8 Hal Penting yang Harus Dilakukan Oleh Mahasiswa

Kamu mahasiswa kan? Ternyata dalam kehidupan perkuliahan, ada loh hal penting yang harus kamu lakukan selama kamu menempuh pendidikan di perguruan tinggi agar kehidupanmu gak sia-sia dan jadi lebih baik lagi. Simak hal-hal penting yang harus kamu lakukan!

 

1.Rajin belajar dan mengerjakan tugas

Sumber: http://ide2gue.com/top-10-kesalahan-yang-dilakukan-semasa-sekolah/

 

 

Semua orang apalagi kamu sudah tahulah kalau rajin belajar merupakan hal yang nomor satu karena rajin belajar adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Sebagai mahasiswa, belajar itu gak cuman dilakukan kalau ada ujian dong, tapi di saat gak ada ujian kamu juga harus tetap belajar. Kalau tiba-tiba ada ujian mendadak atau kuis mendadak, gimana hayo? Untuk menghindari nilai jelek saat ujian atau kuis, tentunya kamu harus rajin belajar agar jika suatu saat ada ujian atau kuis mendadak kamu bisa mengerjakannya dan mendapatkan nilai bagus. Belajar secara praktek juga harus kamu terapkan. Jangan lupa juga untuk rajin mengerjakan tugas ya! Dosen memberikan tugas bukan untuk menyiksa atau membunuhmu tapi untuk melatih kemampuanmu terhadap pelajaran yang diberikan.

 

2. Mandiri

Sumber: http://majalahembun.com/category/14-menu-utama/page/7/

 

 

Sudah mahasiswa berarti sudah harus mandiri. Kamu harus bisa menjadi mahasiswa yang serba mandiri gak boleh manja lagi. Malu tahu sama temen-temenmu. Kalau waktu sekolah dulu manja masih boleh lah, tapi ini udah kuliah jangan manja lagi deh. Biasakan dirimu untuk hidup mandiri, jangan tergantung orang melulu. Belajarlah untuk hidup mandiri mulai dari sekarang. Biasakan apa yang kamu lakukan itu berdasarkan kesadaran diri sendiri. Jangan apa-apa harus disuruh orang dulu baru kamu melaksanakannya. Biasakan juga  untuk peka terhadap segala sesuatu, baik itu peka terhadap diri sendiri maupun peka terhadap lingkungan sekitarmu.

 

3. Cari pekerjaan biar gak tergantung lagi sama orangtua

Sumber: http://karelanderson.blogdetik.com/2010/03/21/siapa-bilang-cari-kerja-susah/

 

 

Masa-masa paling menyenangkan saat kuliah yaitu kuliah sambil bekerja. Seru tahu kalau kuliah sambil kerja. Kamu punya aktivitas di luar kampus yang bisa menghasilkan uang. Selama ini kamu dibiayai orangtua kan?  Udah gak zaman ahhh minta uang sama orangtua. Mendingan kamu cari pekerjaan untuk membiayai hidupmu. Kamu jadi bebas menggunakan uang tersebut sesuka hatimu. Pasti ada kok perusahaan yang mau menerima kamu walaupun kamu masih kuliah dan belum punya ijazah asalkan kamu mempunyai suatu keterampilan yang bisa ditonjol. Gak cuman bekerja di perusahaan tapi kamu juga bisa buka usaha kecil-kecilan ataupun bekerja sebagai freelance. Yang penting ada penghasilan yang masuk ke kantongmu dan kamu gak minta uang lagi ke orangtua.

 

4. Belajar masak kalau kamu ngekost

Sumber: http://masakanpraktis.com/tips-membuat-masakan-rumahan-ala-resto/

 

 

Untuk kamu mahasiswa yang tinggal jauh dari orangtua alias tinggal ngekost, kamu pasti sering jajan atau makan diluar kan? Sebaiknya hindarilah jajan atau makan di luar, karena apa yang kamu makan dan minum itu belum tentu bersih dan sehat loh walaupun kamu makan di restoran sekalipun. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat jajan atau makan di luar, mendingan masak sendiri. Masak sendiri jauh lebih bersih dan menyehatkan daripada jajan atau makan di luar. Masaklah makanan sederhana yang mudah dibuat oleh anak kost dan tentunya bersih dan menyehatkan. Kalau kamu gak bisa masak, belajar masak sendiri. Kamu bisa baca buku resep masakan atau belajar dari video tutorial memasak dari youtube.

Baca juga: Yakin Kamu Pinter? Coba dulu 8 kebiasaan ini!

 

5. Ikuti program pertukaran pelajar, beasiswa, dan magang

Sumber: https://yogaslavianarmy.wordpress.com/category/announcement/page/5/

 

 

Program pertukaran pelajar dan beasiswa pasti akan menghampiri kamu. Kamu harus mengikuti program tersebut selagi ada kesempatan, jangan menunda-menunda lagi karena kesempatan hanya datang sekali. Kalau kamu pengen ikut program pertukaran pelajaran dan beasiswa kamu bisa mencari program tersebut di internet. Jika kamu berhasil menemukannya dan cocok untukmu, daftarkan segera dirimu. Ikut program pertukaran pelajar dan beasiswa itu keren loh. Selain program pertukaran pelajar dan beasiswa yang harus kamu ikuti, kamu bisa mengikuti magang di kampus atau di perusahaan-perusahaan. Magang bisa dijadikan sebagai pengalaman bekerja dan sebagai ajang bagi kamu untuk melamar pekerjaan di tempat kamu magang.

 

6. Sering-sering bertanya kepada dosen, teman sekelas, ataupun kakak kelas

Sumber: https://www.duniadosen.com/jangan-ngaku-mahasiswa-kalo-belum-ngerti-tipe-tipe-dosen-kayak-gini/

 

 

Bertanya sampai selamanya itu penting dan harus dilakukan suka tidak suka, mau gak mau. Tanpa bertanya kamu gak akan tahu apa yang seharusnya kamu ketahui. Gak perlu malu lah kalau mau bertanya. Gak akan ada yang marahin kamu juga kok. Malahan perbanyak bertanya itu bagus, bagus untuk pengetahuan dan wawasanmu. Bertanya gak harus kamu lakukan saat belajar di kelas, di luar kelas juga bisa. Bertanyalah sama siapapun, entah itu sama dosen, teman sekelas, ataupun sama kakak kelas juga bisa.

 

7. Ikut UKM maupun organisasi yang diadakan di kampusmu

Sumber: https://m.kaskus.co.id/thread/5457187492523361428b457b/mahasiswa-baru-hal-hal-yang-harus-diperhatikan/

 

 

Melatih hard skill dan soft skill bisa kamu lakukan di dalam kegiatan UKM maupun organisasi. Ikutilah UKM maupun organisasi yang diadakan oleh kampusmu. Bermanfaat loh buat kehidupanmu. Relasi terjalin, banyak pengalaman yang kamu dapatkan, kemampuan yang kamu miliki semakin meningkat, munculnya jiwa kepemimpinan di dalam dirimu, dll. Itulah manfaat yang akan kamu rasakan dan dapatkan jika kamu mengikuti UKM maupun organisasi di kampus. Mengikuti UKM maupun organisasi menjadikan kamu mahasiswa yang aktif bukan mahasiswa kupu-kupu alias kuliah doang kemudian pulang gak dapet apa-apa. Soalnya yang dibutuhkan mahasiswa gak cuman pendidikan akademik tetapi juga pendidikan non akademik.

Cari sekolah / Cari perguruan tinggi di edumor.com!

 

8. Mereview kembali apa yang telah kamu pelajari

Sumber: http://liatsini.com/index.php/user/view_article/250?name=Ini-Pentingnya-Magang-Untuk-Kamu-yang-Masih-Mahasiswa.html

 

 

Sehabis pulang kuliah, janganlah lupa untuk selalu mereview apa yang telah kamu pelajari tadi. Pelajari ulang supaya yang kamu pelajari tadi tidak cepat lupa, cepat dipahami, dan dimengerti. Buat catatan kecil khusus mereview pembelajar yang akan kamu ulang. Kamu juga bisa mempraktekkan pembelajaran yang kamu pelajari di kampus. Di saat sedang mereview, fokuskan dan berkonsentrasilah pada apa yang sedang kamu pelajari ulang agar bisa cepat dimengerti dan di pahami. Jauhkan hal-hal yang membuat kamu merasa tidak fokus dan tidak berkonsentrasi, apapun itu. Mereview bisa kamu lakukan gak cuman di rumah tetapi bisa di kampus bersama teman-temanmu sehabis kelas atau di tempat lain ya!

Lakukanlah semuanya demi kehidupan yang lebih baik lagi dan jangan lupa dilakukan dengan penuh usaha dan bersyukur!

 

Baca juga

Share this!