6 Kesalahan Orangtua dalam Mendidik Anak

Sebagai orangtua, apakah selama ini cara mendidik anak anda sudah benar? Ternyata tanpa disadari bahwa ada beberapa kesalahan yang anda lakukan dalam mendidikan anak sehingga anak anda merasa tertekan, memiliki prilaku yang tidak baik, dan bahkan merasa bahwa dirinya kekurangan kasih sayang. Berikut ini merupakan kesalahan-kesalahan dalam mendidikan anak yang seharusnya tidak boleh anda lakukan sebagai orangtua:

 

1. Mendidik dengan main fisik

Sumber: http://www.cerpen.co.id/post_136053.html

 

 

Yang satu ini sudah dipastikan benar-benar gak boleh anda lakukan terhadap anak anda. Namanya main fisik sudah tersebut kekerasan pada anak. Banyak orangtua yang saking kesel sama anaknya yang nakal atau  gak bisa dibilangin sama orangtua dikit-dikit mukul, dikit-dikit nyubit, atau dikit-dikit ngejewer. Kalau ada kekerasan secara fisik seperti ini anak anda dalam hatinya bisa memiliki rasa dendam yang terpendam. Akibat rasa dendam tersebut, tanpa sepengetahuan anda, anak anda bisa-bisa membalas dendam ke teman-temannya dengan melakukan ke kerasan fisik. Perlu diketahui, zaman sekarang banyak kan anak-anak yang melakukan kekerasan terhadap teman-temannya bahkan ada yang terhadap gurunya. Bisa dipastikan anak tersebut pernah atau sedang mengalami tindakan kekerasan secara fisik yang dilakukan oleh orangtuanya.

 

2. Suka menyalahkan anak

Sumber: http://www.tribunnews.com/lifestyle/2012/12/07/menyalahkan-anak-hilangkan-percaya-dirinya

 

 

Anda sebagai orangtua, tidak sepatutnya untuk suka menyalahkan anak. Bertindak dengan suka menyalahkan anak dapat membuat anak anda merasa bersalah terus. Jadi, anak anda takut dengan apa yang ia lakukan. Sebenarnya, kesalahan yang diperbuat oleh anak anda tidak sepenuhnya kesalahannya kok . Bisa saja dia melakukan suatu kesalahan karena kesalahan anda sebagai orangtuanya. Di saat anak anda berbuat kesalahan, lihat dulu apakah anak anda berbuat kesalahan karena kesalahan anda sebagai orangtuanya atau kesalahannya benar-benar dari anak anda. Janganlah asal main menyalahkan anak.

 

3. Terlalu pelit sama anak

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2484702/kenapa-hemat-tidak-sama-dengan-pelit-ini-jawabannya

 

 

Siapa bilang gak ada orangtua yang pelit sama anaknya? Banyak loh orangtua yang pelit sama anaknya. Jangan salah, anak yang suka mencuri barang orang atau minta-minta ke orang lain gak jauh-jauh  karena kebutuhannya gak mau dipenuhi oleh orangtuanya (orangtuanya pelit). Kewajiban anda sebagai orangtua selain mencari nafkah dan memberikan kasih sayang yaitu dengan memenuhi segala kebutuhan anak anda. Janganlah pelit terhadap anak anda! Penuhilah segala kebutuhannya kalau memang itu diperlukan oleh anak anda.

 

4. Memanjakan anak

Sumber: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/terlalu-memanjakan-anak-ini-dampak-buruknya.html

 

\

Menjadi anak manja merupakan prilaku yang dibentuk oleh orangtua. Anak anda manja? Itu pasti karena anda sering memanjakan anak anda. Memanjakan dengan cara selalu memenuhi keinginan anak anda. Bertindak memanjakan anak dapat menyebabkan anak anda menjadi anak yang tidak bisa hidup mandiri. Untuk itu janganlah menjadi orangtua yang terlalu memanjakan anak. Buat anda yang anaknya sering minta dibelikan sesuatu yang sebenarnya gak penting-penting amat, janganlah selalu diturutin karena kalau diturutin terus akan menimbulkan kebiasaan. Anda bisa membelikannya nanti pas anak anda naik kelas dan ulang tahun. Buat anak anda yang sering minta dilayani, ajarkan dia untuk melakukannya sendiri agar anak anda bisa hidup mandiri. Anda juga bisa mengajarkannya bagaimana cara menjadi anak yang mandiri.

Baca juga: Kamu Suka Bolos Sekolah ya? Baca Ini!

 

5. Mengancam anak

Sumber: http://tabloidnova.com/Keluarga/Anak/Orangtua-Pola-Asuh-Suka-Mengancam-Pada-Anak-Berdampak-Buruk-Lo

 

 

Tindakan mengancam merupakan tindakan suatu tekanan yang akan dirasakan oleh anak anda. Anak anda juga akan merasa terancam kalau anda terlalu mengancamnya. Tekanan-tekanan yang akan dirasakan oleh anak anda berupa tekanan secara lahir dan bantin. Tekanan lahir dan batin itu susah untuk disembuhkan loh. Jika anda gak suka dengan kebiasaan-kebiasaan jelek anak anda atau hal apapun yang tidak anda sukai dari anda anda, sebaiknya jangan mengancamnya tapi dibimbing menuju hal dan jalan yang benar sesuai dengan arahan yang anda berikan. Bimbingan yang anda berikan tersebut dapat membuat hidupnya lebih teratur dan terarah.

Cari sekolah / perguruan tinggi di Edumor!

 

6. Berbicara kasar sama anak

Sumber: http://www.tribunnews.com/lifestyle/2014/09/24/bunda-sebaiknya-lakukan-hal-ini-saat-anak-mulai-berkata-kasar

 

 

Mulut emang yang paling sadis diantara anggota tubuh lainnya. Apa yang diucapkan oleh mulut dengan kata-kata kasar bisa menyakitkan dan menjadi sumpahan. Yang menjadi sumpahan itu maksudnya; anda memanggil anak anda dengan kata-kata kasar atau ngakatain anak anda dengan kata-kata kasar. Dengan memanggil atau ngatain anak anda dengan kata-kata kasar berarti sama aja dengan anda menyumpahi anak anda sesuai dengan kata kasar yang anda ucapkan. Karena pepatah berkata mulutmu harimaumu. Hati-hatilah, berbicara kasar kepada anak bisa diikuti oleh anak anda ke lingkungan sekitarnya.

 

Baca juga

Share this!