Kamu Salah Jurusan? Lakukan 5 Hal Ini!

Kuliah pastinya bertujuan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya dan meraih masa depan yang cerah bukan? Sekarang ini jurusan perkuliahan yang sedang kamu jalani kira-kira jurusannya tepat atau malah kamu salah jurusan? Haaa, kamu salah jurusan ya?  Jangan sedih dong! Salah jurusan bukan akhir dari segalanya. Masih ada jalan keluarnya kok. Hal-hal ini bisa kamu lakukan ketika kamu salah jurusan!

 

1.  Gak usah pindah jurusan atau kampus

Sumber: http://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/kamu-salah-ambil-jurusan-kuliah-cek-15-tanda-mahasiswa-salah-jurusan

 

 

Kalau sudah salah jurusan mau gimana lagi. Itukan sudah pilihkan kamu. Jadi, kamu harus menerima resikonya.  Kamu gak perlu pindah jurusan atau pindah kampus untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Sayang tau udah bayar kuliah mahal-mahal, malah pindah jurusan atau pindah kuliah. Kalau kamu pindah jurusan atau pindah kampus, kamu harus mengulang kembali perkuliahanmu dari awal loh. Kelulusanmu juga semakin lama. Mendingan nih kamu lanjutin aja kuliahnya. Jalani aja dengan penuh syukur, gak usah dipikirin. Lagian kalau udah lulus kuliah belum tentu kerjanya sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Buktinya banyak orang kok yang setelah lulus kuliah kerjanya gak sesuai dengan jurusan perkuliahan. Slow aja!

 

2. Jangan berhenti kuliah

Sumber: https://pinkawima.wordpress.com/2015/08/28/berhenti-di-tengah-jalan-adalah-kesia-siaan-hey-mahasiswa-ayo-tuntaskan-kewajiban-kalian/

 

 

Sama dengan halnya gak usah pindah jurusan atau pindah kampus, kamu juga jangan mencoba-coba untuk berhenti kuliah. Sayangilah dirimu sendiri serta orang-orang yang telah mendukungmu dan telah membiayai biaya kuliahmu. Kamu punya masa depan kan? Maka itu, pikirkan juga masa depanmu kalau kamu berhenti kuliah. Masa depanmu bisa terancam dan keinginanmu untuk memiliki masa depan yang cerah akan musnah. Gak bisa ngebayangin kalau masa depan yang hancur itu gimana rasanya. Lebih baik kamu pikir-pikirkan kembali kalau kamu berminat untuk berhenti kuliah. Itu terserah kamu sih. Pilihan ada ditanganmu. Kamu yang jalani hidupmu, kamu yang memutuskan.

 

3. Gali kemampuan yang kamu miliki

Sumber: http://www.depok-bisnis-info.com/2016/09/cara-menilai-kemampuan-bisnis-seseorang.html

 

 

Salah jurusan itu pasti ada penyebabnya kan? Apa penyebab yang membuat kamu salah jurusan?  Ikut-ikutan teman, jurusan kuliah dipilihin orangtua, rasa gengsi, atau terpaksa? Yaudahlah namanya udah salah jurusan mau diapain lagi. Salah jurusan gak masalah asalkan kamu mempunyai kemampuan yang harus kamu gali supaya wawasanmu semakin luas dan kemampauan yang kamu miliki itu bisa digunakan dalam segala aspek kehidupan. Gali terus kemampuanmu itu sampai berkembang. Yang dibutuhkan bukan hanya kepintaran saja tetapi kemampuan juga sangat dibutuhkan. Tonjolkan saja kemampuanmu! Siapa tahu kamu bisa jadi orang sukses dari kemampuan yang kamu miliki.

Baca Juga: Galau Milih Jurusan Kuliah? 7 Jurusan Ini Bikin Masa Depanmu Cerah Loh!

 

4. Ikuti kegiatan UKM atau organisasi di kampus

Sumber: http://fktiunej.blogspot.co.id/

 

 

Selain pendidikan akademik, pendidikan non akademik bisa kamu ikuti. Ikutilah kegiatan UKM atau organisasi apapaun yang ada di kampusmu. Pelajaran di kampus itu membutuhkan hard skill dan soft skill tetapi di UKM dan organisasi membutuhkan soft skill. Kalau kamu gak jago dalam hard skill kamu harus jago soft skill. Dengan mengikuti kegiatan UKM atau organisasi di kampus, kamu bisa melatih dan mengembangkan soft skill yang ada di dalam dirimu. Pengalaman pun akan kamu rasakan selama menjalani kegiatan UKM dan organisasi di kampus. Relasimu juga akan semakin banyak dan semakin luas.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

5. Menjadi mahasiswa berprestasi di luar kampus

Sumber: http://news.okezone.com/read/2014/11/28/65/1071987/mahasiswa-berprestasi-dapat-penghargaan-dari-km-itb

 

 

Salah jurusan otomatis kamu gak bisa mempunyai prestasi di kampus, tetapi di luar kampus bisa loh. Kamu bisa mengikuti berbagai perlombaan non akademik yang ada di luar kampus seperti; perlombaan olah raga, perlombaan kesenian dan musik, perlombaan seni rupa, dll dari berbagai tingkat perlombaan. Tunjukan kalau kamu bisa meraih juara dan menjadi mahasiswa berprestasi. Jangan lupa ya, kamu harus rajin berlatih dan jangan pantang menyerah agar kamu bisa meraih juara! Kamu menjadi juara berarti itu bonus buat kamu.

Pertanggungjawabkan apa yang sudah menjadi pilihanmu, gak perlu disesali!

 

Baca juga

Share this!