Simak 6 Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolah!

Kegiatan yang bermanfaat bagi kamu selain belajar di sekolah adalah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler bagus diikuti bagi kamu yang gak memiliki kesibukan di luar jam sekolah. Daripada kamu bermain games di rumah atau kelayapan gak jelas mendingan ikut ekstrakurikuler aja. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan loh. Manfaat-manfaat dari ekstrakurikuler antara lain:

 

1. Menghilangkan stress

Sumber: https://www.theodysseyonline.com/6-tips-to-sucker-punch-away-your-stress

 

 

Belajar di sekolah itu pasti menimbulkan beban pikiran di kepalamu. Banyak yang kamu pikirkan baik itu PR atau ulangan yang tiap harinya semakin bertambah. Memiliki membeban pikiran dapat menimbulkan stress. Supaya kamu gak stress lagi, yuk ikut ekstrakurikuler! Ekstrakurikuler itu pastinya menyenangkan dan tentunya mendidik. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan diri yang gak bakal bikin kamu bosen, kamu jadi happy-happy, dan rasa stress hilang dengan sekejap. Kemudian dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bisa membuat kamu menjadi siswa yang aktif. Lebih baik aktif daripada pasif.

 

2. Mengenal orang-orang baru

Sumber: http://www.globalmadani.sch.id/web/index.php/kegiatan/sekolah/57-ekstrakurikuler-smp-global-madani

 

 

Di dalam kegiatan ekstrakurikuler, kamu bisa mengenal orang-orang baru. Selama ini kan kamu saat mengikuti kegiatan di luar kegiatan ekstrakurikuler kenalnya sama teman sekelas ataupun teman beda kelas. Nah, dalam kegiatan ekstrakurikuler kamu bisa mengenal banyak orang tidak hanya teman sekelas dan teman beda kelas tetapi kamu juga bisa mengenal orang-orang baru seperti kakak kelas maupun adik kelas. Cara ini akan membuat kamu memiliki banyak kenalan dan banyak teman. Sehingga pergaulanmu bertambah dan gak dicap sebagai orang yang kuper.

 

3. Meningkatkan kreativitas

Sumber: http://evioproductions.com/8-cara-meningkatkan-kreativitas-bekerja-di-event-organizer/

 

 

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, kamu dituntut untuk berkreativitas. Ide apapun yang muncul dipikiranmu wajib disalurkan. Dalam kegiatan ekstrakurikuler kamu bisa berkreasi bersama-sama kelompok atau tim yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Ketika memutuskan untuk mengikuti suatu bidang ekstrakurikuler, pastinya kamu memilihnya sesuai dengan hobi dan kemampuan yang kamu miliki. Kamu bisa berkreasi sesuai hatimu. Gak ada yang melarang dan menghambat kamu untuk berkreasi. Justru ide-ide yang kamu salurkan lama-kelamaan akan semakin berkembang dan menjadi ciri khas yang timbul di dalam dirimu.

Baca juga: Baca 5 Tips Ini Agar Anak Anda Tidak Kuper!

 

4. Kemampuan yang dimiliki semakin berkembang

Sumber: http://optimasi.wagomu.id/e2369.html

 

 

Memiliki kemampuan itu jangan dipendem dong! Kamu harus pergunakan kemampuan kamu untuk dirimu sendiri dan untuk orang lain. Ikutilah ekstrakurikuler di sekolahmu agar kemampuan yang kamu miliki bisa semakin berkembang. Ekstrakurikuler itu bisa membuat kamu belajar akan segala hal dan tentunya kemampuan yang kamu miliki bisa diasah sedemikian rupa sampai kemampuan yang kamu miliki itu semakin hari semakin berkembang. Kalau kemampuan yang kamu miliki itu semakin berkembang kan enak tuh. Kamu bisa semakin jago dan semakin berkualitas.

 

5. Mempunyai peluang untuk memperoleh prestasi

Sumber: https://matasiswa.wordpress.com/2013/01/08/prestasi-adalah-wujud-keinginan-ku/

 

 

Memperoleh prestasi di sekolah tidak hanya bisa kamu dapatkan dari hasil belajar di sekolah tapi kamu bisa mendapatkannya dari kegiatan ekstrakurikuler. Ketika ekstakurikuler yang kamu itu bisa diikut sertakan dalam perlombaan tingkat kabupaten, kota, provinsi, kecamatan, bahkan tingkat nasional maupu internasional. Dari situlah kamu bisa memiliki peluang untuk memperoleh prestasi. Siapa sih yang gak bangga memperoleh prestasi ketika memenangkan suatu perlobaan dari berbagai tingkat? Tentunya kamu pasti akan bangga pada dirimu sendiri  dan juga membanggakan orang di sekitarmu.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu di www.edumor.com

 

6. Menambah pengalaman

Sumber: http://aktifitasbelajar.com/tag/belajar-dari-pengalaman/

 

 

Perbanyaklah mengalaman supaya pergaulan dan pengetahuanmu semakin luas. Menambah pengalaman di sekolah bisa didapatkan dengan cara mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dari kegiatan ektrakurikuler kamu bisa memperoleh banyak sekali pengalaman akan hal yang kamu pelajari. Selain pengalaman terhadap hal yang dipelajari, kamu akan memperoleh pengalaman belajar bersama dengan tim atau kelompok. Bisa juga merasakan pengalaman menciptakan sesuatu, pengalaman melatih kekompakan, pengalaman kedisiplinan,dll.

Cari sekolah / Cari universitas di www.edumor.com!

Luangkanlah waktumu untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler walaupun hanya sebentar!

Baca juga

Share this!

One thought on “Simak 6 Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler di Sekolah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *