Orangtuamu Gak Yakin dengan Jurusan Pilihanmu? Lakukan 4 Trik Ini!

Memilih jurusan perkuliahan harus ada restu dari orangtua. Kamu merasa orangtuamu gak yakin sama jurusan yang kamu pilih? Begini loh trik untuk menyakinkan orangtua terhadap jurusan yang kamu pilih!

 

1. Menjelaskan detail-detail jurusan yang kamu pilih

Sumber: http://www.hipwee.com/list/bingung-memilih-jurusan-kuliah-berikut-7-langkah-menentukan-jurusan-kuliah/2/

 

 

Dalam menyakinkan orangtuamu terhadap jurusan yang kamu pilih, terlebih dahulu kamu harus menjelaskan detail-detail jurusan tersebut. Jelaskan mulai dari mengapa kamu ingin memilih jurusan tersebut sampai bagaimana prospek karirnya bagi masa depanmu. Menjelaskannya pun harus sampai orangtua kamu benar-benar mengerti dan yakin dengan penjelasan yang kamu berikan. Jangan menjelaskan dengan ragu-ragu. Keraguan saat kamu menjelaskan, bisa membuat orangtua kamu merasa semakin gak yakin dan semakin ragu sama penjelasanmu. Gunakan bahasa yang sejelas-jelasnya dan harus menggunakan tutur kata yang sopan santun saat sedang menjelaskan, jangan ada kata-kata kasar yang keluar dari perkataanmu ya!

 

2. Membuat suatu perjanjian

Sumber: http://www.newsputihabu.com/masuk-jurusan-kuliah-yang-tidak-direstui-orang-tua/

 

 

Setelah menjelaskan detail-detail jurusan yang kamu pilih, membuat perjanjian juga perlu loh. Buatlah sebuah perjanjian antara kamu dengan orangtuamu. Berjanjilah kalau kamu memilih jurusan itu, kamu harus rajin belajar dan mau terus mengembangkan jurusan yang kamu ambil setiap harinya. Kalau perlu, kamu bisa membuat perjanjian tersebut secara tertulis dihadapan orangtuamu. Kemudian, saat kamu kuliah lihat kembali perjanjian yang telah kamu buat, apakah kamu sudah melaksanakan perjanjian tersebut apa belum. Yang namanya perjanjian pasti ada pelanggaran yang kamu lakukan. Jika ternyata kamu melanggar aturan yang dibuat kepada orangtuamu, kamu harus berani menanggungnya dan bertanggung jawab atas perjanjian dan keputusanmu. Apapun itu yang kamu lakukan pasti ada resikonya. Resiko itulah yang harus kamu tanggung dan dipertanggungjawabkan sedemikian rupa.

Baca juga: 7 Persiapan Penting Untuk Kuliah di Luar Negeri

 

3. Menunjukan minat dan bakat yang kamu miliki kepada orangtuamu

Sumber: http://intisari-online.com/Wellness/Psychology/7-Hal-Yang-Harus-Dilakukan-Orangtua-Untuk-Menggali-Minat-Dan-Bakat-Anak

 

 

Dalam memilih sebuah jurusan perkuliahan perlu adanya minat dan bakat yang kamu miliki. Kamu bisa menunjukan minat dan bakat yang kamu miliki kepada orangtuamu. Tunjukan kalau minat dan bakat yang kamu miliki itu sesuai dengan jurusan yang kamu pilih sehingga orangtuamu yakin dengan jurusan yang ingin kamu pilih itu. Menunjukan minat dan bakat tidak hanya pada saat kamu ingin memilih  jurusan perkuliahan tetapi tunjukan setiap saat. Lakukan dengan penuh semangat. Beri perkembangan-perkembangan minat dan bakat yang kamu miliki setiap harinya. Minat dan bakat yang kamu miliki itu, setiap harinya pasti ada perkembangan walaupun cuma sedikit.

Cari sekolah/perguruan tinggi di Edumor.com!

 

4. Terus berusaha kalau orangtuamu tetap gak yakin

Sumber: http://www.maketheworldcyou.com/2016/01/3-tips-meyakinkan-orangtua-dengan-jurusan-kuliah-pilihan-kita/

 

 

Kalau orangtuamu tetap tidak yakin dengan apa yang kamu jelaskan, teruslah berusaha untuk menyakinkan orangtuamu. Keinginanmu pasti tercapai sesuai dengan harapan kalau ada usahanya. Keinginan gak akan tercapai tanpa sebuah usaha. Menyerah itu tanda tak mampu. Kamu menyerah, berarti kamu gak mampu untuk tetap berusaha dan berjuang sampai keinginanmu tercapai. Cari berbagai macam cara, apapun itu harus kamu lakukan dengan penuh usaha dan perjuangan pastinya. Beri tekanan-tekanan terus yang positif untuk menyakinkan orangtuamu. Orangtuamu akan melihat bagaimana cara yang kamu lakukan untuk menyakinkan mereka. Dimana nantinya mereka akan luluh sama kamu dan yakin sama pilihanmu.

Sekian deh triknya buat kamu. Yang namanya memutuskan segala sesuatu harus berdasarkan restu orangtua. Tanpa restu orangtua, kamu gak akan bisa sukses.

Baca juga

Share this!