7 Tips Lolos Beasiswa S2 atau S3 LPDP

Ada yang tahu apa itu beasiswa LPDP? Beasiswa LPDP merupakan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Keuangan, dan Agama yang populer di dunia pendidik di Indonesia. Beritanya tahun 2017 ini, LPDP menyediakan beasiswa sebesar 7 trilliun untuk pelajar Indonesia yang berprestasi loh. Beasiswa ini bisa diikuti oleh kamu yang berusia maksimal 35 tahun ya! Tertarik gak kamu untuk mengikuti beasiswa ini? Ada cara mudahnya agar kamu bisa lolos mengikuti beasiswa LPDP. Caranya sebagai berikut:

 

1. Tentukan jurusan dan perguruan tinggi yang ingin kamu ambil

Sumber: http://blog.sukawu.com/memilih-antara-perguruan-tinggi-negeri-ptn-dan-perguruan-tinggi-swasta-pts/7/

 

 

Pertama-tama kamu harus menentukan jurusan apa yang ingin kamu ambil dan perguruan tinggi manakah yang juga ingin kamu ambil. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu bukan ngasal pilih ya. Setelah kamu tahu jurusan apa yang harus kamu pilih, kamu harus memilih perguruan tinggi yang bagus di dalam negeri maupun di luar negeri. Kamu merasa bingung perguruan tinggi manakah yang bagus? Gak perlu khawatir, kamu bisa minta rekomendasi orang-orang di sekitar atau browsing-browsing di internet tentang universitas yang bagus di dalam negeri maupun di luar negeri. Kamu perlu menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang ingin kamu ambil karena itu adalah syarat untuk melengkapi surat pendaftaran dan essai yang kamu buat.

 

2. Punya kemampuan bahasa asing terutama bahasa inggris

Sumber: https://www.merdeka.com/gaya/6-cara-seru-dan-gampang-buat-asah-kemampuan-bahasa-inggris.html

 

 

Bahasa asing itu sangat penting loh. Gak hanya di kehidupan sehari-hari, tapi di dunia pendidikan juga membutuhkan bahasa asing terutama bahasa inggris. Memiliki kemampuan bahasa inggris ini bukan cuman mau dapat beasiswa ke luar negeri tetapi juga beasiswa di dalam negeri. Kemampuan berbahasa inggris  yang bagus dan berkualitas tentunya. Kalau kemampuan bahasa inggrismu masih kurang, kamu bisa meningkatkannya dengan cara ikut les bahasa inggris atau belajar sendiri juga bisa. Sedangkan untuk kamu yang kemampuan bahasa inggrisnya sudah cukup bagus, harus lebih ditingkatkan lagi. Nilai IELTS, TOEFL, TOAFL, ataupun DELF yang dibutuhkan sekitar 500-550.

 

3. Tingkatkan IPK yang kamu miliki

Sumber: http://rizqonsadida.blogspot.co.id/

 

 

Coba kamu liat transkrip nilai kamu, kira-kira IPKnya berapa. Untuk lolos beasiswa LPDP, kamu dituntut untuk memiliki  IPK  minimal 3,00 jika kamu mengambil beasiswa untuk jenjang S2, sedangkan beasiswa jenjang S3 kamu harus memiliki IPK minimal 3,25. Kalau IPKnya gak memenuhi syarat harus gimana nih? Kalau kamu masih punya waktu untuk meningkatkan IPK, ya tingkatkan IPK yang kamu miliki sampai syarat IPK yang ditentukan bisa terpenuhi. Bagi kamu yang udah lulus kuliah tapi IPKnya tidak sesuai dengan syarat, maaf-maaf aja deh dan bagi kamu yang udah lulus kuliah dengan IPK yang memenuhi syarat berarti ini adalah keberuntungan dan keuntungan bagi kamu.

 

4.  Update terhadap berita-berita terkini dan tingkatkan wawasanmu

Sumber: https://dailybloggerpro.blogspot.co.id/2015/10/belajar-supaya-tetap-update-berita.html

 

 

Saat wawancara beasiswa LPDP, kamu akan ditanyakan berbagai berita-berita terkini oleh si pewawancara. Jadi, kamu harus sering update terhadap berita-berita terkini. Kamu perlu mengupdatenya lewat media cetak atau bahkan media elektronik. Selain update terhadap berita-berita terkini, kamu juga harus meningkatkan wawasanmu. Wawasan akan ilmu pengetahuan juga akan dipertanyakan pada saat wawacara dan tes tertulis. Kalau kamu sering update terhadap berita-berita terkini dan juga wawasan ilmu pengetahuan, kamu akan semakin mudah menjawab pertanyaan pada saat wawancara dan tes tertulis.

Baca juga: Tips Melindungi dan Mengatasi Anak dari Tindakan Bullying

 

5. Persiapkan wawancara secara matang

Sumber: http://sekertarisku.com/cari-kerja-tujuh-hal-seleksi-wawancara/

 

 

wawancara harus kah? Yap, kamu harus ikuti tahap wawancara setelah mengajukan beasiswa LPDP. Wawancara memang bikin setiap orang deg-degan dan gugup. Namun, mau dibilang apa tahap ini suka gak suka mau gak mau harus kamu ikuti dan lewati. Tahap wawancara inilah yang paling menentukan lolos tidaknya kamu. Wawancara bertujuan untuk mengetahui motivasi apa yang menjadikan kamu untuk mengikuti beasiswa LPDP, kontribusi apa yang ingin kamu lakukan, jurusan perkuliahan dan perguruan tinggi yang kamu ambil beserta alasannya, dll. Jadi, pada tahap wawancara kamu harus bisa meyakinkan si pewawancara tentang motivasimu, kontribusimu, jurusan dan perguruan tinggi yang kamu ambil, dll supaya kamu bisa lolos beasiswa LPDP. Jawaban yang diberikan harus masuk akal, jelas, dan tegas. Jangan ragu-ragu saat memberi jawaban ya! Kalau kamu ragu-ragu, pewawancara juga akan ragu-ragu untuk meloloskan kamu. Makanya, berhati-hatilah!

 

6. Rajin buka email

Sumber: http://belajarkompurter.blogspot.co.id/2014/06/pengguna-yahoo-harus-rajin-rajin-buka.html

 

 

Setelah kamu mengikuti tahap pertama, kamu harus rajin-rajin buka email. Pengumuman mengenai kelulusanmu untuk masuk tahap selanjutnya diumumkan lewat email. Kamu gak boleh ketinggalan pengumumannya. Kalau kamu ketinggalan pengumumannya, sayang banget. Kenapa? Kamu terlambat mengetahui kamu itu lolos ke tahap selanjutnya apa gak dan jadwal tahap selanjutnya jika kamu lolos. Jika ternyata kamu lolos dan kamu ketinggalan pengumumannya, kamu gak bisa mengikuti tahap selanjutnya dan keinginan kamu untuk mendapatkan beasiswa LPDP pastinya gagal total.

Cari sekolah / Cari perguruan tinggi di sini!

 

7. Buat essay yang bagus dan semenarik mungkin.

Sumber: http://beasiswa.id/2016/tips-agar-kita-bisa-mendapatkan-beasiswa/

 

 

Saat kamu memutuskan untuk mengikuti beasiswa LPDP, terlebih dahulu kamu harus mengisi formulir pendaftarannya. Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu diharuskan untuk membuat sebuah essay. Essay yang kamu buat itu berisikan penjelasan mengenai motivasi apa yang menjadikan kamu untuk mengikuti beasiswa LPDP, kontribusi apa yang ingin kamu lakukan, dan jurusan perkuliahan serta perguruan tinggi yang kamu ambil . Penjelasan essay yang kamu buat harus bagus dan menarik loh. Essay tersebut akan dipertanyakan pada saat wawancara.

Gampang kan caranya? Gak susah sih kalau kamu mau benar-benar lolos beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP ini ketat loh, ada kesalahan sedikit kamu bisa gak lulus tuh.

 

Baca juga

Share this!