Belajar Terlalu lama? Perhatikan Dampak Negatifnya Ini!

Belajar memang bagus sih, biar bisa lebih pintar lagi dan ilmu pengetahuanmu jadi lebih bertambah lagi. Dalam keseharian, kamu belajarnya membutuhkan waktu yang sebentar atau terlalu lama nih? Waktu belajar yang seharusnya adalah waktu yang tidak terlalu lama. Terkadang, saking rajinnya dan pengen apa yang kamu pelajari itu jadi efektif, kamu mengambil keputusan dengan belajar dengan waktu yang terlalu lama. Awas, belajar terlalu lama itu berbahaya loh! Simak dampak negatif belajar terlalu lama!

 

1. Bukannya sukses tapi malah gagal

Sumber: http://wartakesehatan.com/62330/gegar-otak-bisa-dipicu-karena-belajar-terlalu-keras

 

 

 

Cara belajar yang benar supaya hasilnya lebih efektif dan efisien bukan dengan cara belajar dengan waktu yang lama. Terkadang, banyak dari kamu yang ingin sukses belajar dengan melakukan pembelajaran dalam waktu yang lama. Mulai sekarang stop cara belajar kayak gitu! Belajar dengan waktu yang lama bukan membuat kamu mendapatkan hasil yang efektif dan efisien, malahan belajarmu gagal. Belajar dengan waktu yang lama itu malahan membuat otakmu gak mampu lagi menampung materi pembelajaran yang kamu masukin ke dalam otak secara maksimal. Daya tampung otak itu cuma sedikit. Ketika otakmu udah gak bisa menampung lagi materi pembelajaran yang kamu pelajari janganlah dipaksakan. Otak itu bagaikan sebuah karung beras yang diisi terus oleh beras sampai penuh dan ketika mau dimasukin lagi gak ada tempat yang muat untuk menampung beras itu.

 

2. Mudah stres dan depresi

Sumber: http://depresi.net/masalah-depresi/

 

 

Nah loh, ternyata belajar yang terlalu lama itu lama-kelamaan bisa buat kamu stres dan depresi. Otak kamu jadi panas saking kepenuhan sama materi pembelajaran yang terus kamu paksain buat masuk ke dalam otakmu. Otak itu punya daya keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Ketika belajar dengan waktu yang lama, otak kanan dan otak kiri akan semakin penuh dan menimbulkan ketidakseimbangan. Dari ketidakseimbangan itulah yang memunculkan prilaku stres dan depresi. Otak kamu jadi tertekan terus, otakmu bekerja dengan pemikiran yang terlalu banyak.

Baca juga: Simak disini Karakter Anak IPA VS Anak IPS!

 

3. Daya tahan tubuh melemah

Sumber: http://dianeka.com/obatherbalalternatif/tag/daya-tahan-tubuh-lemah/

 

 

Belajar dengan waktu yang lama, kamu jadinya gak punya waktu untuk beristirahat. Badan dan otak pastinya dipaksain terus untuk berpikir keras. Aku kasih tahu ke kamu kalau otak sama badan itu saling berhubungan satu sama lain karena aliran darah dari otak itu mengalir terus ke tubuh kamu. Karena terlalu memaksakan otak untuk berpikir keras, aliran darah dari otak ke tubuhmu jadinya melemah. Maka dari itu lama-kelamaan daya tahan tubuhmu akan melemah yang bisa menimbulkan sakit karena kamu kelelahan. Gak mau kan daya tahan tubuhmu jadi lemah gara-gara kelamaan belajar? Sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat kurang lebih 1 jam sampai 2 jam, kemudian kalau mau lanjut belajar ya silahkan saja.

Cari sekolah/perguruan tinggi di edumor.com!

 

4. Gak punya waktu untuk bergaul

Sumber: http://gatsuone.blogspot.co.id/2016/01/usia-20an-masih-single-justru-itu-bisa.html

 

 

Yakin deh belajar dengan waktu yang lama bisa bikin kamu gak punya waktu untuk bergaul. Waktu yang kamu punya hanya untuk belajar dan belajar. Habisnya kamu fokus banget sama materi pembelajaran yang kamu pelajari dan gak pengen diganggu siapapun kalau udah fokus baget. Hati-hati loh belajar yang terlalu lama itu bisa membuat kamu jadi kuper alias kurang pergaulan. Jika belajar terlalu lama merupakan suatu kebiasaan bagi kamu, untuk bergaul pun sudah malas rasanya. Ada tekan di dalam diri kalau kamu mesti belajar terus. Coba kamu perhatikan orang-orang di sekitarmu deh, mereka yang punya kebiasaan belajar terlalu lama itu termasuk tipe orang yang malas untuk bergaul.

Hayo loh, inilah akibatnya kalau kamu kelamaan belajarnya. Mendingan belajar itu gak usah lama-lama deh biar lebih efektif dan efisien.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Belajar Terlalu lama? Perhatikan Dampak Negatifnya Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *