5 Kesalahan Anak SMA dalam Memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi

Memilih perkuliahan itu gak boleh asal, baik jurusan dan perguruan tinggi. Kalau salah bisa menyesal nantinya. Pilihan ada di tanganmu. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan anak SMA saat memilih jurusan dan perguruan tinggi:

 

1. Ikut-ikutan teman

Sumber: http://www.hipwee.com/motivasi/sebelum-nyesel-milih-jurusan-kuliah-karena-ikut-ikutan-teman-7-hal-ini-penting-kamu-pertimbangkan/

 

 

Memilih jurusan perkuliahan maupun perguruan tinggi harus berdasarkan pilihan sendiri. Kebanyakan dari kamu yang ingin memilih jurusan perkuliahan maupun perguruan tinggi pasti ikut-ikutan temen karena mentok gak tau mau masuk ke jurusan mana dan perguruan tinggi mana. Selain itu agar bisa punya temen dari satu sekolah yang sama. Udah gede woyyy, harus bisa menentukan pilihan sendiri. Jangan apa-apa ikutan temen terus. Kalau pilihan temenmu itu gak sesuai dengan minat dan bakatmu gimana hayo? Pasti akan berujung pada salah jurusan dan salah perguruan tinggi.

 

2. Ngasal pilih

Sumber: https://www.zenius.net/blog/3984/memilih-jurusan-kuliah-pendaftaran-sbmptn

 

 

Kalau udah bingung pasti gak akan ada jalan keluar lagi. Kamu pun akan berujung dengan bertindak ngasal pilih jurusan maupun perguruan tinggi. Jurusan yang dipilih itu dijamin gak sesuai dengan minat dan bakat yang kamu pilih. Kamu menganggap jurusan tersebut itu keren dan perguruan tinggi tersebut juga bagus. Padahal aslinya belum tentu jurusan dan perguruan tinggi yang kamu pilih itu bener-bener bagus. Ngasal pilih itu berujung dengan kesialan dan masuk ke lubang yang salah sehingga berakibat kepada kegagalan. Kasian deh masuk ke lubang yang salah, siapa suruh ngasal pilih.

Baca juga: Hilangkan Rasa Ngantuk di Kelas Dengan 7 Jurus ini!

 

3. Terpaksa karena tuntutan orangtua

Sumber: http://health.liputan6.com/read/617675/anak-dipaksa-populer-bisa-jadi-itu-ambisi-ortunya

 

 

Semua orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Orangtuamu pasti begitu kan? Untuk masa depanmu yang lebih cerah, kebanyakan orangtua memaksakan anaknya untuk memilih jurusan maupun perguruan tinggi yang sesuai dengan kehendak atau keinginan orangtua. Padahal kamu sebagai anak mempunyai hak untuk memilih. Karena kamu terus-terusan dipaksa oleh orangtuamu, maka kamu terpaksa mengikuti apa kata orangtuamu yang padahal di dalam dirimu kamu gak suka mampu sama jurusan tersebut atau gak suka sama perguruan tinggi yang dipilihkan oleh orangtuamu.

 

4. Terlalu memaksakan diri

Sumber: http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/9/2015/8638/berhenti-menyalahkan-diri-sendiri-dan-hidup-lebih-bahagia

 

 

Dalam memilih jurusan perkuliahan harusnya pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki agar minat dan bakatmu terhadap suatu jurusan perkuliahan dapat semakin meningkat dan berkembang. Kesalahannya, kamu malah memaksa dirimu sendiri untuk masuk jurusan perkuliahan yang tidak sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki bahkan kamu juga memaksakan untuk masuk ke perguruan tinggi yang biaya kuliahnya mahal padahal orangtuamu tidak mampu membiayaimu karena biaya kuliah di perguruan tinggi tersebut tidak sesuai dengan financial yang dimiliki oleh orangtuamu.

Cari sekolah / Cari perguruan tinggi di sini!

 

5. Gengsi

Sumber: http://tebemsa.blogspot.co.id/2015/05/jangan-gengsi-kawan.html

 

 

Karena gak mau dicap rendahan dan kamu tipe orang yang dikit-dikit gengsian, kamu pun memilih jurusan dan perguruan tinggi yang keren. Kamu pasti membayangkan kalau masuk sini tuh keren, kampusnya bagus dan terkenal, jurusannya pun juga keren daripada masuk kesini kampusnya gak bagus dan gak terkenal, jurusannya juga gak keren. Kamu merasa ingin menjadi orang yang keren di antara teman-temanmu kalau udah masuk ke suatu jurusan dan perguruan tinggi yang bagus dan terkenal dan orang-orang juga merasa kamu itu hebat. Bagi kamu yang penting itu perguruan tingginya bagus dan terkenal, ya gak?

 

Baca juga

Share this!