CV Beasiswa? Ini Dia 7 Tips Membuat CV Untuk Aplikasi Beasiswa!

CV bukan saja syarat yang diperuntukan bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan tapi juga diperuntukan sebagai aplikasi beasiswa. Berikut hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan CV untuk aplikasi beasiswa:

 

1. Data Pribadi

Sumber: https://bursanom.com/contoh-cv-daftar-riwayat-hidup/

 

 

Data pribadi sudah dipastikan merupakan bagian yang nomor satu. Kamu diharuskan mencantumkan data pribadimu secara lengkap. Mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, alamat lengkap, kewarganegaraan, agama, nomor telepon, email, dan status. Di bagian sebelah kanan data pribadimu juga perlu dicantum fotomu. Foto yang digunakan merupakan pas foto berukuran 3×4 atau sesuai dengan permintaan pemberi beasiswa.

 

2. Riwayat Pendidikan

Sumber: http://arhiez.net/tips-melamar-pekerjaan/

 

 

Setelah mencantumkan data pribadi, kamu harus mencantumkan riwayat pendidikan. Riwayat pendidikan terbagi jadi dua bagian, yaitu; pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal dimulai dari TK/SD sampai SMA/SMK dan pendidikan non formal berupa kursus yang pernah kamu ikuti. Di dalam pendidikan formal, kamu perlu mencantumkan tahun kamu menempuh pendidikan dari setiap jenjangnya. Jika ada pendidikan non formal, kamu juga perlu mencantumkan tahun berapa kamu mengikuti pendidikan non formal tersebut.

 

3. Prestasi

Sumber: http://ben-jobs.blogspot.com/2016/08/contoh-cv-bahasa-inggris.html

 

 

Mau dapat nilai plus? Untuk mendapatkan nilai plus, kamu perlu mencantumkan prestasi-prestasi yang pernah kamu dapatkan selama ini. Prestasi yang dimaksud mencakup prestasi akademik dan non akademik dari berbagai tingkat, yaitu; nasional, internasional, kabupaten, kecamatan, kota, dan provinsi. Jika kamu mencantumkan prestasi yang pernah kamu raih, kamu harus memberikan bukti nyatanya berupa sertifikat agar pihak penyelenggara beasiswa dapat percaya kepada kamu.

Baca juga: Baca disini 5 Tips Lulus SBMPTN!

 

4. Pengalaman

Sumber: http://tipsinternetkomputer.blogspot.co.id/2012/05/cara-membuat-surat-lamaran-kerja-cv.html

 

 

Hal keempat adalah pengalaman kamu. Pengalaman yang dimaksud bukan pengalaman hidup atau pengalaman pribadi ya! Jadi, pengalaman yang dimaksud adalah pengalaman-pengalaman bekerja, magang, seminar, dan berorganisasi. Pengalaman yang pernah kamu lakukan menjadikan nilai plus juga bagi kamu sama seperti prestasi yang pernah kamu raih. Jangan lupa juga, jika kamu mencantumkan pengalaman, kamu juga harus memberikan buktinya kepada pihakĀ  penyelenggara beasiswa!

 

5. Karya ilmiah yang dipublikasikan

Sumber: http://www.sangpengajar.com/2016/01/inilah-jenis-publikasi-ilmiah-guru.html

 

 

Saat ingin mengikuti program beasiswa, penyelenggara beasiswa akan meminta kamu sebuah karya ilmiah yang dipublikasikan. Karya ilmiah dapat berupa sebuah jurnal atau makalah. Karya ilmiah yang dipublikasikan harus dicantumkan di CV kamu dengan mencantumkan judul karya ilmiah dan tanggal publikasinya. Hal ini dibutuhkan agar pihak penyelenggara beasiswa dapat mengetahui karya-karya ilmiah apa saja yang pernah kamu buat kemudian dipublikasikan.

 

6. Kompetensi

Sumber: http://bellafredinatulisansoftskill2.blogspot.co.id/2014/11/contoh-cvcurriculum-vitaedaftar-riwayat.html

 

 

Setiap manusia pasti memiliki kompetensi yaitu; hobi dan kemampuan yang ada di dalam diri. Sebagai info, kamu juga harus mencantumkan hobi dan kemampuan yang kamu miliki. Hobi dan kemampuan dalam bidang apa saja. Baik itu bidang akademik maupun non akademik. Kompetensi perlu dicantumkan agar pihakĀ  penyelenggara beasiswa dapat mengetahui apa saja hobi dan kemampuan yang kamu miliki. Kamu gak boleh asal-asalan dalam mencantumkan kemampuan yang kamu miliki karena pihak penyelenggara akan mengetest kemampuanmu berdasarkan apa yang kamu cantumkan.

Cari sekolah / perguruan tinggi di Edumor.com!

 

7. Relevansi

Sumber: http://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/karier/wajib-cek-contoh-contoh-curriculum-vitae-keren-yang-bisa-kamu-contek

 

 

Sebelum membuat CV, terlebih dahulu kamu harus menentukan konsep apa yang ingin kamu buat dalam pembuatan CV. Konsep yang dibuat harus berdasarkan beasiswa yang ingin kamu ikuti. Jadi, konsep CV dengan beasiswa harus saling berhubungan satu sama lain, gak boleh jauh-jauh. Kalau konsep CV yang kamu buat itu berbeda dengan beasiswa yang kamu ambil maka hasilnya tidak akan relevan atau tidak nyambung sama sekali.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “CV Beasiswa? Ini Dia 7 Tips Membuat CV Untuk Aplikasi Beasiswa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *