Cek disini 7 Persyaratan Pendaftaran Beasiswa LPDP 2017!

Kamu lagi mau ikut beasiswa LPDP ya? Pada saat  mendaftarkan beasiswa LPDP pasti ada persyaratan yang harus benar-benar kamu penuhi loh. Yuk disimak persyaratan-persyaratan untuk daftar beasiswa LPDP ini!

 

1. Harus warga negara Indonesia

Sumber: https://diniindahsaraswati.wordpress.com/2015/04/27/yang-saya-banggakan-sebagai-wni-warga-negara-indonesia/

 

 

Beasiswa LPDP merupakan sebuah beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah. Beasiswa ini hanya berlaku bagi kamu warga negara Indonesia. Kenapa hanya untuk warga negara Indonesia? Karena si penerima beasiswa akan dikembalikan ke Indonesia jika si penerima beasiswa LPDP telah berhasil menyelesaikan pendidikannya. Untuk kamu yang warga negara asing atau mempunyai dua kewarganegaraan tetap tidak bisa diikut sertakan ya!

 

2.  Menyelesaikan pendidikan S1 atau S2

Sumber: https://ilmusdm.wordpress.com/2015/08/13/apakah-ada-perbedaan-gaji-tingkat-pendidikan-sarjana-s1-magistermaster-s2-dengan-doktor-s3/

 

 

Beasiswa LPDP ini menyediakan 2 macam beasiswa, yaitu; beasiswa S2 dan S3. Jadi bagi kamu yang akan mendaftarkan diri untuk mengikuti beasiswa LPDP, kamu harus menyelesaikan dulu pendidikan perguruan tinggimu. Kalau kamu mau ambil beasiswa LPDP S2 berarti kamu harus atau sudah menyelesaikan pendidikan S1, sedangkan kalau kamu mau mengambil beasiswa LPDP S3 berarti kamu harus atau sudah menyelesaikan pendidikan S2.

Baca disini: Belajar SKS Kamu Gagal? Ini Dia 6 Tips Sukses Belajar SKS!

 

3. Memilih perguruan tinggi yang terdaftar dalam beasiswa LPDP

Sumber: http://infogtk.blogspot.co.id/2015/04/daftar-perguruan-tinggi-tujuan-beasiswa.html

 

 

Dikala kamu ingin mengikuti beasiswa, tentunya kamu harus memilih jurusan dan perguruan tinggi yang kamu inginkan. Baik perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Kamu bisa bebas memilih jurusan yang kamu inginkan. Akan tetapi, untuk perguruan tingginya kamu harus memilih berdasarkan daftar perguruan tinggi yang terdata dalam beasiswa LPDP itu sendiri. Kamu gak bisa memilih perguruan tinggi yang kamu inginkan kalau perguruan tinggi tersebut tidak terdaftar dalam beasiswa LPDP. Bingungkan perguruan tingginya ada apa aja? Yuk cek disini Daftar perguruan tinggi beasiswa LPDP!

 

4. Soft skill

Sumber: http://www.intainstitute.com/2016/03/02/apa-itu-hard-skill-dan-soft-skill/

 

 

Di dalam dirimu mempunyai dua kemampuan yaitu; hard skill dan soft skill. Dalam mendaftaran beasiswa LPD, kamu harus mempunyai soft skill jiwa kepemimpinan, professionalisme, integritas, nasionalisme, percaya diri, mandiri, dll. Soft skil-soft skill tersebut sangat dibutuhkan dalam memenuhi persyaratan beasiswa LPDP karena kamu sebagai penerima beasiswa LPDP memiliki tujuan dalam berkontribusi bagi bangsa. Berkontribusi bagi bangsa harus memiliki soft skill seperti itu.

 

5. Aktif

Sumber: http://crazydreamer.blog.uns.ac.id/2014/10/02/ternyata-masih-aktif/

 

 

Kamu juga harus aktif loh. Pada saat pendaftaran dan pengetestan beasiswa LPDP keaktifanmu akan dilihat dan dipertanyakan. Untuk itu, kamu perlu menjadi orang yang aktif dalam sebuah bidang kehidupan. Bidang yang dimaksud adalah bidang organisasi, sosial, maupun budaya yang kamu ikuti. Jika kamu mengikuti sebuah organisasi, sosial, maupun budaya di kampus atau di masyarakat, bisa dikatakan kalau kamu adalah orang yang aktif tapi dengan syarat rajin mengikuti kegiatan tersebut.

 

6. Dapat memenuhi surat pernyataan serta menyerahkan surat keterangan

Sumber: http://www.slideshare.net/RifaiAnjas/bookletlpdp17-513-43228805

 

 

Sekedar info, dalam pendaftaran beasiswa LPDP kamu akan dihadapkan oleh beberapa surat pernyataan.  Surat pernyataannya berupa pernyataan bahwa kamu tidak sedang menerima beasiswa selain beasiswa LPDP, tidak terjaring masalah hukum, dokumen yang kamu buat atau kamu berikan adalah dokumen asli, menyatakan bahwa kamu bersedia dipulangkan kembali ke Indonesia, dan mau mengabdi bagi bangsa. Surat pernyataan tersebut harus kamu tandatangani. Jika ternyata kamu melanggar surat pernyataan-pernyataan tersebut, kamu akan menerima akibatnya berupa sebuah sanksi yang menjadikan kamu tidak boleh mengikuti beasiswa LPDP. Selain memenuhi surat pernyataan, kamu juga harus menyerahkan surat keterangan. Surat keterangan yang harus diserahkan terdiri dari surat izin mengikuti beasiswa LPDP, surat berkelakuan baik dari kepolisian, surat sehat jasmani dan rohani, serta surat keterangan bebas dari narkoba.

Cari sekolah / perguruan tinggi di Edumor!

 

7. Membuat sebuah essay

Sumber: http://icampusindonesia.com/2016/11/11/contoh-essai-peranku-bagi-indonesia/

Setelah melakukan pendaftaran beasiswa LPDP, pihak penyelenggara akan meminta kamu untuk membuat sebuah essai. Essai yang dibuat terdiri dari 500-700 kata. Essai tersebut menjelaskan kontribusi yang akan kamu lakukan bagi bangsa Indonesia dan peranmu bagi bangsa Indonesi nantinya. Kamu harus menjelaskannya dengan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas.

Diantara 7 syarat ini sudah ada yang kamu penuhi belum guys? Kalau belum, jangan lupa untuk segera dipenuhi ya!

 

Baca juga

Share this!