginya harus perguruan tinggi dalam negeri, tidak berlaku perguruan tinggi luar negeri.

 

– Beasiswa Presiden Republik Indonesia

Beasiswa ini sedikit berbeda ya. Beasiswa ini diperuntukan bagi kamu yang telah menyelesaikan pendidikan S1 atau S2 dimana perguruan tinggi tempat kamu menuntut ilmu merupakan perguruan tinggi unggulan. Perguruan tinggi unggulan yang dimaksud adalah 50 perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan BAN-PT. Selama menjalani beasiswa ini, kamu akan mendapatkan tunjangan biaya pelatihan dan biaya intensif penelitian yang disediakan oleh pihak penyelenggara beasiswa LPDP.

Baca juga: Belajar Terlalu lama? Perhatikan Dampak Negatifnya Ini!

 

– Beasiswa Afrimasi

Untuk beasiswa yang satu ini, gak semua bisa mengikutinya loh. Beasiswa yang satu ini hanya diperuntukan bagi kamu yang tinggal di wilayah tertentu dengan kemajuan pertumbuhan ekonomi serta SDM dibawah rata-rata. Gak hanya itu saja sih. Yang bisa mengikuti beasiswa afirmasi ini, yaitu; alumni beasiswa Bidikmisi S1 dengan nilai IPK minimal 3,50, dan bagi kamu yang pernah mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia dalam bidang olahraga dan seni budaya tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Coba klik disini untuk mengetahui info beasiswa LPDP!

 

2. Beasiswa DIKTI

Gambar: unpku.com

 

 

Ada lagi nih beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia yang bernama beasiswa DIKTI. DIKTI singkatan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini diperuntukan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S1 sampai S3. Adapun 6 jenis beasiswa DIKTI, antara lain:

 

– Beasiswa BPP-DN

Beasiswa BPP-DN merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi tenaga pendidikan khusus guru dan dosen. Beasiswa yang diberikan untuk beasiswa S2 dan S3 perguruan tinggi negeri maupun swasta dalam negeri. Di dalam beasiswa BPP-DN, biaya yang ditanggung terdiri dari biaya pendidikan, biaya hidup, biaya domisili, biaya buku, sampai biaya perjalanan. Pendaftaran beasiswa ini dilakukan pada bulan April di setiap tahunnya.

 

– Beasiswa BPP-LN

Beasiswa ini khusus tenaga pendidikan guru, dosen, calon guru, dan calon dosen. Beasiswa yang disediakan adalah beasiswa perguruan tinggi S2 dan S3. Melanjutkan menempuh pendidikannya khusus ke luar negeri. Pendaftaran bisa dilakukan pada bulan Febuari sampai bulan Juni. Peserta beasiswa BPP-LN bisa mendapatkan beasiswa biaya uang kuliah, biaya hidup, tunjangan biaya hidup keluarga, biaya tiket pesawat, biaya buku, biaya program khusus, biaya tugas akhir, dan biaya pendaftaran perguruan tinggi yang ditunjukan.

 

– Beasiswa PKPI

Beasiswa ini termasuk untuk beasiswa para tenaga kerja S3 yang membuat sebuah makaLah/ artikel ke luar negeri, melakukan penyempurnaan karya seni ke luar negeri, dan juga melakukan berbagai penelitian ke luar negeri. Para peserta beasiswa ini berlangsung selama minimal 4 bulan. Tunjangan yang diberikannya sama seperti beasiswa BPP-DN dan beasiswa BPP-LN.

 

– Beasiswa Bidik Misi

Kamu mahasiswa SMA/SMK yang pengen tetap bisa kuliah nampun mempunyai kendala keuangan? Tenang, kamu bisa ikutan beasiswa Bidik Misi kok. Jadi beasiswa Bidikmisi ini, menyelenggarakan program beasiswa D3 sampai S2 untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu diwajibkan untuk memperoleh atau meminta surat rekomendasi dari sekolah untuk mengikuti program beasiswa Bidikmisi ini. Untuk kamu yang ingin mengikuti beasiswa Bidikmisi D3 dan S1, beasiswa yang ditawarkan yaitu; tunjangan SNMPTN/SBMPTN/UMPTN, jaminan biaya hidup sementara, biaya transportasi, biaya pendidikan, dan subsidi biaya hidup. Sedangkan bagi kamu yang ingin mengikuti beasiswa Bidikmisi S2, beasiswa yang ditawarkan yaitu; biaya pendaftaran, biaya SPP, tunjangan buku, biaya tesis, biaya seminar,, biaya transportasi, asuransi kesehatan, visa, dan tunjangan hidup.

 

– Beasiswa PPA

Bonus bagi kamu yang memiliki prestasi akademik. Beasiswa PPA yang diselenggarakan oleh DIKTI akan memberikan kamu sebuah beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan sebesar 350rb per bulan. Syaratnya harus mahasiswa yang memiliki prestasi akademik di universitas swasta maupun negeri. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini harus aktif di perguruan tinggi sekurang-kurangnya 6 bulan dengan memiliki nilai IPS dan IPK minimal 3,25.

 

– Beasiswa PMDSU

Beasiswa terakhir yang diselenggarakan oleh DIKTI yaitu beasiswa PMDSU. Beasiswa ini disediakan bagi kamu yang sudah lulus S1 yang ingin melanjutkan pendidikan sampai S3 dengan jurusan tenaga kerja khusus dosen. Kamu yang ingin menempuh pendidikan langsung S3 bisa kok tanpa harus melewati pendidikan S2 asalkan melalui bimbingan promotor. Waktu pendidikannya selama 4 tahun hingga S3. Program beasiswa bisa untuk melanjutkan pendidikan dalam negeri maupun luar negeri loh. Adapun beasiswa yang akan kamu dapatkan jika kamu mengikuti beasiswa ini antara lain; biaya riset, biaya outsourcing fasilitas, biaya seminar, biaya pendidikan, biaya hidup dan tunjangan mahasiswa, dan biaya administrasi pendaftaran beasiswa PMDSU. Untuk yang ingin mengikuti beasiswa ini, bisa melakukan pendaftaran pada bulan April atau Mei.

Coba klik disini untuk melihat info beasiswa DIKTI!

 

3. Beasiswa Unggulan

Gambar: indbeasiswa.com

 

 

Bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan S1 bahkan sampai S3 bisa mengikuti program beasiswa unggulan. Beasiswa ini bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa unggulan terdiri dari:

 

– Beasiswa S1, S2, S3

Buat kamu lulusan SMA/MA/SMK swasta maupun negeri yang ingin melanjutkan pendidikan kuliah S1, S2, S3 kamu bisa mengikuti program beasiswa unggulan ini. Beasiswa ini berlaku bagi kamu yang ingin mengambil program studi dan program konsentarsi yang terdapat pada lingkungan KEMDIKNAS.

 

– Beasiswa Kreatifitas

Yang punya kreatifitas dan pernah memenangkan perlombaan yang berhubungan dengan kreatifitas bisa nih ikut program beasiswa ini. Perlombaan yang pernah dimenangkan harus dalam bidang olahraga, kesenian, sains, dan vokasi dalam tingkat internasional.

 

– Beasiswa Mahasiswa asing

Ternyata mahasiswa asing yang ada di Indonesia juga bisa memperoleh beasiswa unggulan dari pemerintah Indonesia loh. Beasiswa unggulan yang disediakan yaitu beasiswa mahasiswa asing. Beasiswa ini dikhususkan untuk warga negara asing Palestina dan sekitarnya yang ingin melanjutkan pendidikan perkuliahan S1 sampai S3.

 

– Beasiswa studi lanjut

Nah, beasiswa studi lanjut ini khusus kamu yang pernah meraih prestasi dalam bidang olahraga, olimpiade, seni dan IPTEK di tingkat nasional dan internasional. Beasiswa yang diberikan untuk melanjutkan pendidikan S1 sampai S3 dalam negeri maupun luar negeri.

 

– Beasiswa untuk peneliti, penulis, pencipta, seniman, wartawan,olahragawan, dan tokoh

Kamu punya profesi sebagai peneliti, penulis, pencipta, seniman, wartawan, olahragawan, dan tokoh? Inilah beasiswa yang bisa kamu ikuti. Beasiswa ini diperuntukan tanpa memperhatikan jenjang pendidikan. Beasiswanya dari S1 sampai S3 dalam maupun luar negeri.

 

– Beasiswa kemitraan almuni

Beasiswa kemitraan alumni dari beasiswa unggulan dapat dimanfaatkan bagi para alumni beasiswa unggulan jenjang S1, S2, dan S3.

Cari sekolah/perguruan tinggi di edumor.com!

 

– Beasiswa bidang kajian khusus

Beasiswa yang satu ini cuma untuk satu jurusan perkuliahan saja. Bagi kamu yang ingin mengikuti jurusan perkuliahan Akuntansi Pemerintah, kamu bisa ikut program beasiswa unggulan ini. Program beasiswa unggulan, khusus untuk jurusan perkuliahan Akuntansi Pemerintah. Program beasiswa ini diselenggarakan bertujuan untuk mendukung terciptanya pemerintah yang akuntabel dari sumber daya manusia yang mampu menguasai teknologi dalam bidang Edutaiment.

Coba klik disini untuk melihat beasiswa unggulan!

Sekian ya macam-macam beasiswa dari Pemerintah Indonesia ini! Semoga bermanfaat bagi kamu-kamu semua!

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Baca disini Beasiswa dari Pemerintah Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *