Nilai Ujian atau Pelajaranmu Jelek? Jangan Lakukan 6 Kebiasaan Belajar Ini!

Ternyata tanpa disadari, kebiasaan belajar sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran yang selama ini dilakukan. Tahukah kamu bahwa kebiasaan belajar yang salah bisa menjadikan kamu gagal dalam pembelajaran sehingga hasilnya pun jelek? Apakah kamu mau mendapatkan nilai jelek? Gak mau kan? Ini kebiasaan-kebiasaan belajar yang dapat membuat nilai ujian atau pelajaranmu jelek:

 

1. Belajar sambil tiduran

Sumber: https://students.telkomuniversity.ac.id/6-hal-yang-harus-kamu-hindari-sebelum-menghadapi-uts/belajar-sambil-tiduran/

 

 

Awas dan ingatlah! Posisi belajar sangat berpengaruh pada keberhasilan belajarmu. Terkadang banyak orang yang malas belajar sambil duduk melainkan lebih memilih belajar sambil tiduran. Perlu diketahui bahwa, belajar sambil tiduran tidak akan efektif. Mengapa? Karena belajar sambil tiduran dapat menjadikan kamu susah untuk cepat menghafal dan memahami materi pembelajaran yang kamu baca akibat posisi yang tidak nyaman tersebut. Sebagai saran, sebaiknya kamu belajar sambil duduk atau sambil berdiri. Belajar sambil duduk atau berdiri lebih menjamin kamu untuk cepat menghafal dan memahami materi pembelajaran yang kamu baca. Akan tetapi, posisi belajar dengan cara berdirilah yang paling efektif.

 

2. Sistem Kebut Semalam atau SKS

Sumber: https://health.detik.com/read/2012/08/24/183104/1998503/1301/belajar-gaya-sistem-kebut-semalam-tak-sebanding-dengan-hasilnya

 

 

Kebiasaan buruk inilah yang paling tidak baik untuk dilakukan jika kamu ingin mendapatkan nilai bagus saat ujian. Faktanya, belajar SKS emang bisa bikin kamu cepat menghafal dan memahami materi pembelajaran yang kamu baca sih. Akan tetapi, untuk keesokan harinya otomatis kamu akan lupa semua materi pembelajaran yang sudah kamu hafalkan dan pahami. Hal ini terjadi karena belajar secara SKS hanya membutuhkan waktu yang singkat dan kamu memaksakan otakmu untuk cepat menghafal dan memahami materi pembelajaran. Otak yang terlalu dipaksakan bisa membuat otakmu menjadi kaget dan pikiranmu gak karu-karuan.

 

3. Multitasking

Sumber: http://papasemar.com/9-tipe-dan-metode-belajar-unik-tapi-nyata-ini-yang-biasa-mahasiswa-lakukan-dalam-belajar/

 

 

Jarang ada orang yang bisa melakukan aktivitas multitasking atau melakukan dua aktivitas sekaligus. Tapi, ketika belajar bisa dong. Saat belajar ya belajarlah jangan melakukan aktivitas multitasking! Belajar sambil mutitasking juga termasuk hal yang dilarang. Belajarmu akan sangat terganggu sehingga kamu gak bisa konsentrasi dan lebih fokus sama hal kedua yang kamu lakukan. Belajar dengan multitasking itu misalnya; belajar sambil main hp, belajar sambil makan, belajar sambil nonton tv, dan belajar sambil ngobrol. Kalau udah tahu kayak gitu mengganggu kamu, ya jangan dilakukanlah!

Baca juga: Kesulitan Menghafal Pelajaran? Simak 6 Solusi Ini!

 

4. Ganti-ganti tipe atau gaya belajar

Sumber: http://blog.unnes.ac.id/syakirohf/2016/05/13/gaya-belajar/

 

 

Kamu pastinya punya gaya belajar kan? Yaps, setiap orang pasti punya gaya belajar yang berbeda-beda antara visual, kinestetik, auditori, sosial, verbal, dll. Di saat belajar, kamu pun pernah atau sering mencoba mengganti gaya belajar. Untuk hasil yang lebih maksimal hindarilah belajar dengan ganti-ganti gaya belajar. Ganti-ganti gaya belajar bisa membuat kamu kurang memahami materi pembelajaran.

 

5. Belajar pasif

Sumber: http://segoro-ombo.blogspot.co.id/2011/04/manfaat-membaca.html

 

 

Belajar secara aktif dapat memudahkan otakmu untuk memahami pelajaran yang kamu pelajari. Janganlah untuk melakukan belajar pasif! Belajar pasif yang dimaksud disini adalah belajar hanya dengan membaca dan menghafal. Belajar hanya dengan membaca dan menghafal sama aja gak bakal bikin kamu memahami pembelajaran. Belajar yang benar adalah belajar yang aktif. Aktif dalam arti belajar sambil menulis, belajar sambil membuat ringkasan, dan belajar sambil menjelaskan ke orang-orang tentang apa yang sudah kamu pelajari .

Cari sekolah / Cari perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Mengabaikan waktu belajar

Sumber: http://www.hipwee.com/list/kamu-pekerja-shift-malam-7-hal-ini-penting-diperhatikan-agar-kesehatan-tetap-terjaga/

 

 

Waktu merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan. Terkadang disaat kamu mempunyai banyak waktu untuk belajar malahan kamu mengabaikannya dengan lebih memanfaatkan waktu untuk melakukan aktivitas yang gak penting. Ya gak? Waktu kamu untuk belajar malah ditunda-tunda terus. Kalau menunda terus, kapan belajarnya?

Awas dan jangan melakukan kebiasaan-kebiasaan ini ya!

Baca juga

Share this!

One thought on “Nilai Ujian atau Pelajaranmu Jelek? Jangan Lakukan 6 Kebiasaan Belajar Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *