Mau Pilih Sekolah yang Tepat untuk Anak? Ini 6 Faktor Penentunya!

Mau cari sekolah bagi anak-anak anda? Carilah sekolah yang tepat bagi anak-anak anda soalnya itu berpengaruh bagi anak anda loh. Berikut faktor-faktor memilih sekolah yang tepat bagi anak anda:

 

1. Kondisi dan perkembangan anak

Sumber: http://www.zwitsal.co.id/anak-anak/stimulasi-untuk-perkembangan-anak-usia-pra-sekolah/?alt1

 

 

Mengambil keputusan untuk memilih sekolah yang tepat bagi anak anda harus didasarkan pada suatu kondisi dan perkembangan sang anak. Terlebih dahulu lihat bagaimana kondisi anak anda sekarang ini baik secara fisik maupun psikologi. Apakah fisik dan psikologi yang dimiliki oleh anak anda itu sudah mendukung untuk masuk sekolah atau belum. Ketahui dan perhatikan juga bagaimana perkembangan-perkembangan anak anda yang terlihat dari minat dan bakat yang selama ini mereka miliki dan kembangkan. Pemilihan sekolah yang tepat harus membuat minat dan bakat anakĀ  anda semakin berkembang, anak anda mampu mengekspresikan minat dan bakat secara kreatif, dan psikologis anak anda tidak tertekan akibat tekanan-tekanan dari sekolah yang anda pilihkan untuk mereka.

 

2. Kebutuhan anak

Sumber: http://jdih.mukomukokab.go.id/

 

 

Memilih sekolah adalah kebutuhan anak yang harus dipenuhi oleh anda sebagai orangtua. Memasukan anak anda ke sebuah sekolah yang tepat pasti ada tujuannya yaitu menciptakan budi pekerti yang baik pada diri anak, menjadikan anak anda sebagai anak yang penuh wawasan, dan yang paling tidak kalah penting adalah anak anda mempunyai masa depan yang cerah.

 

3. Teknik pengajaran yang tepat

Sumber: www.gurusd.net/2014/01/pengertian-metode-pembelajaran.html

 

 

Teknik pengajaran yang tepat merupakan faktor yang berpengaruh bagi kesuksesan belajar anak anda. Di sekolah yang anda pilihkan untuk anak anda harus memiliki teknik pengajaran berupa cara mengajar yang menyenangkan dan model pengajaran yang disukai oleh sang anak. Teknik pengajaran yang tidak tepat alias salah teknik bisa membuat anak anda merasa bosan di sekolah, malas belajar, dan bisa terjerumus dari prilaku malas pergi ke sekolah. Maka dari itu, saat ingin memutuskan untuk memilih sekolah yang tepat bagi anak anda, anda harus cari tahu terlebih dahulu teknik-teknik pengajaran yang dilakukan oleh guru-guru yang ada di sekolah tersebut.

Baca juga: 6 Kesalahan Orangtua dalam Mendidik Anak

 

4. Suasana sekolah yang mendukung

Sumber: http://mimpibukancumakunci.blogdetik.com/2010/04/22/embun-dan-perannya-bagi-lingkungan/

 

 

Saat berkunjung ke sekolah untuk memasukan anak anda ke sekolah tersebut, lihatlah suasana sekolah tersebut. Apakah suasana tersebut mendukung bagi anak anda untuk sekolah atau tidak. Anda yang orangtuanya pasti bisa memperkirakan dan merasakannya dengan feeling terhadap suasana sekolah tersebut. Perlu diketahui, suasana sekolah harus membuat anak anda merasa nyaman dan aman. Suasana sekolah yang nyaman dan aman adalah sekolah yang kondisi fisiknya teratur, bersih, dan asri. Sekolah yang fisiknya teratur, bersih, dan asri akan terlihat indah dipandang dan anak anda akan merasa betah di sana dan selalu penuh semangat bersekolah.

 

5. Kualitas guru

Sumber: http://www.intipesan.com/2016/02/15/upaya-peningkatan-kualitas-guru-untuk-meningkatkan-kualitas-sdm-indonesia/

 

 

Mempunyai guru yang berkualitas juga berpengaruh dalam menciptakan kesuksesan belajar bagi anak anda. Kualitas seorang guru dapat dilihat dari berbagai sisi, yaitu; kualitas cara mengajar, kualitas model pengajaran, kualitas berprilaku, dan kualitas berkomunikasi. Ciri-ciri guru yang berkualitas adalah memberikan cara dan model pengajaran yang lebih efektif, penuh kasih sayang terhadap anak didiknya, sabar dalam menghadapi prilaku anak didiknya, dan memiliki tutur kata yang baik terhadap anak didiknya.

Cari sekolah/perguruan tinggi di Edumor.com!

 

6. Sekolah yang mempunyai kedisiplinan yang bagus

Sumber: https://radarbolmongonline.com/2015/09/sman-2-kk-tegakkan-disiplin-guru-dan-siswa/

 

 

Terakhir adalah mempunyai kedisiplinan yang bagus. Kedisiplinan yang bagus juga tidak hanya ada di lingkungan keluarga, tetapi juga harus ada di lingkungan sekolah. Pastikan di sekolah tersebut mempunyai kedisiplinan yang bagus untuk anak anda. Mengenai soal kedisiplinan, kedisiplinan yang bagus adalah sekalinya adanya pelanggaran terhadap perarturan sekolah tidak ada yang namanya toleransi. Selain kedisiplinan akan tata tertib sekolah, guru-guru harus ikut mengambil bagian dalam mendisiplinkan anak didiknya saat proses belajar mengajar di kelas.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Mau Pilih Sekolah yang Tepat untuk Anak? Ini 6 Faktor Penentunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *