Hilangkan Rasa Ngantuk di Kelas Dengan 7 Jurus ini!

Siapa yang suka ngantuk saat belajar di kelas? Gak enak ya kalau ngantuk menyerang dikala sedang belajar apalagi pas belajar di kelas. Coba yuk hilangkan rasa ngantuk saat belajar di kelas dengan jurus berikut ini:

 

1. Jangan tidur larut malam

Sumber: http://www.kangguroo.com/2016/10/tahukah-kamu-tidur-larut-malam.html

 

 

Ngantuk ya? Sukurin siapa suruh tidur larut malam. Inilah akibat yang kamu rasakan kalau kamu tidur larut malam. Makanya, kalau gak mau ngantuk saat belajar di kelas jangan tidur larut malam. Tidurlah pada waktu yang tepat. Apapun itu alasannya tidurlah lebih awal agar keesokan harinya kamu bisa bangun pagi dengan segar dan ngantuk saat belajar di kelas. Kalau kamu ngantuk, kamu gak akan bisa konsentarsi belajar dan materi pembelajaran yang dijelaskan oleh guru atau dosenmu gak akan masuk ke otak.

 

2. Cuci muka

Sumber: http://estianti.puspitadewi.net/cuci-muka-di-pagi-hari/

 

 

Cara paling efektif adalah cuci muka. Yapss cuci muka. Di saat rasa kantuk muncul, kamu bisa izin ke toilet sebentar untuk cuci muka. Buang segera rasa kantukmu. Cuci muka itu bisa membuat kamu merasa segar lagi dan rasa kantuk bisa berkurang. Ya lumayanlah ngantuknya hilang. Daripada gak sama sekali kamu bisa terus ngantuk dan berujung pada tidur di kelas. Kalau ngantuk lagi gimana dong? Yah, cuci muka lagi. Cuci mukalah terus setiap kali rasa ngantuk itu muncul.

 

3.  Aktif di kelas

Sumber: https://blog.mamikos.com/tips-ampuh-agar-tidak-mengantuk-saat-kuliah/

 

 

Ayo aktif dong jangan pasif! Ketika kamu berada di kelas, cobalah untuk aktif. Aktif disini bisa dengan cara membaca guru, mencatat materi pembelajaran, mengerjakan tugas, dll. Aktif berarti kamu melakukan suatu kegiatan yang membuat badanmu bergerak. Pergerakan bisa menghilangkan rasa kantuk tentunya. Kalau gak ada aktifitas pasti kamu bosankan?  Rasa bosan itulah yang lama-kelamaan membuat kamu ngantuk.

Baca juga: Kamu Salah Jurusan? Lakukan 5 Hal Ini!

 

4. Pakai minyak kayu putih

Sumber: http://dokita.co/store/minyak-kayu-putih-cap-lang/

 

 

Nyesel loh kalau kamu ngantuk di kelas. Kamu gak bisa dengerin penjelasan guru atau dosenmu sehingga kamu gak tahu apa yang dibicarakan oleh guru atau dosenmu. Kan sayang tuh kamu jadi ketinggalan pelajaran yang seharusnya kamu dapatkan malah gak dapet apa-apa gara-gara ngantuk. Selain mencuci muka, kamu bisa mencoba menggunakan minyak kayu putih. Emang bisa ya pake minyak kayu putih? Bisa tahu, belum tahu ya kamu. Kasian deh. Nih, caranya kamu bisa mengoleskan minyak kayu putih di kening dan di pelepis matamu. Ihhh kan perih. Emang perih sih tapi itu bisa bikin matamu yang sayup-sayup menjadi terbuka lebar kembali akibat rasa panas dari minyak kayu putih.

 

5. Minum kopi pahit sebelum berangkat sekolah atau kampus

Sumber: https://www.indonesiakaya.com/index.php/jelajah-indonesia/detail/tradisi-minum-kopi-yang-menjadi-gaya-hidup-di-aceh

 

 

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein tinggi. Minum kopi ini dijamin bisa menghilangkan rasa ngantuk loh. Kopi pahit ya. Dijamin sehabis minum kopi pahit kamu gak akan ngantuk. Minumlah segelas kopi pahit di pagi hari sebelum berangkat sekolah atau sebelum berangkat ke kampus. Cukup segelas saja ya, jangan berlebihan! Kalau berlebihan malah bisa bikin kamu terkena penyakit serius. Kulitmu juga bisa menjadi kering kalau terlalu banyak minum kopi.

 

6. Makan permen pedas

Sumber: http://blog.carionline.com/kalau-kamu-tahu-15-permen-ini-diluar-kepala-berarti-masa-kecilmu-bahagia/

 

 

Makan permen pedas ada sensasi yang berbeda. Untuk info, makan permen yang pedas itu bisa menghilangkan rasa ngantuk. Ini fakta bukan mitos loh ya. Permen pedas itu bisa memberikan kesegaran. Dari ngantuk banget tiba-tiba rasa ngantukmu bisa berkurang. Setidaknya berkuranglah daripada gak sama sekali. Rasa ngantuk yang berkurang bisa membuat kamu kembali bersemangat untuk belajar dan kamu bisa lebih konsentarsi lagi.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

7. Suruh temanmu untuk mengajak kamu ngobrol

Sumber: http://laraasih.com/pendidikan/ngobrol-di-kelas.lala

 

 

Saat ngantuk menyerang suruh teman di sampingmu untuk mengajak kamu ngborol. Mengobrol bisa membuat otakmu kembali segar karena ada suatu kegiatan pemikiran yang muncul di dalam otakmu. Ngobrol hal-hal yang penting dan menyenangkan jangan hal yang membosankan. Kalau ngobrol hal yang membosankankan tentunya akan tambah ngantuk. Ngobrolah dengan waktu yang cukup lama sambil memperhatikan guru atau dosenmu. Tapi hati-hati, jangan sampai ketahuan guru atau dosenmu ya!

 

Baca juga

Share this!