IPK Tinggi? Penting Gak Sih?

Buat kamu yang gak tau apa itu IPK, kamu akan bertanya-bertanya apa sih IPK itu? IPK atau Index Prestasi Akumulatif adalah nilai prestasi yang akan kamu dapatkan secara akumulatif  dalam bidang akademik. Istilahnya nilai rata-rata kamu. IPK itu berbeda dengan nilai rata-ratamu waktu di sekolah. Waktu di sekolah nilai rata-rata paling tinggi itu 100 tapi saat kuliah IPK paling tinggi itu 4,00. Sebelum memperoleh IPK kamu akan memperoleh IPS. Apa tuh IPS? IPS atau Index Prestasi Per-semester adalah nilai prestasi kamu selama satu semester. IPS dan IPK itu dimulai dari 2,00 sampai 4,00. IPK tinggi itu penting gak sih? Sebelum itu yuk simak, Apa sih keuntungan yang didapatkan kalau kamu mendapatkan IPK tinggi? Dan apakah kerugiannya kalau kamu mendapatkan IPK rendah?

 

Keuntungan mendapatkan IPK tinggi:
1.  Mudah mendapatkan pekerjaan

Sumber: http://www.vemale.com/relationship/karier/76938-tips-jitu-agar-mendapatkan-pekerjaan-dengan-mudah.html

 

 

Setiap perusahaan bahkan semua perusahaan saat sedang mencari karyawan baru untuk menempatkan karyawan tersebut pada posisi di suatu perusahaan, pasti mencantumkan syarat IPK tinggi misalnya; minimal 3,00. Ketika kamu memiliki IPK yang tinggi kamu akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Itu adalah anugerah buat kamu yang memiliki IPK tinggi. Dimana-mana perusahaan melihat IPKnya terlebih dahulu.

 

2. Bisa mendapatkan berbagai macam beasiswa

Sumber: http://ayobuka.com/2014/10/31/tips-dan-cara-mendapatkan-beasiswa-dikti/

 

 

Mendapatkan beasiswa saat kuliah tidaklah mudah. Kamu harus memiliki IPK tinggi baru bisa mendapatkannya. Ketika kamu memperoleh IPK tinggi kamu bisa mendapatkan berbagai macam beasiswa dari tempat kamu kuliah atau dari manapun. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa, kamu harus mempertahankan nilai akademikmu jangan sampai turun. Kalau turun, bisa-bisa beasiswamu dicabut.

 

3. Menjadi kebangaan buat diri sendiri

Sumber: https://twitter.com/akubangga_tvone

 

 

Punya IPK yang tinggi itu keren loh. Gimana gak keren, hasil yang kamu dapatkan itu bagus. Ketika kamu mendapatkan IPK yang tinggi, kamu pasti bangga terhadap diri sendiri karena kamu berhasil memperoleh hasil yang bagus. Mendapatkan IPK tinggi itu butuh perjuangan. Gak cuman santai-santai doang bisa langsung dapet IPK tinggi. Kalau cuman dengan cara bersantai-santai bisa dapet IPK tinggi, semua orang bisa mendapatkannya.

Baca juga: Student Exchange? Begini Loh Penjelasannya!

 

4. Bisa melanjutkan kuliah S2 bahkan S3

Sumber: http://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/selain-ilmu-dan-gelar-inilah-keuntungan-yang-bisa-kamu-dapatkan-dengan-kuliah-s2

 

 

Biasanya ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S2 bahkan S3. Tidak hanya pekerjaan juga sih yang mengharuskan kamu untuk melanjutkan kuliah S2 atau S3. Kamu bisa kok melanjutkan kuliah S2 bahkan sampai S3 untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilanmu. Ketika kamu memtuskan untuk melanjutkan perkuliahan S2 bahkan sampai S3, kamu dituntut untuk memiliki IPK yang tinggi. Karena ilmu mempelajaran jenjang S2 sampai S3 sangatlah dalam dan susah. Maka dari itu, IPK tinggi sangatlah dibutuhkan bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 sampai S3. Kalau IPK kamu rendah, kamu gak akan bisa sanggup melewatinya dan juga gak bakalan keterima.

 

Kerugian mendapatkan IPK rendah:
1. Yang pastinya sulit mendapatkan pekerjaan

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/759768/susah-cari-kerja-lakukan-4-hal-ini

 

 

Sulit mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang paling gak enak buat semua orang. Di saat kamu memperoleh IPK yang rendah, dijamin kamu akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan karena semua perusahaan itu maunya mempekerjakan karyawan dengan IPK yang tinggi. Banyak perusahaan yang menganggap bahwa orang yang memiliki IPK rendah itu tidak memiliki soft skill dan hard skill yang bagus dan berkualitas sedangkan orang yang IPKnya tinggi tentunya memiliki soft skill dan hard skill yang bagus dan berkualitas.

 

2. Malu sama diri sendiri dan orang-orang di sekitar

Sumber: http://andrinerazzuri.blogspot.co.id/2015/12/cara-mengatasi-sifat-kalian-yang-pemalu.html

 

 

IPK rendah sama dengan hasil yang kamu dapatkan itu jelek. Mendapatkan IPK yang rendah itu malu-maluin diri sendiri dan orang sekitar kamu.  Ketika kamu mendapatkan IPK yang rendah pastinya kamu merasa malu sama diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu kan? Malu karena kamu gak bisa mendapatkan hasil yang bagus. Kemampuan yang rendah itulah yang mengakibatkan kamu mendapatkan IPK rendah.

Cari sekolah / Cari universitas di www.edumor.com!

 

3. Reputasimu jadi jelek

Sumber: http://serbabisnisonline.blogspot.co.id/2014/03/bagaimana-cara-menjaga-reputasi-bisnis.html

 

 

Ada apa dengan reputasimu? Apakah reputasimu menjadi jelek gara-gara IPK kamu rendah? IPK rendah emang bisa menyebabkan reputasi kamu jadi jelek. Kamu bisa dijauhkan oleh orang-orang di sekitar kamu dan gak punya harapan lagi untuk menjadi orang yang sukses. Harapan yang kamu miliki untuk menjadi orang sukses ada sih tapi jadi sedikit gara-gara reputasi kamu jelek. Kalau gak mau reputasimu jadi jelek, makanya IPK kamu jangan sampai rendah dong!

 

4. Siap-siap di DO

Sumber: http://agribisnis.trunojoyo.ac.id/sekitar-350-mahasiswa-di-ptn-surabaya-di-do/

 

 

DO atau Drop Out akan kamu alami jika IPK yang kamu miliki rendah dan terus menurun. IPK yang rendah ini bisa membuat kamu lama untuk lulus kuliah loh, karena kamu harus mengulang matakuliah yang nilainya jelek. Jika kamu kebanyakan menggulang mata kuliah yang nilainya jelek otomatis waktu kuliahmu semakin lama. Waktu kuliah itu maksimal 4 tahun. Kalau lebih, siap-siap di DO secara tidak hormat.

 

Berdasarkan keuntungan memperoleh IPK tinggi dan kerugian memperoleh IPK rendah, IPK tinggi itu tentunya sangatlah penting bagi masa depan kamu karena banyak peluang bagi kamu untuk menjadi orang sukses. Akan tetapi, menurut cara pandang lain IPK tinggi itu gak penting. Kok bisa? IPK tinggi itu belum tentu bisa menjadikan kamu sebagai orang sukses. Modal untuk menjadi orang sukses yaitu soft skill dan hard skill yang bagus dan berkualitas. Kalau IPK kamu tinggi tapi soft skill dan hard skillmu gak bagus dan gak berkualitas, sama aja bohong.

Perlu diingat: IPK tinggi itu gak akan dibawa mati. Yang dibawa mati itu proses untuk mendapatkan IPK tinggi.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “IPK Tinggi? Penting Gak Sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *