SNMPTN, SBMPTN, dan UMPTN? Ini Penjelasannya!

SNMPTN, SBMPTN, dan UMPTN kedengarannya tidak terdengar asing bagi kalangan pelajar SMA. Namun, apakah kamu tahu apa bedanya SNMPTN, SBMPTN, dan UMPTN? Khusus bagi kamu yang ingin masuk perguruan tinggi, kamu harus mengetahui apa itu SNMPTN, SBMPTN, dan UMPTN terlebih dahulu. Soalnya masih banyak orang yang suka keliru sama perbedaan-perbedaan SMNPTN, SBMPTN, dan UMPTN. Maka dari itu, aku pengen kasih tahu ke kamu penjelasan SNMPTN, SBMPTN, dan UMPTN beserta info pelaksanaannya. Simak penjelasannya berikut ini:

 

SNMPTN:

Sumber: http://www.smanegeri2sampit.sch.id/artikel-277-Informasi-Umum-SNMPTN-2017.html

 

 

SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini khusus bagi kamu siswa SMA, MA, dan SMK.  Buat kamu yang ingin mengikuti SNMPTN, terlebih dahulu  pihak sekolah harus mengisi data sekolah dan siswa secara online (PDSS), kamu sebagai siswa melakukan verifikasi dan pendaftaran SNMPTN. Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan mendapatkan kartu peserta SNMPTN, kamu akan diminta untuk menyerahkan fotocopy nilai raport kelas 10-12, fotocopy ijazah, dan fotocopy bukti prestasi-prestasi yang pernah kamu capai. Selama proses seleksi, pihak penyelenggara akan melihat nilai rapotmu dari kelas 10-12 apakah ada yang nilainya di bawah KKM/nilainya menurun, nilai UN yang dilihat dari  ijazahmu, serta prestasi-prestasi apa saja yang pernah kamu raih baik dalam tingkat nasional maupun internasional. Dalam faktor penentu kelulusan SNMPTN, ternyata faktor-faktor jumlah alumni sekolah yang pernah lulus di SNMPTN pada perguruan tinggi negeri yang kamu pilih, faktor akreditasi prestasi unggulan sekolah, faktor jurusan kuliah dan urutan jurusan kuliah yang kamu pilih juga berpengaruh bagi kelulusanmu. Bagaimana sih kriteria akreditasi prestasi unggulan sekolah yang ditentukan dalam SNMPTN? Kriterianya antara lain; akreditasi A sebanyak 50% siswa terbaik di sekolah, akreditasi B sebanyak 30% siswa terbaik di sekolah, akreditasi C sebanyak 10% siswa terbaik di sekolah, dan belum terakreditasi sebanyak 5% siswa terbaik di sekolah. SNMPTN ini lebih mudah dibandingkan SBMPTN karena SNMPTN hanya melalui proses jalur nilai raport (tanpa tes tertulis). Untuk tahun 2017, pendaftarannya sudah dibuka loh. Kamu bisa cek di www.snmptn.ac.id untuk melihat daftar perguruan tinggi SNMPTN.

Coba klik disini untuk melihat jadwal pendaftaran SNMPTN!
Baca juga: 6 Hal Penting Dalam Pemilihan Tempat Kost

 

SBMPTN:

Sumber: https://amaldoft.wordpress.com/2016/07/02/pembahasan-sbmptn-kimia-2016/

 

 

Selain SNMPTN, ada juga SBMPTN untuk mengikuti seleksi perguruan tinggi negeri. SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional. Dalam proses seleksi ini kamu diharuskan untuk mengikuti tes tertulis bersama di perguruan tinggi negeri yang terdaftar dalam SBMPTN. Tes SBMPTN terdiri dari dua jenis tes yaitu; test tertulis yang terdiri dari tes Paper Based Testing dan Computer Based testing serta tes keterampilan. Peserta SBMPTN terdiri dari siswa lulusan SMA, MA, dan SMK. Cara pendaftarannya tetap secara online dan setelah melakukan pendaftaran, kamu juga harus menyerahkan fotocopy raport kelas 10-12, fotocopy ijazah, dan bukti-bukti prestasi yang pernah kamu raih tingkat nasional maupun tingkat internasional. Proses seleksinya sama seperti proses seleksi SNMPTN yang terdiri dari seleksi hasil tes tertulis dan tes keterampilan, seleksi nilai raport, seleksi nilai UN, seleksi prestasi yang pernah kamu capai, seleksi jumlah alumni sekolahmu pada SBMPTN, dan seleksi akreditasi prestasi unggulan sekolah. Untuk melakukan pendaftaran SBMPTN 2017  kamu bisa cek di www.pendaftaran.sbmptn.ac.id . Mau tahu perguruan tinggi mana aja yang terdaftar dalam SBMPTN? Silahkan cek di www.sbmptn.ac.id

Coba klik disini untuk melihat info lebih lanjutnya!

Cari sekolah/perguruan tinggi di edumor.com!

 

UMPTN:

Sumber: http://www.alumnidepok.com/?page=berita&PHPIdSession=detailberita&id=495

 

 

Kamu gak lulus SBMPTN atau SNMPTN? Tenang aja, masih ada tes UMPTN kok. Jadi tes UMPTN itu merupakan tes yang di selenggarakan oleh perguruan tinggi negeri yang bersangkutan yang diperuntukan bagi kamu siswa yang gagal seleksi tes SNMPTN/SBMPTN. Jenis tesnya sama seperti tes SBMPTN tapi lebih dipermudah lagi. Untuk mengikuti tes UMPTN, kamu harus melakukan pendaftaran online di web perguruan tinggi negeri yang kamu pilih. Jadwal pendaftaran dan jadwal tes seleksinya sesuai dengan perguruan tinggi negeri yang kamu pilih. Tes UMPTN termasuk alternatif lain bagi kamu yang ingin tetap masuk perguruan tinggi negeri.

 

Baca juga

Share this!