6 Persiapan Penting Untuk Kuliah di Luar Negeri

Yakin kamu pengen kuliah di luar negeri? Kuliah di luar negeri tidak semudah yang kamu pikirkan dan kamu bayangkan loh. Harus ada persiapan secara matang dari awal agar kamu bisa sukses menjalankan perkuliahanmu di negara asing yang kamu tunjukan. Supaya kamu bisa sukses menjalani perkuliahanmu di negara asing yang kamu tunjukan, simak persiapan-persiapan penting berikut ini:

 

1. Mempunyai kemampuan berbahasa asing

Sumber: http://bandung.bisnis.com/read/20161203/82443/564285/era-mea-kemampuan-berbahasa-asing-perlu-dipacu-

 

 

Pertama, kamu harus memiliki kemampuan berbahasa asingĀ  Kemampuan berbahasa asing yang harus kamu miliki terdiri dari berkomunikasi, membaca tulisan atau bacaan dalam bahasa asing, mendengarkan sesuatu yang berbahasa asing, dan menulis dengan menggunakan bahasa asing karena sepanjang kamu menjalani kehidupan di negara asing, kehidupanmu gak akan jauh-jauh dari yang namanya berbahasa asing. Semuanya penuh dengan berbahasa asing pokoknya. Kamu juga bisa mengikuti les bahasa asing supaya cara berkomunikasimu, membaca, mendengarkan, dan menulis semakin lancar dan meningkat. Tapi, kalau kamu malas untuk ikut-ikutan les bahasa asing, kamu bisa belajar secara online/belajar sama teman-temanmu.

 

2. Mempelajari segala hal penting terhadap negara yang kamu tunjukan

Sumber: http://lovebonito.co.id/blog/belajar-bahasa-dengan-baik/

 

 

Kamu juga perlu loh mempelajari segala hal penting terhadap negara yang kamu tunjukan. Tanpa mempelajarinya, kamu gak akan tahu apa-apa dan merasa kaku dalam menjalani kehidupanmu disana. Pelajarilah segala hal penting terhadap negara yang kamu tunjukan mulai dari budayanya, makanannya, tata kramanya, cara pergaulannya, tata tertib/hukum yang berlaku disana,dll. Mempelajarinya mudah, kamu tinggal membaca berbagai buku-buku penunjang yang bisa menjadi pendukung dan referensimu atau cari-cari informasi dari internet atau dari orang-orang di sekitarmu yang pernah menjalani perkuliahan di luar negeri.

Baca juga: TOEFL VS IELTS, Ini Penjelasannya!

 

3. Mempersiapkan paspor dan visa

Sumber: http://www.pasporonline.com/perbedaan-antara-paspor-dan-visa/

 

 

Satu lagi yang tak kalah penting dan harus ada adalah passport dan visa. Udah tahukan kalau passport dan visa itu harus kamu miliki kalau kamu mau pergi ke luar negeri. Gak semua negara membutuhkan visa. Visa dibutuhkan bagi kamu yang ingin pergi ke luar negeri selainĀ  benua Asia, sedangkan passport semua benua membutuhkan passport. Membuat passport dan visa gak susah kok. Sekarang udah canggih, kamu bisa bikin passport dan visa melalui online. Biaya membuat passport dan visa secara online jauh lebih murah dari pada kamu harus membuatnya secara offline. Sekedar info buat kamu, membuat passport secara online membutuhkan biaya kira-kira 200rban sedangkan secara offline bisa 300rban. Passport dan visa merupakan salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan. Dokumen lainnya harus dipersiapkan. Dokumen lainnya tergantung dengan universitas yang memberikan dokumen apa yang harus dipersiapkan.

 

4. Konsultasi dengan konselor lembaga pendidikan asing

Sumber: http://www.ican-education.com/blog/ingin-kuliah-ke-luar-negeri-konsultasikan-di-ican-education-consultant/

 

 

Masing bingung pengen kuliah di negara mana, perguruan tinggi mana, dan jurusan apa? Galau ya? Udah gak zaman deh galau-galauan. Atasilah kegalauanmu dengan cara berkonsultasi dengan konselor yang mengerti tentang segala hal yang berhubungan dengan pendidikan kuliah di luar negeri. Konsultasikan negara mana, perguruan tinggi mana, dan jurusan apa yang bagus untuk menempuh pendidikan yang tentunya harus sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Berkonsultasi itu sangatlah penting agar kamu tidak keliru dan salah arah dalam memilih negara tujuan, perguruan tinggi, dan jurusan yang memiliki prospek karir bagus dan bermasa depan cerah. Konselor itu tentu paham betul tentang dunia pendidikan luar negeri karena mereka pernah mempelajarinya dan mempunyai pengalaman-pengalaman akan pendidikanĀ  luar negeri. Carilah konselor dari sebuah lembaga pendidikan asing yang resmi ya! Jangan cari konselor yang abal-abalan. Setelah berkonsultasi, jangan lupa untuk langsung minta surat rekomendasi kuliah ke luar negeri.

 

5. Biaya

Sumber: http://ikawulandari.com/fasilitas-dan-pembiayaan-asuransi-prudential-unit-link/

 

 

Kuliah di luar negeri itu biayanya mahal coy. Siapa bilang kuliah di luar negeri biayanya murah? Ini hanya berlaku bagi kamu yang kuliah di luar negeri tanpa mengikuti program beasiswa. Maka dari itu kamu harus mempersiapkan berbagai macam biaya yang akan kamu keluarkan nantinya seperti; biaya kuliah, biaya tempat tinggal, biaya transportasi, biaya tiket pesawat, biaya pembuatan passport dan visa, biaya makan, biaya belanja kebutuhan sehari-harimu, biaya kebutuhan kuliah, dll. Karena biaya yang harus kamu keluarkan itu besar, persiapkan dari jauh-jauh dengan cara rajin menabung. Bagi kamu yang dapet beasiswa sih enak-enak aja, gak perlu mengeluarkan banyak biaya karena biayamu ditanggung tapi tetap saja harus menabung.

Cari sekolah/perguruan tinggi di Edumor.com!

 

6. Mental dan fisik yang kuat

Sumber: http://intisari-online.com/Unique/Fokus/Persiapkan-Mental-Anak-Sejak-Kecil-Jika-Ingin-Mereka-Kuliah-Ke-Luar-Negeri

 

 

Yang terakhir kamu harus mempersiapkan mental dan fisik yang kuat. Kamu pasti berada jauh dari keluargamu. Jadi kamu harus bisa hidup mandiri dan memecahkan segala masalah sendirian. Selama berada di luar negeri, kamu harus mampu dalam menghadapi perbedaan budaya, perbedaan cuaca, perbedaan pergaulan, perbedaan status sosial, perbedaan suku/ras/agama,perbedaan tata krama, perbedaan tata tertib/ hukum yang berlaku. Semua itu akan kamu rasakan nantinya saat kamu berada di luar negeri. Perbedaan di negara asing tidak kamu rasakan saat seperti kamu berada di Indonesia. Itu sangat-sangat jauh berbeda. Jika kamu melakukan suatu kesalahan yang biasanya kamu lakukan di Indonesia, di negara tersebut kamu akan merasa malu dan dikucilkan banyak orang.

Yuk, dipersiapkan hal-hal penting ini! Selamat menempuh perkuliahan di luar negeri guys.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “6 Persiapan Penting Untuk Kuliah di Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *