6 Hal Penting Dalam Pemilihan Tempat Kost

Pengen cari tempat kost? Kamu harus pintar-pintar loh dalam memilih tempat kost. Hemmm, kira-kira hal penting apa aja nih dalam memilih tempat kost? Berikut hal-hal penting dalam memilih tempat kost:

 

1. Lokasi yang dekat dengan kampus atau tempat kerja

Sumber: http://unik-kediri.ac.id/?page_id=210

 

 

Pertama-tama kamu harus mencari lokasi kostan yang dekat dengan arah tujuanmu seperti  kampus atau tempat kerja. Pemilihan lokasi yang dekat membuat kamu menuju ke kampus atau tempat kerja dengan cepat. Kamu tidak perlu membutuhkan waktu yang lama diperjalanan untuk tiba di kampus atau tempat kerja karena jarak dari kostanmu yang dekat. Karena jarak kostan yang dekat, kamu palingan ke kampus atau ke kantor jalan kaki atau naik angkot sebentar. Waktu yang kamu miliki untuk ke kampus atau ke tempat kerja tidak terbuang sia-sia.

 

2. Lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman

Sumber: http://kostkotamalang.blogspot.co.id/2016/03/lokasi-kost-putri-di-kota-malang-dekat.html

 

 

Kebersihkan menciptakan kesehatan diri. Tempat yang bersih dapat membuat kesehatanmu lebih terjaga alias terjauh dari serangan berbagai virus dan bakteri pembawa berbagai penyakit. Mau kan hidupmu jauh dari virus dan bakteri pembawa penyakit? Maka itu, pilihlah tempat kost yang bersih. Saat kamu berkunjung ke tempat kost untuk melakukan pengamatan, pastikan tempat kost tersebut merupakan tempat yang layak kamu huni karena kebersihannya terjaga. Kebersihan di tempat kost, bisa kamu lihat dari kamar kostannya dan kamar mandi. Biasanya di tempat kost itu kamar mandilah yang paling kotor. Kamu perlu cari tahu atau perhatikan apakah kamar mandinya bersih atau tidak. Jika tempat kost itu tidak terjaga kebersihannya, lebih baik cari tempat kost lainnya yang jauh lebih bersih. Selain lingkungan yang bersih, tempat kost juga harus aman dan nyaman. Aman dan nyaman dalam hal jauh dari tindak kejahatan, pergaulannya sehat, bebas dari banjir, dll.

Baca juga: Pengen Kuliah IT? Baca disini Rekomendasi Universitas IT Terbaik di Indonesia!

 

3. Terdapat fasilitas-fasilitas  pendukung sesuai kebutuhan

Sumber: http://rumahdijual.com/yogyakarta/719858-kost-exclusive-fasilitas-hotel-dekat-ugm-yogya-cocok-untuk.html

 

 

Bertempat tinggal butuh fasilitas-fasilitas pendukung yang dapat kamu nikmati. Carilah kostan yang memiliki fasilitas-fasilitas pendukung yang tentunya harus sesuai dengan kebutuhanmu. Fasilitas-fasilitas pendukung disebuah tempat kost antara lain; kamar ber-AC kalau bisa, wifi biar berhemat kuota internet dan gak perlu pergi ke tempat-tempat lain yang ada koneksi internetnya buat ngerjain tugas atau pekerjaanmu, dan yang tidak kalah penting harus ada dapurnya dong biar kamu bisa masak sendiri (biar gak jajan atau makan di luaran melulu).

 

4. Biaya yang sesuai dengan kantongmu

Sumber: https://blog.mamikos.com/waspadai-hal-ini-sebelum-kamu-cari-kost-di-jogja/

 

 

Ngekost otomatis membutuhkan biaya yang harus kamu keluarkan selama sebulan penuh. Maka itu biar kantongmu gak jebol, kamu harus cari kostan yang biayanya sesuai dengan kantongmu dan harus sesuai dengan fasilitas yang kamu dapatkan. Kostan yang memiliki fasilitas yang biasa-biasa aja berarti biaya yang harus kamu keluarkan itu murah sedangkan tempat kost dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang lengkap sesuai dengan apa yang kamu inginkan berarti kamu harus membayarnya dengan biaya yang mahal tuh. Janganlah sekali-kali deh memilih tempat kost yang harganya tidak sesuai dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang disediakan, dijamin kalau kayak gitu kamu bakalan menyesal seumur hidupmu.

 

5. Mengetahui peraturan-peraturannya

Sumber: https://blog.mamikos.com/10-pengalaman-unik-ini-hanya-bisa-dipahami-anak-kost/mamikos-peraturan/

 

 

Peraturan diperlukan agar kamu bisa hidup lebih disiplin lagi. Saat memutuskan untuk ngekost kamu harus mengetahui peraturan-peraturannya. Tanyakan saja peraturan-peraturan apa sajakah yang ada di tempat kost tersebut. Mulai dari peraturan-peraturan yang boleh kamu lakukan sampai peraturan-peraturan yang gak boleh kamu lakukan selama tinggal di tempat kost tersebut. Supaya kamu gak kebiasaan melanggar aturan-aturan yang dibuat, gimana kalau gak catat aja peraturan tersebut. Kalau ternyata peraturannya udah ditempel di tembok sama pemilik kost, setiap saat baca aja deh peraturan tersebut supaya gak lupa atau gak kebablasan. Melanggar aturan kan gak enak diomelin orang terus.

Cari sekolah/perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Rumah pemilik kost dekat dengan tempat kost kamu

Sumber: http://www.rumah.com/listing-properti/dijual-rumah-kost-full-penghuni-dekat-kampus-unmuh-3-oleh-sastro-almahira-11237330

 

 

Tindak kriminalitas sudah banyak terjadi dan sering terjadi di lingkungan, apalagi di tempat-tempat yang tidak terlalu banyak orang. Untuk menghindari hal-hal yang tindak diinginkan, lebih baik kamu mencari tempat kost yang dimana rumah  si pemilik kost tersebut dekat dengan kost kamu. Itu buat berjaga-jaga. Jika amit-amit terjadi apa-apa yang tidak diinginkan, kamu bisa ke rumah pemilik kost untuk meminta bantuan. Bahaya juga loh kalau rumah pemilik kost jauh. Di saat ada sesuatu yang terjadi, kamu gak bisa berbuat apa-apa.

Dalam pemilihan tempat kost harus yang baik, benar, dan teliti ya! Jangan pilih asal-asalan, tar malah jadi buntung.

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “6 Hal Penting Dalam Pemilihan Tempat Kost

  1. Semangat Ramadhan!!!

    Jangan sampai terlewat…!!
    Promo Bebas Biaya Pendaftaran di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.
    Khusus Selama Bulan Ramadhan.
    Berlaku untuk kelas reguler & kelas karyawan
    http://www.pmb.ftumj.ac.id

    mohon dishare ke grup & teman. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *