Kamu Anak Kostan? Coba 7 Tips Berhemat Ini!

Berada jauh dengan keluarga atau orangtua mau gak mau-mau, suka gak suka harus kamu lewati sendiri tanpa mereka. Kehidupanmu menjadi lebih berbeda dibandingkan waktu kamu tinggal bersama keluarga atau orangtuamu. Tanpa disadari, memang yang namanya hidup jauh dari keluarga atau orangtua banyak resiko dan tantangan yang harus kamu hadapi mulai dari hidup mandiri sampai belajar bertanggungjawab. Terkadang ketika kamu hidup ngekost, pengeluaranmu tidak bisa terjaga alias boros karena banyak pengeluaran-pengeluaran yang harus kamu keluarkan dalam sebulan. Untuk membuat kantongmu gak jebol aku punya tips-tips berhemat bagi kamu anak kostan. Berikut ini adalah tipsnya:

 

1. Jangan kebanyakan jajan atau makan di luar, cobalah masak sendiri

Sumber: http://lintas-copas.blogspot.co.id/2011_03_01_archive.html

 

 

Menjadi anak kostan sudah dipastikan sering jajan atau nyari makanan di luar karena males masak atau gak punya waktu untuk memasak. Agar berhemat, sebaiknya kamu jangan kebanyakan jajan atau makan di luar. Mendingan masak sendiri aja gimana? Jangan mikir ribetnya. Kamu bisa memasak makanan sendiri dengan menggunakan bahan makanan yang gak memerlukan banyak biaya dan mudah dimasak. Memasaklah makanan yang sederhana tapi mudah untuk kamu buat. Biaya untuk membuat masakan sendiri jauh lebih murah daripada kamu jajan atau makan di luaran. Makan di luaran belum tentu bersih dan menyehatkan loh.

 

2. Buat daftar biaya pengeluaran

Sumber: http://numpang-cerita.blogspot.co.id/2013/01/tips-hemat-ala-anak-kos.html

 

 

Supaya keuanganmu lebih hemat, kamu perlu mengatur keuangannya. Aturlah keuangan dengan membuat sebuah daftar biaya pengeluaran. Di dalam daftar biaya , tulis pengeluaran apa saja yang akan kamu keluarkan setiap bulannya, baik itu kebutuhan pribadi maupun kebutuhan non pribadi. Masukan juga perkiraan berapa banyak biaya pengeluaran yang akan kamu keluarkan dalam sebulan. Misalnya kamu memperkirakan dalam sebulan mengeluarkan biaya Rp 3.000.000,00, berarti biaya yang kamu keluarkan itu gak boleh lebih dari perkiraan yang kamu buat tersebut. Supaya kamu gak kebablasan mengeluarkan uang, lebih baik tempel daftar pengeluaran yang telah dibuat di pintu atau gak di tempat-tempat yang mudah terlihat supaya kamu bisa lihat biaya-biaya apa saja yang harus di keluarkan dalam sebulan.

 

3. Kalau pergi mendingan naik angkot, busway, atau kereta

Sumber: https://regaruu.wordpress.com/2015/02/18/naik-angkot-mahal-kata-siapa/

 

 

Kamu anak kostan pasti suka berkeluyuran sama temen-temen entah kemana, ya kan? Ketika kamu memutuskan untuk pergi bersama teman-temanmu maupun pergi sendiri lebih baik naik angkot/ busway/kereta karena biayanya murah meriah. Kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Bisa juga bawa kendaraan sendiri kalau ada, nebeng temen/gebetan/pacar gitu biar gak usah ngeluarin biaya, ini trik bukan modus loh ya!

 

4. Ngekost bareng temen

Sumber: https://chachatroublemaker.wordpress.com/2015/01/27/ngubek-ngubek-nasib-anak-kost/

 

 

Ngekost yang paling enak itu ya apalagi kalau bukan ngekost bareng temen. Biaya yang dikeluarkan juga lebih hematlah pokoknya. Pengeluaran untuk kebutuhan ngekost terbagi-bagi karena kamu hidup bersama dengan temen dalam satu atap yang sama. Daripada ngekost sendiri, semua biaya yang nangung kan kamu doang.

Baca juga: 6 Faktor Penentu Kelulusan SNMPTN

 

5. Cari uang tambahan

Sumber: http://sb1m.asia/cara-mudah-cari-uang-tambahan-dalam-waktu-singkat/

 

 

Saat ngekost ada kalanya uang yang orangtuamu kasih akan semakin menipis karena uang yang diberikan orangtuamu itu belum tentu bisa memenuhi semua kebutuhan ngkostmu. Untuk berjaga-jaga agar kamu masih punya uang simpenan buat pengeluaran dadakan, lebih baik cari uang tambahan yang bisa buat pegangan kamu selama satu bulan tersebut. Apapun itu pekerjaannya yang penting halal dan ada pemasukan lebih untuk biaya hidupmu selama ngekost. Lagian orangtuamu belum tentu dalam sebulannya bisa mengirimkan kamu uang kan? Maka itu, berhati-hati dan berjaga-jagalah!

 

6. Ngerjain tugas di kampus atau di rumah temen

Sumber: https://rinaldimunir.wordpress.com/2010/11/04/komputer-desktop-pc-di-lab-bakal-tinggal-kenangan/

 

 

Kalau ada tugas mendingan ngerjain di kampus aja ya! Gak perlu ngerjain di warnet dan di cafe. Ngerjain tugas di kampus jauh lebih hemat. Gak perlu ngeluarin banyak uang kok. Di kampus palingan cuma beli cemilan ringan sama minuman yang harganya lebih murah. Kalau dihitung-hitung modal untuk ngerjain tugas di luar bisa mencapai Rp 50.000,00 bahkan lebih, di kampus kamu gak bakal ngeluarin duit sampai segitu banyaknya. Di rumah temen juga bisa kok. Malahan kalau di rumah temen kamu disediakan makanan dan minuman sama orangtuanya. Jadi, gak perlu lagi ngeluarin duit.

Cari sekolah / perguruan tinggi di Edumor.com!

 

7. Kalau ngumpul di cafe atau restoran sama temen minta bayarnya patungan aja

Sumber: http://www.hipwee.com/daripembaca/kebohongan-kebohongan-mainstream-yang-hampir-tiap-hari-kamu-lontarkan/

 

 

Menjadi anak kostan harus bisa dan mau perhitungan sama diri sendiri dan sama temen. Nah, ketika kamu diajakan temen-temenmu untuk ngumpul di cafe atau restoran, buat komitmen sama mereka untuk bayar patungan. Soalnya makan di cafe atau restoran biayanya kan mahal. Jika pada gak mau patungan, suruh temen kamu yang ngajak ngumpul untuk membayar tagihannya. Bukan jahat loh ya, demi kebagian kamu biar hemat.

Ingat, hemat pangkal kaya. Maka itu berhematlah!

Baca juga

Share this!

One thought on “Kamu Anak Kostan? Coba 7 Tips Berhemat Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *