Kamu Gamers? Ini Rekomendasi Universitas di Indonesia Buat Kamu!

Dunia games sekarang  sedang berkembang pesat dan lagi ngetrend-ngetrendnya loh. Buat kamu yang hobi bermain games dan mengaku diri kamu itu adalah gamers sejati cobalah membuat games sendiri. Nah, membuat games sendiri harus ada ilmu dasarnya. Kamu bisa mengambil jurusan program studi khusus games dari beberapa universitas di Indonesia. Berikut ini adalah rekomendasi universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan program studi games:

 

1. Binus

Sumber: http://socs.binus.ac.id/program/game-application-and-technology/

 

 

Mendengar kata binus udah pada tahulah, perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi yang terkenal di Jakarta. Di Binus, terdapat jurusan komputer, desain, ekonomi, perhotelan, sastra, dll. Dalam jurusan komputerlah yang paling banyak diminati karena Binus itu terkenal dengan jurusan komputernya. Binus menyediakan jurusan yang diperuntukan bagi para penggemar games alias para gamers yang bernama game application and technology. Program games application and technology merupakan program perkuliahan  spesifikasi desain ilmu komputer. Pada jurusan ini, kamu akan diajarkan tentang pendidikan pembangunan dan pembuatan games. Hal yang difokuskan adalah mendesain sebuah games dan pemograman games. Binus memiliki 6 Cabang kampus, yaitu; kampus Syahdan, kampus Anggrek, kampus Kijang, kampus JWC, kampus Alam Sutera, dan kampus Bekasi.

Klik disini untuk penjelasan lebih lengkapnya!

 

2. UMN

Sumber: https://www.brandsoftheworld.com/logo/universitas-multimedia-nusantara-umn

 

 

UMN atau Universitas Multimedia Nusantara merupakan perguruan tinggi dibawah naungan atau milik kompas gramedia. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 2007 yang berlokasi di Jl. Scientia Boulevard, Gading Serpong, Curug Sangereng, Tangerang, Banten. Di daerah Jakarta selain binus yang menyediakan jurusan games, ternyata UMN juga menyediakan jurusan games. Jurusan games yang disediakan adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). DKV memfokuskan pembelajaran dalam bidang desain 2D dan 3D, games interaktif, dan perancangan games. Jurusan DKV ini memiliki biaya kuliah paling mahal diantara jurusan-jurusan lainnya. Kamu yang ingin mengambil jurusan ini harus menyediakan uang ekstra selain biaya kuliah seperti; biaya membeli peralatan desain. 

Klik disini untuk penjelasan lebih lengkapnya!
Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Magang

 

3. ITB

Sumber: http://www.alamatlengkap.com/tag/bandung

 

 

Perguruan tinggi negeri ITB juga menyediakan program studi dalam bidang games loh. Program studi ini bernama teknologi media digital dan games. Jurusan ini memfokuskan diri dalam pembelajaran, riset dan pengembangan media digital dan games, menganalisis, merancang, dan merawat media digital dan games. Setelah lulus kuliah kamu bisa bekerja dalam bidang Computer Graphics Algorithm, Scientific Visualization, Virtual Reality & Augmented Reality, dll. Bahkan kamu juga bisa loh membuat rumah produksi games dan membuat games sendiri untuk dijual karena dunia games sedang berkembang pesat di segala kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, dan orangtua.

Klik disini untuk penjelasan lebih lengkapnya!

 

4. Universitas Negeri Malang

Sumber: http://akreditasi.net/informasi-universitas-negeri-malang/

 

 

Siapa yang tidak tahu kota apel ini, yap kota malang. Kota malang terdapat sebuah universitas bernama Universitas Negeri Malang yang menyediakan jurusan program studi games untuk para gamers yang ingin menempuh pendidikan bidang games di kota Malang. Tidak kalah dengan universitas lainnya di indonesia yang telah menghasilkan games developer, Universitas Negeri Malang juga menghasilkan games developer dengan jurusan program studi games animasi. Membuatan games ini difokuskan dalam animasi 2D dan 3D. Namun sayangnya, jurusan program studi ini masih D3 belum ada S1nya. Itulah kekurangan yang dimiliki oleh Universitas Negeri Malang.

Klik disini untuk penjelasan lebih lengkapnya!

Cari sekolah/ universitas sekitar di Edumor.com!

 

5. Universitas Ciputra Surabaya

Sumber: http://imt.uc.ac.id/

 

 

Sekarang beralih ke Surabaya, di Surabaya terdapat Universitas Ciputra yang menyediakan jurusan program studi Teknik Informatika. Teknik Informatika ini lebih memfokuskan pembelajaran dalam bidang pembuatan games interaktif. Pembuatan games interaktif yang diajarkan berbasis mobil. Jadi, kamu akan diajarkan teknik-teknik pembuatan games interaktif khusus mobile IOS. Tools-tools yang digunakan adalah Java, Oracle, Cisco System, Linux, Adobe System, dan Autodesk 3D. Dalam pembelajarannya kamu juga harus menguasai berbagai pemecahan masalah dalam bidang IT lainnya.

Klik disini untuk penjelasan lebih lanjutnya!

Coba daftar yuk di universitas-universitas tersebut!

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Kamu Gamers? Ini Rekomendasi Universitas di Indonesia Buat Kamu!

  1. Binus sendiri GAT belum kuat, 3D masih berantakan karena di sana ga cuma belajar 3D, tapi juga java. Kalo mau buat game mending kursus khusus aja biar fokus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *