Belajar SKS Kamu Gagal? Ini Dia 6 Tips Sukses Belajar SKS!

Belajar SKS atau sistem kebut semalam emang gak efektif sih. Kamu hanya membutuhkan waktu yang singkat dan dikejar-kejar waktu untuk menyelesaikan materi pembelajaran yang kamu pelajari. Mau sukses belajar dengan sistem kebut semalam? Berikut tips bagi kamu yang suka belajar sistem kebut semalam:

 

1. Buat catatan materi sesingkat-singkatnya

Sumber: http://jandjbinder.blogspot.co.id/2015/12/tips-menarik-cara-merapikan-catatan.html

 

 

Dengan waktu belajar yang begitu singkat, gak mungkin kan kamu bisa menghafalkan dan memahami materi secara cepat. Tips cepat menghafal dan memahami materi pembelajaran yang sudah kamu baca dari buku, foto copyan, atau power point dari guru atau dosenmu yaitu dengan mencatat materi pembelajaran. Kamu hanya perlu mencatat sesingkat-singkatnya dengan menggunakan bahasamu sendiri. Mencatatnya bisa sambil dihafalkan dan dipahami secara perlahan-lahan. Setelah selesai membuat catatan, kamu harus menghafalkannya kembali sambil dipahami. Dikit demi sedikit kamu akan semakin hafal dan paham dengan cepat.

 

2. Garis bawahi materi yang kamu pelajari seperlunya saja kalau kamu malas mencatat

Sumber: http://blog.ruangguru.com/9-cara-cermat-agar-cepat-memahami-pelajaran/

 

 

Buat kamu yang benar-benar males membuat catatan dan pengen langsung menghafalkan dan memahami materi, kamu bisa menggaris bawahi bacaan yang harus kamu hafalkan dan pahami. Garis bawahinya seperlunya saja, yang kira-kira perlu kamu hafalkan dan pahami. Beri warna yang berbeda dari setiap materi yang kamu pelajari tersebut. Setelah itu, hafalkan dan pahami materi yang telah kamu garis bawahi sampai benar-benar hafal dan pahami. Yang gak kamu garis bawahi gak perlu untuk dihafalkan dan dipahami.

 

3. Kasih timing dalam setiap bagian-bagian materi yang kamu hafalin dan pahami

Sumber: http://vitaminotak.com/cara-menghafal-cepat-3-langkah-ini-akan-membuat-aktivitas-menghafal-menjadi-aktivitas-favorit-anda/

 

 

Setiap kali kamu ingin menghafal dan memahami sebuah materi pembelajaran, berikan timing atau waktu untuk menghafalkan dan memahami bagian-bagian materi yang kamu hafalkan dan pahami. Sebagai contoh; materi yang kamu pelajari itu ada 10 bagian, setiap bagian kamu berikan timing misalnya 5 menit untuk menghafal dan memahami. Jika kamu sudah benar-benar hafal dan memahami bagian tersebut barulah kamu lanjut menghafalkan dan memahami bagian materi selanjutnya sampai seterusnya. Untuk memastikan apakah yang sudah kamu hafalkan dan pahami itu benar-benar hafal dan pahami, coba baca judul materinya kemudian ceritakan isi dari judul materi tersebut tanpa melihat materinya. Ya kalau kamu gak sama sekali membaca materi berarti kamu sudah hafal dan paham.

Baca juga: Pentingnya Membangun Komunikasi yang Efektif Terhadap Pelanggan

 

4. Berbicara keras-keras terhadap apa yang kamu hafalkan

Sumber: https://bisfren.com/hal-yang-bikin-kamu-gak-asik-ditemenin.html

 

 

Jangan takut melakukan tindakan ini ya! Kamu gak perlu takut diomelin atau ditegur oleh orang rumah disaat kamu belajar SKS sambil berbicara keras. Baca saja sekeras-kerasnya agar kamu tahu apa yang kamu ucapkan dan dengarkan. Melalui pendengaranmu, kamu tahu apa yang kamu ucapkan itu benar apa salah. Permulaannya, baca sambil hafalkan materinya sekeras-kerasnya. Kalau ternyata apa yang kamu ucapkan itu salah berdasarkan apa yang kamu dengar tadi, coba baca sambil dihafalkan kembali dengan suara yang keras seperti tadi.

 

5. Ngerjain latihan soal

Sumber: http://istiyanto.com/tujuh-kesalahan-siswa-dalam-mengerjakan-soal-matematika/

 

 

Belajarmu juga percuma kalau cuman dihafalin dan dipahami. Mendingan setelah kamu berhasil hafal dan pahami, coba lakukan uji coba dengan mengerjakan latihan soal. Kerjakan semua latihan soal yang ada dibukumu tanpa mencari dan melihat jawaban yang ada dibukumu loh. Kemudian setelah semua soalnya selesai kamu kerjakan, periksa apakah jawabannya sudah benar apa belum. Jika ternyata jawabanmu itu salah, mau gak mau kamu harus memperbaikinya kembali dengan cara menghafal dan memahami ulang jawaban yang salah tersebut.

Cari sekolah / perguruan tinggi di Edumor!

 

6. Cari waktu yang sesuai dengan moodmu

Sumber: http://www.ourgateshead.org/mental-health

 

 

Orang akan bisa memulai belajar kalau moodnya lagi bagus. Jangan terlalu paksakan dirimu dikala mood kamu sedang tidak bagus, semakin dipaksakan kamu semakin gak fokus dan uringan-uringan belajarnya. Sebaiknya cari waktu pada malam itu sesuai dengan mood kamu. Jika kamu moodnya bisanya jam sebelas malam, ya belajarnya jam sebelas malam. Mood yang bagus sangat berpengaruh bagi proses belajar soalnya.

Perlu dan boleh dicoba nih, biar belajar SKSmu bisa sukses. Dibandingkan belajar SKS lebih baik belajar setiap hari deh karena belajar setiap hari dijamin lebih efektif loh.

Baca juga

Share this!