Baca disini 5 Tips Lulus SBMPTN!

Memutuskan untuk mengikuti SBMPTN udah ada persiapan belum nih? Kira-kira persiapan yang sudah kamu lakukan sudah sejauh mana? Ujian masuk perguruan tinggi negeri terbilang rumit dibandingkan ujian masuk perguruan tinggi swasta. Kalau mau lulus harus ada persiapan yang ketat dan matang. Supaya kamu bisa lulus SBMPTN, aku kasih tipsnya buat kamu. Mudah kok nih tipsnya. Berikut tips lulus SBMPTN:

 

1. Rajin belajar dengan mengerjakan soal latihan

Sumber: https://www.zenius.net/blog/11014/strategi-taktik-jawab-soal-ujian-efektif

 

 

Mau lulus harus belajar dong. Gak ada yang menjadikan keberhasilanmu tanpa sebuah usaha. Jika kamu mau lulus, ya kamu harus benar-benar berusaha semaksimal mungkin. Gak mungkin tanpa berusaha bisa berhasil. Dengan itu, berusahalah semaksimal mungkin dengan rajin mengerjakan soal-soal mata pelajaran yang akan diujikan dalam ujian SBMPTN. Kamu bisa mempelajarinya dengan mengerjakan kembali soal-soal try out, soal UAS, soal-soal SBMPTN, kisi-kisi soal try out, UAS, dan UN. Bukan cuma lewat soal latihan dari buku atau dari foto copyan tapi bisa lewat bedah soal-soal yang ada di internet.

 

2. Jangan abaikan soal ujian SBMPTN

Sumber: http://mediamadura.com/siswa-temukan-soal-try-out-amburadul/

 

 

Saat menghadapi ujian SBMPTN, kamu akan dihadapkan pada soal yang hampir mirip dengan UN. Cara menilainya juga berbeda. Sebagai informasi, penilaiannya berdasarkan point-point tiap nomornya. Contoh penilaiannya; setiap nomor dengan jawaban benar akan diberi point 5, setiap nomor dengan jawaban yang salah akan diberi point -1, dan setiap nomor dengan jawaban yang tidak diisi akan diberi point 0. Maka dari itu kamu gak boleh mengabaikan soal yang diberikan. Jawab terlebih dahulu soal yang menurut kamu mudah dan kamu tahu betul jawabannya, baru kemudian jawab soal yang susah. Bocorannya nih, kalau kamu udah mentok gak bisa jawab soal yang susah mendingan dikosongin aja daripada jawabannya ngasal dan salah. Perbanyak jawaban yang benar daripada jawaban yang salah dan kosong.

Baca juga: Kamu Anak Kostan? Coba 7 Tips Berhemat Ini!

 

3. Terapkan kedisiplinan belajar

Sumber: http://faatjourney.blogspot.co.id/2013/11/curhatan-penulis-buruknya-kedisiplinan.html

 

 

Biar belajar sukses terapkan kedisiplianan belajarmu secara teratur. Tanamkanlah kedisiplinan belajar di dalam dirimu! Pastikan dalam sehari ada saja kegiatan belajar yang kamu lakukan. Entah itu pagi hari, siang, sore, ataupun malam hari. Supaya kamu bisa disiplin belajar, atur waktu belajar dalam sehari misalnya 1-2 jam di pagi hari dan di sore hari.  Pada saat hari libur, kamu bisa melakukan review materi pembelajaran yang telah kamu pelajari selama seminggu. Semakin dijalani dan terapkan akan semakin terbiasa kok.

 

4. Ikut bimbingan belajar SBMPTN

Sumber: http://kanalsatu.com/id/post/25217/edulab_fokuskan_siswa_masuk_sbmptn

 

 

Untuk kamu yang tipenya susah belajar sendiri atau belajar kelompok, mendingan ikut bimbingan belajar SBMPTN. Bimbingan belajar SBMPTN ada yang online dan offline. Kamu bisa milih mau ikut bimbingan yang mana. Bimbingan yang benar adalah bimbingan yang memang bisa membantu kamu belajar SBMPTN dan yang paling nomor satu harus bagus dan berkualitas. Jangan pilih bimbingan belajar SBMPTN yang abal-abal ya!

Cari sekolah / perguruan tinggi di Edumor.com!

 

5. Persiapkan mental dan fisik yang baik

Sumber: http://solusisupersukses.com/tips-mudah-menjaga-kesehatan-mental/

 

 

Mengikuti ujian SBMPTN harus memiliki mental dan jasmani yang baik. Perlu diketahui bahwa mental dan fisik yang baik berpengaruh bagi kelulusanmu. Sebelum menghadapi ujian atau saat ujian, kamu harus mempunyai mental dan fisik yang baik agar kamu tidak terganggu. Janganlah memiliki beban pikiran dan merasa tertekan. Kemudian kesehatanmu juga harus terjaga agar bisa lancar mengerjakan soal-soal ujian SBMPTN. Sebelum hari H, rajin-rajinlah untuk berolahraga, makan makanan yang bergizi, minum vitamin, dan kalau ada masalah cepat diselesaikan jangan sampai berkelanjutan.

Selamat mencoba tips-tips ini ya! Semoga berhasil guys!

Baca juga

Share this!