Simak disini Karakter Anak IPA VS Anak IPS!

Di dalam jurusan SMA terdapat 2 jurusan, yaitu; IPA dan IPS. Kamu anak IPA atau anak IPS sih? Karakter kamu sesuai jurusanmu atau malahan sebaliknya? Yuk simak karakter-karakter anak IPA vs anak IPS berikut ini!

 

Anak IPA
1. Anak alim

Sumber: http://loop.co.id/articles/cewek-cewek-ini-dia-5-jenis-cowok-yang-bakal-kamu-temui-saat-duduk-di-bangku-sma

 

 

Karakter anak IPA itu bedanya jauh banget sama karakter anak IPS. Berdasarkan pengalaman aku waktu sekolah SMA dulu, anak-anak IPA itu memang alim orang-orang. Mereka sama sekali jarang membuat kesalahan di sekolah bahkan gak pernah sama sekali. Anak-anak IPA itu selalu taat pada aturan yang diberikan oleh pihak sekolah atau guru-guru mereka. Contoh kealim dari anak-anak IPA yaitu; gak pernah ngelanggar tata tertib sekolah, gak pernah bolos sekolah, dan gak pernah buat masalah di sekolah. Bisa dibilang mereka itu tingkat kedisiplinannya top banget deh.

 

2. Rajin belajar dan ngerjain tugas

Sumber: http://majalahouch.com/tag/belajar-anak-sma/

 

 

Bermain? Anak IPA gak punya waktu buat main. Waktu yang mereka miliki sepenuhnya hanya untuk belajar dan mengerjakan tugas. Sekalinya mereka gak ada ulangan atau tugas, mereka gak akan gunakan waktu kosong mereka untuk bermain. Hari-hari mereka selalu dipenuhi dengan kegiatan belajar dan mengerjakan tugas. Kalau kamu punya temen anak IPA dan kamu ngajak mereka main, pasti mereka lebih sering menolak bermain sama kamu karena mereka lebih memprioritaskan belajar dan mengerjakan tugas. Bagi mereka, walaupun gak anak ulangan tetap harus belajar hari itu juga dan ada PR buat hari lain, hari itu juga harus dikerjakan. Tiada kata menunda-nunda bagi anak IPA.

 

3. Gak banyak ngomong atau berisik di kelas

Sumber: http://www.edunews.id/category/news/politik/page/6/

 

 

Gak banyak ngomong termasuk karakter yang banyak dimiliki oleh anak IPA ketika ada di dalam kelas. Mereka ngomong kalau ada hal yang penting untuk diomongin alias ngomong seperlunya saja. Kenapa anak IPA itu gak banyak ngomong ya pas di dalam kelas? Karena mereka itu fokus banget sama pelajaran di sekolah dan mereka kepengen apa yang disampaikan oleh guru mudah dimengerti dan dipahami dengan cepat. Pada saat guru sedang mengajar di dalam kelas, suasana kelas berasa seperti kuburan karena di kelas anak IPA yang ngomong cuma gurunya doang, anak-anaknya mah anteng dengering penjelasan guru.

 

4. Ambisius dan antusias

Sumber: https://phinueisal.wordpress.com/2013/09/03/kartun-sma-oy/

 

 

Coba perhatiin deh anak IPA itu termasuk anak-anak yang memiliki karakter ambisius dan antusias yang tinggi. Mereka selalu berambisi kalau mereka pasti berhasil mencapai keinginan mereka dan saking memiliki ambisi yang tinggi, mereka menghalalkan segara cara untuk mencapai keinginan mereka. Apapun caranya dan apapun resikonya selalu mereka lakukan demi keinginan mereka tercapai. Selain itu, mereka juga selalu antusias terhadap hal-hal baru yang ada di sekitar mereka. Apalagi nih kalau udah dalam bidang pembelajaran, mereka antusias banget sama pelajaran yang mereka pelajari.

Baca juga: Ngerjain Soal Ujian dengan Efektif? Simak Triknya disini!

 

Anak IPS:
1. Anak nakal

Sumber: http://www.wajibbaca.com/2016/02/inilah-12-kenakalan-waktu-sma-kalau.html

 

 

Kalau udah berbicara dan membahas tentang anak IPS, gak bakal ada habisnya nih. Anak IPS itu punya karakter yang nakal. Mereka termasuk anak-anak yang paling gak bisa diatur. Bisa dibilang nakalnya kebangetan. Ada aja kelakuannya yang buat orang-orang kesel sama anak IPS, termasuk guru-guru di sekolah. Dengan kelakuan anak IPS yang nakalnya kebangetan, hampir semua guru sering marah-marah sama kelakuan buruk anak IPS. Nakalnya seperti; ngelanggar tata tertib sekolah, bolos sekolah, tawuran, dll. Berbagai cara yang dilakukan oleh guru gak bakal mempan dah buat anak IPS. Dikasih hukuman apa aja, mereka selalu ngulangin kesalahan-kesalahan mereka.

 

2. Cuek

Sumber: http://tekooo.com/cuek-yang-istimewa-adalah-cuek-yang-selalu-membuat-hatimu-serasa-dihantui-wajahnya/

 

 

Karakter kedua yang dimiliki anak-anak IPS gak jauh-jauh dari karakter yang cuek. Anak IPS kalau diperhatikan tuh cuek banget ya. Mereka lebih santai dalam hal apapun. Apapun yang terjadi jalani aja dengan santai, gak perlu dipikirkan ya gak anak IPS? Kecuekan yang sering dilakukan oleh anak-anak IPS, seperti; baju yang keluar dibiarinin aja, telat masuk sekolah mah cuek aja, di kasih tugas sama guru selalu nunda-nunda ngerjainnya, dll. Dalam hal belajar, anak IPS juga cuek loh. Ketika akan ada ulangan, anak IPS lebih sering belajarnya pada h+1 atau malahan gak belajar sama sekali. Buat kamu anak IPS, kamu pasti pernah ngalamin yang namanya ngerjain tugas itu pagi-pagi di sekolah sebelum pelajaran dimulai atau ngerjain tugas pas pelajaran bahkan  ngumpulin tugas selalu telat kan? Itu mah udah kebiasaannya anak IPS. Pokoknya anak IPS selalu cuek dan cuek.

 

3. Sering buat berisik

Sumber: http://idwarta.com/wow-7-kenangan-masa-sma-yang-tak-bisa-dilupakan/

 

 

Anak IPS itu berisik banget pas di kelas. Mau ada guru atau gak ada di kelas, pasti kelasnya anak IPS selalu berisik. Anak IPS itu soalnya mulutnya bawel dan gak bisa diem sebentar aja. Pas guru lagi ngejelasin materi pembelajaran pasti ada yang berisik dan saat lagi ngerjain tugas dari guru pasti berisik lagi. Pokoknya kelas anak IPS itu penuh dengan keberisikan. Pas jam-jam lagi istirahat anak IPS juga sering buat keberisikan di dalam maupun di luar kelas. Sekalinya ada yang ngomong kenceng-kenceng yang lainnya pada ikut-ikutan atau ada satu orang yang bikin berisik yang lainnya ikut-ikutan juga.

Cari sekolah/perguruan tinggi di edumor.com!

 

4. Pandai membuat alasan

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=e_eeIsiCDus

 

 

Anak IPS itu nomor satu dalam hal berkomunikasi. Soal berkomunikasi, anak IPS paling pandai dalam membuat alasan dan pandai ngeles juga. Ketika berhadapan dalam sebuah masalah, anak IPS pandai banget dalam membuat berbagai alasan yang bisa membuat orang percaya dengan perkataannya. Namun, terkadang alasannya tidak diterima oleh orang disekitarnya. Saat dinasehatin atau diomelin orang, anak IPS juga jago banget ngelesnya. Ngeles supaya berhenti diomelin.

Gimana nih, dari sekian karakter anak IPA vs anak IPS, kira-kira karaktermu ya mana?

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Simak disini Karakter Anak IPA VS Anak IPS!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *