Baca 5 Tips Ini Agar Anak Anda Tidak Kuper!

Yang menjadi keinginan semua orangtua adalah memiliki anak yang mudah bergaul. Supaya anak anda tidak kuper lakukanlah tips-tips berikut ini:

 

1. Bebaskanlah anak anda bermain di luar rumah

Sumber: http://www.hipwee.com/list/tingkatkan-kemampuan-berpikir-anak-dengan-5-tips-ini/

 

 

Bermain itu mengasyikan dan bertujuan untuk menumbuh kembangkan kreatifitas pada diri anak anda. Bebaskanlah anak anda ketika anak anda ingin bermain. Jangan terlalu mengekang mereka. Biarkan mereka bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitar. Walaupun orang-orang di sekitar memiliki ras dan agama yang berbeda tetap bebaskan mereka bermain. Supaya anak anda bisa mengenal satu sama lain dan mengenal perbedaan-perbedaan yang ada. Sebelum anak anda bermain, ingatkan pada anak anda untuk tidak bermain ke tempat yang jauh dan ingatkan juga kalau sudah magrib sudah harus pulang.

 

2. Cobalah untuk memberikan perhatian lebih dengan cara menjadi pendengar yang baik

Sumber: http://www.anakhebat.com/article-detail.php?article=34

 

 

Selain kasih sayang yang dibutuhkan oleh anak, anak anda juga membutuhkan sebuah perhatian dari anda. Ketika anak anda ingin berkata sesuatu atau bercerita tentang suatu hal, berikanlah perhatian dengan cara menjadi pendengar yang baik terhadap sesuatu yang ingin dikatakan atau ingin diceritakan. Luangkanlah waktu anda untuk mendengarkannya. Jika anda merasa sibuk, setidaknya luangkan waktu sedikit untuk mendengarkan perkataan atau cerita anak anda. Jangan selalu menolak untuk mendengarkan perkataan atau cerita anak anda. Anda sebagai orangtua pasti pernah merasa kecewa di saat anak anda tidak mau mendengarkan perkataan ataupun cerita anda kan? Nah, untuk itu jangan lakukan hal yang sama terhadap anak anda. Orang terpercaya yang bisa benar-benar mendengarkan cerita anak anda ya siapa lagi kalau bukan anda sebagai orangtuanya.

Baca juga: Ingin Tetap Sehat Saat Berlibur? Simak Tipsnya!

 

3. Jika anak anda berbuat kesalahan, jangan selalu menyalahkannya

Sumber: http://serbasembilan.com/9-kalimat-yang-tak-boleh-dikatakan-orang-tua-pada-anak

 

 

Selalu menyalahkan anak dapat berdampak negatif loh. Ketika anak anda berbuat suatu kesalahan, banyak orangtua yang dikit-dikit menyalahkan anak. Sebenarnya jangan selalu menyalahkan anak anda. Anak anda berbuat suatu kesalahan itu karena kesalahan anda sebagai orangtua. Anda tidak mampu membimbing dan menjadi pembimbing yang baik bagi anak anda. Selalu menyalahkan anak, bisa menimbulkan sikap minder terhadap diri anak anda. Anak anda jadi tidak bisa bebas melakukan apa yang anak anda inginkan karena takut salah dan disalahkan.

 

4. Anda bisa mengajak anak anda pergi atau berkunjung ke tempat-tempat yang baru

Sumber: http://pengembanganbakatanak.blogspot.co.id/2016/09/anak-bunda-sulit-bersosialisasi-ikuti.html

 

 

Kurang pergaulan mungkin karena keadaan lingkungan sekitar yang tidak memadai. Anda bisa mensiasatinya dengan cara mengajak anak anda pergi ke tempat baru untuk mengenal lingkungan baru dan juga orang-orang baru. Seperti; mengajaknya ke tempat arisan, mengajaknya bermain dengan anak tetangga, mengajak ke tempat bermain, atau ke taman bermain, dll. Dengan cara ini, anak anda akan terbiasa dengan lingkungan yang baru dan akan terbiasa untuk bergaul dengan orang-orang baru.

Cari sekolah / Cari perguruan tinggi di sini!

 

5. Jangan terlalu memaksakan anak anda untuk menjadi seperti orang lain

Sumber: http://www.toktokwow.com/2014/02/37-kebiasaan-orang-tua-yang.html

 

 

Namanya manusia pastilah memiliki berbagai kekurangan. Anda sebagai orangtua juga pasti memiliki berbagai kekurangan kan?  Untuk itu anda jangan memaksakan anak anda untuk menjadi seperti orang lain. Biarkan anak anda menjadi diri sendiri yang apa adanya. Memaksakan anak anda menjadi seperti orang lain sama saja dengan membanding-bandingkan anak anda dengan orang lain. Ini bisa membuat anak anda menjadi kuper karena mereka merasa berbeda dengan yang lainnya.

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Baca 5 Tips Ini Agar Anak Anda Tidak Kuper!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *