Student Exchange? Begini Loh Penjelasannya!

Student exchange atau pertukaran pelajar itu apa sih emangnya? Buat kamu yang belum tahu apa itu pertukaran pelajar, nih aku kasih tau kalau pertukaran pelajar itu merupakan suatu kegiatan  pertukaran antara siswa atau mahasiswa indonesia dengan siswa atau mahasiswa luar negeri. Jadi kamu sebagai siswa atau mahasiswa indonesia dikirimkan ke luar negeri untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar negeri dan siswa atau mahasiswa luar negeri dikirimkan ke Indonesia untuk melakukan pembelajaran  di Indonesia. Pertukaran pelajar dapat dilakukan oleh siswa SMA sampai mahasiswa. Emang apa sih manfaatnya kalau menjadi siswa atau mahasiswa pertukaran pelajar? Penasaran ya? Yuk intip manfaat-manfaat yang didapatkan kalau kamu menjadi siswa atau mahasiswa pertukaran pelajar!

 

1.  Bisa hidup mandiri karena jauh dari orangtua pastinya

Sumber: http://ramdhanialqadri.blogspot.com/2015/10/4-tips-mudah-mengatur-keuangan-untuk.html

 

 

Saat menjalani kegiatan pertukaran pelajar, kamu pastinya akan tinggal jauh dengan orangtuamu. Orangtuamu gak bisa mengawasi dan mengurus kamu tentunya. Di saat kondisi ini, kamu dituntut untuk bisa hidup mandiri. Yah namanya juga hidup tanpa orangtua  harus bisalah hidup mandiri. Apapun yang kamu lakukan pastinya atas dasar kesadaran diri sendiri dan tanpa perintah siapapun.

 

2. Melatih kemampuan berbahasa asing

Sumber: http://riautrust.com/read-126140-2015-09-10-kemampuan-berbahasa-asing-siswa-harus-terus-ditingkatkan.html

 

 

Ketika kamu menjadi siswa atau mahasiswa pertukaran pelajar, kamu harus punya kemampuan berbahasa asing. Kamu bisa melatih kemampuan bahasa asingmu melalui komunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Jadinya, kemampuanmu dalam berbahasa asing akan semakin meningkat. Selain itu, komunikasimu semakin lancar dan gak kagok lagi kalau ada yang ngomong ke kamu pakai bahasa asing.

Baca juga: Simak 6 Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolah!

 

3. Bisa mempelajari budaya luar

Sumber: http://fauziahumdatul.blog.uns.ac.id/2016/02/13/pemahaman-lintas-budaya-jika-aku-menjadi-orang-asing-di-negeri-orang/

 

 

Kamu  sebagai orang Indonesia yang tinggal di luar negeri untuk pertukaran pelajar gak akan ngerti dengan budaya luar. Karena budaya Indonesia sangat berbeda dengan budaya luar. Saat berada di negara orang, kamu bisa mempelajari budaya-budaya yang ada di sana. Pengenalan budaya luar bisa kamu pelajari setiap harinya. Lama-kelamaan kamu akan semakin mengerti dan paham akan budaya-budaya luar. Jangan cuman mempelajari budaya Indonesia dong tapi budaya luar juga harus di pelajari ya!

 

4. Ilmu yang kamu dapatkan semakin bertambah dan berkembang

Sumber: https://akhiru.wordpress.com/2012/07/11/perkembangan-ilmu-pengetahuan/

 

Ilmu yang kamu dapatkan ketika menempuh pendidikan di Indonesia jauh berbeda dengan ilmu yang kamu dapatkan di luar negeri. Ilmu disana sangatlah mendalam. Kamu bisa mendapatkan berbagai ilmu dari sana. Ilmu yang kamu dapatkan dari sana semakin bertambah dan berkembang. Jadi, saat kamu kembali ke Indonesia kamu bisa menerapkan dan mempraktekan ilmu yang sudah kamu dapatkan di kehidupan sehari-harimu.

 

5. Menambah pengalaman

Sumber: http://bisnisdasyt.blogspot.co.id/

 

 

Selain ilmu yang kamu dapatkan itu semakin tertambah dan berkembang, pengalaman-pengalaman yang kamu dapatkan dari sana semakin bertambah. Mulai dari pengalaman akan budaya luar, pengalaman hidup mandiri, pengalaman berkomunikasi dengan bahasa asing, dll. Pengalaman pertukaran pelajar ini, bisa kamu manfaatkan ketika kamu melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Kamu bisa mencantumkan keterangan bahwa kamu pernah melakukan pertukaran pelajar ke suatu negara. Kan keren tuh, ada sesuatu yang bisa menjadi nilai plus buat kamu ketika kamu melamar pekerjaan dan perusahaan tersebut gak akan ragu untuk menerima kamu.

Cari sekolah / Cari universitas di www.edumor.com!

 

6. Memperluas hubungan dengan orang-orang asing

Sumber: http://trivia.id/post/berikut-6-etika-pertemanan-antar-budaya-yang-harus-kamu-ketahui-1472554528

 

 

Orang-orang asing dari berbagai negara akan kamu jumpai ketika kamu melakukan kegiatan pertukaran pelajar. Dari mereka, kamu bisa belajar banyak hal. Mulai dari bahasanya sampai budayanya. Ketika kamu berteman dengan orang asing, kamu juga bisa memperkenalkan budaya Indonesia kepada mereka supaya mereka juga bisa mengenal seperti apa budaya Indonesia itu. Selain kamu memiliki hubungan dengan orang-orang Indonesia, kamu juga memiliki hubungan dengan orang-orang asing sehingga hubunganmu semakin luas.

Menjadi siswa atau mahasiswa pertukaran pelajar itu asyik loh. Kamu pasti nyesel deh kalau gak ikutan pertukaran pelajar. Buat kamu yang merasa tertarik untuk menjadi siswa atau mahasiswa pertukaran pelajar atau kamu lagi butuh info tentang pertukaran pelajar aku punya infonya. Coba klik www.ef.co.id dan www.hotcourses.co.id

 

Baca juga

Share this!