Kesulitan Menghafal Pelajaran? Simak 6 Solusi Ini!

Menghafal pelajaran sekolah ataupun kuliah emang gak semudah yang dilakukan. Tipe-tipe orang dalam menghafal pelajaran ada yang mudah menghafal bahkan ada juga yang kesulitan menghafal pelajaran. Termasuk yang manakah kamu? Khusus kamu yang kesusahan menghafal pelajaran ada nih tips untuk mempermudah kamu dalam menghafal pelajaran. Ini tipsnya!

 

1. Rekam suara pakai Hp

Sumber: http://www.tabloidmusik.com/2015/12/10-aplikasi-terbaik-perekam-suara-untuk.html

 

 

Tips pertama yang bisa kamu coba yaitu merekam suaramu menggunakan hp. Cara ini gak pernah kamu pikirkan bukan? Untuk melakukannya kamu tinggal membaca bacaan yang ada dibuku sambil direkam menggunakan hp. Setelah itu, kamu dengarkan hasil rekamanmu sambil dihafalkan. Lakukanlah secara berkala atau terus-menurus. Tanpa disadari, apa yang kamu dengarkan akan cepat kamu ingat.

 

2. Tanya jawab sama teman

Sumber: http://blog.ruangguru.com/5-trik-belajar-bareng-si-dia/

 

 

Supaya lebih pasti apakah yang kamu hafalkan lewat mendengar suara yang kamu rekam itu benar-benar berhasil dihafalkan, kamu bisa minta tolong temanmu untuk melakukan proses tanya jawab. Kalau ternyata kamu lupa lagi, dengarkan lagi suara rekamanmu sambil dihafalkan kembali atau baca kembali buku yang kamu gunakan. Setelah itu, minta temanmu lagi untuk tanya jawab. Jikalau berhasil, gantian kamu yang menanyakan temanmu. Saling tanya jawab bisa membantu kamu untuk mengingat apa yang telah kamu hafal. Diam-diam cara ini bisa dijadikan bahan modus kalau temanmu itu adalah lawan jenismu loh. Lumayanlah bisa buat PDKT!

 

3. Buat ringkasan dengan Mind Map

Sumber: http://thaliaariyaputri.blogspot.co.id/2013/03/rangkuman-bergambar-2-d.html

 

 

kamu coba ringkas materi pembelajaran dengan menggunakan Mind Map atau peta pemikiran. Ringkaslah rangkaian yang terhubung di dalam materi pembelajaran. Buat berupa poin-point penting yang mudah dihafal dan dimengerti. Point-point yang dibuat juga harus diringkas sesingkat-singkatnya, gak perlu panjang-panjang karena isi dari rangkaian mid map udah pasti singkat.

Baca juga: 7 Kegiatan Menghilangkan Bosan di Sekolah atau di Kampus

 

4. Menghafal sambil berdiri

Sumber: https://cakshon.com/2013/08/15/berjalan-pun-sambil-membaca-buku/

 

 

Daripada bosen menghafal sambil duduk diem mendingan menghafal sambil berdiri aja. Berdasarkan peneliti di Texas A&M Health Science Center School of Public Health yang menyatakan bahwa belajar sambil berdiri dapat membantu meningkatkan konsentrasi belajar sehingga pelajaran lebih cepat masuk ke otak. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan beberapa anak yang belajar sambil berdiri dengan anak yang belajar sambil duduk. Hal hasil, anak yang belajarnya sambil berdiri lebih konsentrasi belajar dibandingkan dengan anak yang belajarnya sambil duduk.

 

5. Menggunakan teknik Mnemonic

Sumber: http://shujinkouron.blogspot.co.id/2015/02/mnemonik-teknik-bantu-mengingat.html

 

 

Ada yang tahu apa itu teknik Mnemonic? Teknik Mnemonic merupakan sebuah teknik pembelajaran dimana kamu menghubungkan suatu kata-kata, ide, dan khayalan yang ada dipikiranmu. Teknik Mnemonic juga berupa rumusan atau ungkapan yang ada dalam materi pembelajaran. Rumusan atau ungkapan yang diambil merupakan sesuatu yang khas yang pasti kamu ingat bahkan kamu tahu.

Cari sekolah / Cari perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Menggunakan teknik bercerita

Sumber: http://id.wikihow.com/Menghafal-Puisi-dengan-Cepat

 

 

Kalau teknik Mnemonic susah juga untuk dilakukan, kamu bisa menggunakan teknik bercerita. Jadi, baca dulu materi pembelajaran yang kamu pelajari sambil dimengerti. Kalau udah mengerti, jelaskan apa yang tadi kamu pelajari seperti orang yang sedang bercerita. Lakukan dihadap orang-orang atau bisa juga di depan kaca. Dipastikan dengan cara demikian, kamu akan hafal dan semakin hafal.

 

Baca juga

Share this!