7 Jurus Sukses Sidang Skripsi

Ciyeeee yang tahun depan sidang skripsi. Apakah yang sudah kamu persiapkan menuju sidang skripsi? Gimana perasaanmu? Gugup atau santai-santai saja nih? Sidang skripsilah yang menentukan kelulusanmu. Kalau sidangmu gak sukses, dipastikan kamu gak bisa lulus. Kan sedih tuh, udah kuliah lama dan capek-capek bikin skripsi ternyata gak lulus karena sidangmu gak sukses. Ikuti jurus-jurus di bawah ini agar sidang skripsimu sukses!

 

1. Pelajari ulang skripsimu

Sumber: https://seputarkuliah.com/tak-selamanya-skripsi-itu-menakutkan/

 

 

Saat hari H sidang skripsi, kamu harus benar-benar menguasai skripsi yang akan kamu presentasikan dihadapan dosen pembimbing dan dosen penguji. Karena skripsi yang sudah kamu buat itu harus dijelaskan secara jelas dan detail. Terkadang, saat sedang sidang skripsi kamu akan lupa dengan apa yang harus kamu sampaikan. Beberapa hari sebelum mengikuti sidang skripsi, terlebih dahulu kamu harus mempelajari skripsi yang telah kamu buat. Pempelajari skripsi itu bukan hanya dihafal melainkan dimengerti dan dipahami. Kalau cuman dihafal doang tanpa dipahami dan dimengerti, kamu gak akan dapet apa-apa.

 

2. Bawa buku dan literatur untuk membantumu saat sidang skrispi

Sumber: http://tugastisi.blogspot.co.id/2015/06/studi-literatur-adalah.html

 

 

Kamu akan menghadapi beberapa pertanyaan yang akan diajukan saat nantinya kamu menghadapi sidang skripsi. Kamu gak perlu takut kalau kamu gak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Kamu bisa mencari jawaban yang dibutuhkan melalui buku dan literatur yang kamu bawa. Itu adalah paduanmu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kalau kamu memang udah mentok gak bisa jawab. Dosen pembimbing atau tim penguji pasti akan meminta kamu untuk menunjukan buku dan literatur yang kamu gunakan dalam membuat skripsi. Tunjukan buku dan literatur tersebut agar mereka bisa percaya bahwa penjelasan yang ada di skripsimu berdasarkan buku dan literatur yang kamu bawa.

Baca juga: 7 Situs Pembelajaran Online Untuk Berbagai Kalangan

 

3. Terimalah semua masukan yang diberikan, jangan melawan dan sakit hati

Sumber: http://dikampus.com/hal-hal-yang-harus-dilakukan-mahasiswa-setelah-sidang-skripsi/

 

 

Di kehidupan sehari-hari, kamu akan merasakan sebuah kelebihan dan kekurangan. Begitu juga saat sidang skripsi. Kamu akan mendapati kelebihan dan kekurangan terhadap apa yang kamu sampaikan. Ketika dosen pembimbing atau tim pengujimu memberikan kamu sebuah masukan terhadap skripsi yang kamu buat dan terhadap apa yang kamu sampaikan, dengarkan dan terima baik-baik masukan yang diberikan. Janganlah melawan dan sakit hati dengan masukan tersebut! Semua orang butuh masukan agar menjadi lebih baik. Lagian mereka kasih kamu masukan itu bukan bertanda mereka gak suka dengan apa yang sudah kamu kerjakan dan kamu sampaikan. Mereka ingin agar apa yang sudah kamu kerjakan dan sudah disampaikan bisa diperbaiki lagi dan menjadi lebih baik.

 

4. Belajar presentasi di depan teman-teman atau di depan orang lain

Sumber: https://matematikamenyenangkan.com/2012/09/29/laporan-hasil-proyek-lapangan/

 

 

Kamu bisa mencoba mengajak beberapa teman atau beberapa orang untuk memperhatikan kamu presentasi. Cobalah belajar presentasi terlebih dahulu untuk mengetahui sebatas mana materi yang telah kamu kuasai dan apakah kamu gugup atau tidak. Setelah itu, mintalah pendapat mereka terhadap apa yang kamu sampaikan dan kekurangan apakah yang mereka dapati saat kamu sedang presentasi. Setelah kamu tahu apa kekurangannya dan diberikan masukan, kamu harus memperbaikinya agar tidak terjadi hal yang sama pada saat kamu menjalani sidang skripsi.

 

5. Buatlah materi presentasi dengan menggunakan point-point

Sumber: http://www.slideshare.net/muhammadnoer/contoh-slide-presentasi-yang-baik-dan-menarik

 

 

Presentasi yang bagus dan baik adalah presentasi yang menggunakan point-point di slide presentasi. Buatlah point-point untuk menyampaikan materi yang harus kamu sampaikan. Untuk penjelasan terhadap point-point yang kamu buat, kamu jelaskannya secara jelas dan singkat saja. Jangan dibaca semua. Kalau dibaca semua berarti kamu gak menguasai materi yang disampaikan. Istilahnya ambil inti sarinya saja.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

6. Jangan lupa dengan jadwal sidang skripsi dan jangan sampai datang terlambat

Sumber: http://www.sarahpuspita.com/2013_07_01_archive.html

 

 

Yang namanya sidang skripsi udah pasti ada jadwalnya kan? Setelah kamu mendapatkan jadwal skripsi, ingatlah selalu dengan jadwal skripsimu. Kalau perlu catat di buku kecil atau gak di handphonemu biar gak kelupaan. Saat kamu lupa, kamu bisa buka catatan yang sudah kamu buat agar kamu ingat akan jadwal skripsimu. Pada hari H, usahakanlah untuk tidak datang terlambat. Setidaknya 30 atau 45 menit sebelum waktu sidang dimulai agar kamu bisa mempersiapkan kembali segala sesuatu yang perlu dipersiapkan seperti; mental, buku dan literatur, slide presentasi, alat tulis, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah buku skripsimu.

 

7. Berdoa

Sumber: http://www.mahasiswakeren.com/artikel/306menjawabdoa.html

 

 

Ingat, jangan lupa berdoa ya! Minta jalan Tuhan dan bantuan Tuhan agar sidang skrispsimu sukses. Biarkan Tuhan yang mensukseskannya. Selain kamu yang harus berusaha untuk mensukseskan sidang skripsi, kamu juga perlu minta bantuan Tuhan. Kamu harus berdoa dengan penuh keyakinan agar keinginanmu bisa terwujud. Doa bisa menjadikan segala sesuatu yang tidak mungkin terjadi menjadi mungkin terjadi.

Kesuksesan dimulai dari hal-hal kecil. Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil yang dapat menjadikan kamu sukses ya!

 

 

Baca juga

Share this!