Waktu Belajarmu Acak-acakan? Aturlah dengan 6 Tips ini!

Kegiatan belajar bisa kamu lakukan di rumah kapanpun. Selama ini bagaimanakah waktu belajarmu? Masih acak-acakan gak jelas atau sudah teratur? Kalau waktu belajarmu acak-acakan berarti kamu harus bisa mengatur waktu belajarmu agar menjadi lebih efektif dan efisien. Kamu bisa mengatur waktu belajarmu dengan tips-tips berikut ini:

 

1. Buatlah jadwal belajar secara rutin

Sumber: https://rumahmentor.wordpress.com/2014/09/05/cara-mengatur-waktu-belajar-secara-efisien/

 

 

Kamu bisa mencoba membuat sebuah jadwal kegiatan belajarmu secara teratur. Baik itu belajar pelajaran yang susah maupun pelajaran yang mudah sekalipun. Selain itu, kamu juga bisa membuat jadwal mengerjakan tugas. Buatlah dengan menggunakan tabel di sebuah kertas atau sebuah buku. Pisahkan antara tabel kegiatan belajar dengan tabel kegiatan mengerjakan tugas. Setiap kamu selesai melakukan kegiatan belajar maupun mengerjakan tugas, tandailah pelajaran yang sudah  kamu pelajari dan juga tugas yang telah selesai kamu kerjakan.

 

2. Gantilah waktu belajar dan waktu mengerjakan tugas yang hilang di waktu luang

Sumber: http://gusmied.blogspot.co.id/2010/03/tips-pengaturan-jadwal-dan-sistem.html

 

 

Setelah kamu membuat jadwal kegiatan belajar dan kegiatan mengerjakan tugas, kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk menggantikan waktu belajar dan waktu mengerjakan tugas yang hilang karena kamu pergi. Pilihlah waktu luang yang tepat. Misalnya; waktu kamu bermain digantikan dengan waktu belajar dan waktu mengerjakan tugas, atau kamu juga bisa melakukannya di hari libur. Biar waktu belajar dan waktu mengerjakan tugasmu gak semakin padet.

Baca juga: 7 Trik Menghilangkan Rasa Malas ke Sekolah Setelah Berlibur

 

3. Kurangilah bermain

Sumber: http://blog.bblog.id/cara-jitu-mendapat-waktu-bermain-games-tanpa-gangguan/

 

 

Awas, bermain itu bisa membuat kamu lupa akan segala hal termasuk dengan belajar dan mengerjakan tugas loh! Bermain itu boleh saja tapi harus ada batasnya. Jangan habiskan waktumu sepenuhnya untuk bermain. Sebaiknya kurang-kurangilah bermain agar kamu bisa belajar dan mengerjakan tugas. Utamakan terlebih dahulu belajar dan mengerjakan tugas yang harus kamu lakukan. Belajar dan mengerjakan tugas adalah prioritas yang harus kamu dahului terlebih dahulu. Bermain itu kan bisa kapan saja. Belajar dan mengerjakan tugas itu jauh lebih penting daripada bermain.

 

4. Dahulukan pelajaran yang mudah terlebih dahulu

Sumber: https://brainly.co.id/tugas/7905724

 

 

Ketika kamu menghadapi kegiatan belajar di rumah, dahulukanlah pelajaran yang mudah terlebih dahulu. Kalau kamu mempelajari pelajaran yang susah terlebih dahulu, kamu bisa merasa stress dalam menghadapi pelajar yang susah untuk dipelajari dan dipecahkan karena kamu butuh pemikiran yang keras. Begitu juga dengan mengerjakan tugas. Kamu harus mengerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu supaya tugas yang kamu kerjakan tersebut bisa selesai dengan cepat dan tepat waktu. Baru itu lanjutkan mengerjakan tugas yang susah.

 

5. Ulangi kembali pelajaran yang kamu dapatkan dari sekolah atau dari kampus

Sumber: http://www.andriewongso.com/belajar-dan-belajar-lagi/

 

 

Belajar itu gak cuman bisa kamu dilakukan di sekolah atau di kampus. Di rumah pun kamu juga bisa melakukannya. Ketika kamu mendapatkan materi pembelajaran di sekolah atau di kampus, kamu harus mengulangi pelajaran tersebut di rumah. Hal ini harus kamu lakukan agar apa yang telah kamu pelajari di sekolah atau di kampus tadi bisa kamu ingat kembali dan gak cepet lupa. Lakukan kegiatan ini setiap pulang sekolah atau pulang kuliah ya! Kewajibanmu sebagai siswa atau mahasiswa adalah belajar dengan giat tentunya.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

6. Tetapkan waktu belajar yang efektif beserta durasinya

Sumber: https://belajarbhsarab.wordpress.com/jadwal-belajar/

 

 

Belajar bisa dilakukan pada waktu yang efektif supaya pelajaran yang kamu pelajari itu mudah dipahami dan dimengerti. Waktu yang efektif untuk belajar di rumah adalah jam 5 pagi dan jam 6 sore sampai jam 8 malam. Setelah itu, kamu harus memberikan durasi belajar dalam sehari. Jangan sampai berlebihan karena pikiran dan badanmu akan cepat lelah. Setidaknya atur waktu belajarmu 1 sampai 2 jam per-hari.

 

Baca juga

Share this!