6 Faktor Penentu Kelulusan SNMPTN

kamu mau ikut SNMPTN ya? Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menjadikan kamu lolos SNMPTN. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan SNMPTN:

 

1. Jurusan perkuliahan yang dipilih harus sesuai dengan jurusan waktu SMA / SMK

Sumber: http://muhfachrizal.blogspot.co.id/2012/02/tips-memilih-jurusan-ipa-atau-ips-di.html

 

 

Ketika kamu mengisi form pendaftaran SNMPTN, kamu diharuskan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan jurusanmu waktu SMA / SMK. Gak boleh memilih jurusan yang berbeda dengan jurusan waktu SMA / SMK karena dianggap tidak konsisten dan gak ada sangkut pautnya sama jurusan yang kamu pelajari di SMA / SMK. Bagi kamu anak IPA, mengambil jurusan apapun di perguruan tinggi emang bisa sih tapi kalau ikut jalur SNMPTN tetaplah harus memilih jurusan yang berhubungan dengan IPA.

 

2. Prestasi akademik maupun non akademik

Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2015/12/17/lagi-mahasiswa-umi-catat-rekor-juara-1-debat-mahasiswa-tingkat-nasional

 

 

Prestasi juga akan dilihat loh untuk menentukan kelulusanmu. Jadi, pastikan ketika kamu memutuskan untuk mengikuti SNMPTN kamu harus memiliki berbagai prestasi. Prestasi tidak hanya dalam bidang akademik tapi juga non akademik. Semakin banyak prestasi yang kamu miliki semakin besar pula peluang kamu untuk lulus SNMPTN. Maka itu, perbanyaklah prestasimu.

 

3. Banyaknya alumni yang diterima di perguruan tinggi SNMPTN

Sumber: http://sman2-ciamis.sch.id/

 

 

Saat menyeleksi kelulusan SNMPTN banyaknya alumni di sekolahmu yang diterima di perguruan tinggi SNMPTN yang kamu pilih juga dilihat loh. Kalau banyak, kemungkinan besar kamu bisa lulus SNMPTN. Sesuai pengalaman teman aku yang pernah mengikuti SNMPTN, salah satu penghalang dan penyebab kegagalan SNMPTN adalah jumlah alumni yang berada di perguruan tinggi SNMPTN yang terlalu sedikit. Maka itu, saat memutuskan untuk mengikuti SNMPTN, ketahui terlebih dahulu perguruan tinggi negeri mana yang banyak alumni sekolahmu.

Baca juga: Punya Kebiasaan Saat Sekolah? Tinggalkan 5 Kebiasaan Ini Saat Kuliah!

 

4. Nilai Raport kelas 10-12

Sumber: http://yochaaandailylife.blogspot.co.id/2013/06/nilai-raport-dan-cara-kita-belajar.html

 

 

Udah pastilah nilai berpengaruh dalam menentukan kelulusan SNMPTN. Untuk itu kamu harus memiliki nilai yang bagus, kalau perlu nilai yang tinggi dah. Nilai yang bagus atau tinggi dari kelas 10 sampai 12 jangan ada yang menurun. Kamu harus tetap mempertahankannya bahkan lebih ditingkat lagi. Nilai yang meningkat atau menurun pasti ketahuan. Masuk perguruan tinggi negeri tidak semudah yang kamu bayangkan. Banyak kok orang-orang yang nilainya bagus bahkan tinggi gak lolos SNMPTN hanya gara-gara ada nilai yang menurun.

 

5. Akreditasi sekolah

Sumber: http://www.gurugaleri.com/2015/09/perangkat-akreditasi-sekolah-lengkap-sd.html

 

 

Walaupun kamu memiliki nilai raport yang bagus, banyak prestasi, dan banyak alumni sekolahmu yang berada di perguruan tinggi yang kamu daftarkan SNMPTN kalau akreditasi sekolah kamu gak bagus sama aja kamu juga gak akan bisa lolos SNMPTN. Akreditasi berpengaruh karena akreditasi berhubungan dengan nilai akademik sekolahmu. Akreditasi yang bagus berarti sekolahmu bagus dan berkualitas dan pihak menyelanggara menganggap bahwa sekolah dengan akreditasi yang bagus menghasilkan siswa yang berkualitas dan sekolah tersebut termasuk sekolah yang berkualitas.

Cari sekolah / perguruan tinggi di Edumor.com!

 

6. Urutan jurusan saat pendaftaran SNMPTN

Sumber: http://www.almetpedia.web.id/2016/02/strategi-cara-memilih-jurusan-kuliah.html

 

 

Dibagian formulir pendaftaran, kamu diharuskan mengisi urutan jurusan yang kamu minati. Mengisi urutan jurusannya gak boleh salah loh. Itu berpengaruh untuk kelulusanmu. Dalam mengisi urutan jurusan kamu harus mengisinya dimulai dari jurusan yang paling kamu minati, kedua jurusan yang tidak terlalu kamu minati, dan terakhir jurusan yang paling tidak kamu minati. Jangan sampai kebalik ya!

 

Baca juga

Share this!