Yakin Kamu Pinter? Coba dulu 8 kebiasaan ini!

Kebiasaanmu selama ini lebih banyak kebiasaan baik atau kebiasaan jelek nih? 😛 Pengen jadi lebih pinter? Mulai dulu dengan kebiasaan baik! Sudah terbukti loh kalau kamu melakukan kebiasaan baik bisa bikin kamu lebih pinter. Berikut hal-hal baik yang bisa bikin kamu lebih pinter:

 

1. Membaca

Sumber: http://www.membacacepat.com/daftar/

 

 

Tentu saja membaca itu merupakan kebiasaan baik yang bisa menjadikan kamu pintar. Dengan membaca pengetahuanmu semakin bertambah karena ada banyak informasi yang kamu dapatkan dan masuk ke dalam otakmu. Membaca yang dimaksud disini adalah membaca sesuatu yang bermanfaat loh bukan membaca sesuatu yang gak bermanfaat. Membaca itu harus bisa menjadi sebuah budaya atau kebiasaan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gak cuman remaja, orang dewasa, atau orangtua yang harus memiliki budaya membaca tetapi anak-anak juga harus diterapkan budaya membaca sejak dini.

 

2. Bergaul dengan orang pintar (bukan dukun loh ya)

Sumber: http://infoperempuan.com/wp-content/uploads/2013/01/?SD

 

 

Pergaulan yang bisa bikin kamu pintar itu adalah bergaul dengan orang-orang yang pintar. Kalau kamu bergaul dengan orang pintar kamu akan termotivasi untuk sama seperti orang tersebut dan kamu pasti mencontoh prilaku-prilaku yang biasanya dilakukan oleh orang-orang pintar. Dari orang-orang pintar itulah kamu mendapatkan banyak ilmu pengetahuan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kalau kamu bergaul dengan teman yang pintar di sekolah atau di kampus, kamu bisa mengajak mereka belajar bareng bahkan ngerjain tugas bareng. Bermanfaat banget kan kalau kamu bergaul dengan orang pintar.

 

3. Menjelaskan suatu hal yang telah atau pernah dipelajari ke orang-orang

Sumber: http://www.hipwee.com/tips/dear-para-introvert-10-cara-ini-bisa-dicoba-supaya-langsung-akrab-dengan-orang-yang-baru-ketemu/

 

 

Secara tidak sadar jika ada orang yang membutuhkan bantuanmu untuk menjelaskan suatu hal dan kamu bisa menjelaskan kepada mereka, itu berarti kamu mempelajari kembali apa yang telah kamu pelajari atau pernah kamu pelajari. Bisa menjelaskan suatu hal itu lumayan susah. Jika kamu bisa menjelaskannya, berarti ingatan dan pemahamanmu sangat kuat karena jarang sekali ada orang yang sedang belajar atau pernah belajar sesuatu masih bisa menjelaskannya. Itu butuh daya ingat yang sangat kuat. Apalagi yang namanya otak dan pikiran bakal cepet lupa. Kalau kamu termasuk orang yang seperti ini berarti kamu termasuk orang yang pintar.

Baca juga: Mau Konsentrasi Belajar dan Mengerjakan Tugas? Gunakan 4 Aplikasi ini!

 

4. Bermain games

Sumber: https://www.understorm.net/bermain-games-dapat-menghilangkan-stress/

 

 

Tidak disangka bermain games bisa membuat kamu pintar loh. Faktanya, menurut para ahli bermain games itu bisa berdampak pada fleksibelitas otak. Ketika kamu sedang bermain games, otomatis otakmu bekerja dan berpikir untuk memecahkan suatu permainan yang kamu mainkan. Otak yang berpikir dan bekerja itulah yang membuat otakmu menjadi fleksibel. Jadi, ada aktivitas yang dilakukan oleh otakmu.

 

5. Berolahraga

Sumber: http://findonews.com/setelah-kamu-lama-tak-olahraga-ini-5-tips-memulai-olahraga-lagi/

 

 

Olahraga dapat membentuk kecerdasan otak. Kegiatan olahraga yang kamu lakukan itu bertujuan untuk meringankan beban pikiran dan meringankan otot-otot yang pegal karena aktivitas yang begitu banyak. Karena otak dan tubuh itu saling berhubungan, maka olahraga dapat membuat otak bekerja dan berjalan dengan baik. Semakin rajin berolahraga, maka otakmu akan semakin cepat menyerap segala sesuatu yang dipikirkan.

 

6. Berdebat dan berdiskusi

Sumber: http://www.konfrontasi.com/content/ragam/mau-menang-saat-berdebat-dengan-pasangan-inilah-kata-kata-ampuhnya

 

 

Berdebat dan berdiskusi atau yang bisa dibilang dengan hal yang berhubungan memecahkan masalah itu membuat otak kita berpikir untuk bagaimana mengungkapkan kata-kata, mengungkapkan perasaan, memcahkan masalah, dll. Saat berdebat, otakmu dituntut untuk berpikir keras agar kamu bisa tahu bagaimana pemecahan masalah yang harus dilakukan dan apa jalan keluarnya. Disitulah otakmu mulai bekerja untuk memikirkan segala sesuatu yang harus diungkapkan dan dipecahkan. Berdebat dan berdiskusilah yang membuat kamu pintar karena banyak hal yang kamu pikirkan dan banyak informasi untuk memecahkan masalah yang masuk ke otakmu.

 

7. Istirahat yang cukup

Sumber: https://wolipop.detik.com/read/2011/11/04/130629/1760268/1133/daripada-gaji-besar-wanita-lebih-suka-bersantai

 

 

Jika istirahat kamu cukup dalam sehari-hari, maka daya ingat dan konsentarsimu akan semakin meningkat. Kamu akan lebih mudah memiliki otak yang pintar. Apapun yang kamu pelajari di sekolah, di kampus, atau di luar lingkungan pendidikan akan semakin mudah dan cepat untuk diserap karena istirahat yang cukup menjadikan otakmu yang tadinya lelah menjadi segar kembali. Konsentrasi dan fokus juga akan kamu dapatkan kalau istirahatmu cukup. Badan sangat berpengaruh pada otak karena tubuh dan otak saling berhubungan satu sama lain.

Cari sekolah / Cari perguruan tinggi di edumor.com!

 

8. Browsing internet

Sumber: http://www.shieldcasework.com/is-finding-inspiration-a-waste-of-time/

 

 

Dalam keseharian kamu pasti browsing internet kan? Ketika kamu pengen kepo-kepo sesuatu yang kamu lakukan gak akan jauh-jauh dari browsing internet kan? Browsing internet itu paling mudah dan paling menyenangkan. Apapun yang kamu cari tahu pasti dan selalu ada di internet. Browsing internet itu juga bisa membuat kamu pintar selain dengan membaca. Browsing internet dan membaca itu sama-sama mendapatkan banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang selama ini tidak kamu ketahui. Ilmu pengetahuan dan wawasanmu semakin bertambang dan berkembang.

 

Baca juga

Share this!