Ingin Tetap Sehat Saat Berlibur? Simak Tipsnya!

Menjalani liburan bisa menghilangkan rasa bosan dan rasa penat yang kamu rasakan. Berlibur memang dibutuhkan dan penting untuk semua orang karena berlibur memiliki banyak manfaatnya. Saat berlibur pastinya kamu gak punya banyak waktu untuk menjaga kesehatan. Sehingga ketika pulang dari liburan, kamu jatuh sakit. Bahkan ada juga loh yang sakit ketika sedang berlibur. Kalau sudah begitu kamu gak bisa menikmati liburanmu dan merepotkan orang-orang yang berlibur dengan kamu. Kamu bisa tetap menjaga kesehatan kok di saat sedang berlibur walaupun gak ada waktu untuk menjaga kesehatan. Gimana tuh caranya? Silahkan simak tips menjaga kesehatan saat berlibur berikut ini!

 

1. Perbanyak nyemil

Sumber: ttps://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/berat-badan-ideal/651-gaya-hidup-sehat/kiat-tetap-langsing-saat-liburan

 

Berlibur membutuhkan perjalan yang jauh tentunya. Di saat menempuh perjalan yang jauh rasa lapar akan muncul. Namanya rasa lapar gak akan bisa sama sekali ditahan dan dihindari. Kamu butuh asupan nutrisi agar kamu kuat dan gak lemes-lemesan di saat kamu masih harus menempuh jarak jauh. Perbanyaklah nyemil di perjalan yang sedang kamu tempuh agar nutrisimu tetap terjaga tentunya dan tenaga kamu semakin bertambah. Kamu bisa kok membawa cemilan sehat dari rumah untuk cadangan persediaan makanan saat di perjalanan. Cemilan yang kamu bawa itu bisa berupa biskuit, kacang-kacangan, atau buah-buahan. Kalau kamu malas membawanya dari rumah, kamu bisa kok membeli cemilan sehat di tempat kamu liburan.

 

2. Perbanyak istirahat

Sumber: http://www.hipwee.com/travel/biar-bisa-move-on-dari-atmosfer-liburan-dan-kembali-produktif-9-hal-ini-bisa-kamu-lakukan/

 

 

Aktivitas berlibur sangatlah banyak. Pindah ke satu tempat ke tempat lainnya. Itulah yang kamu lakukan ketika berlibur ke suatu daerah atau ke suatu negara. Ketika hari-hari liburan penuh dengan kepadatan, kamu pun akan merasa lelah. Udah jalan jauh ke sana sini gak lelah? Hebat kamu itu. Tapi ini cuma beberapa orang sih yang bisa melakukan dan merasakannya. Lelah gak lelah kamu harus tetap perbanyak istirahat loh. Supaya badanmu merasa segar dan bisa menikmati perjalan kembali. Jangan memaksakan diri walaupun gak lelah. Tar pulang-pulang dari berlibur kamu malah merasakan kelelahan yang luar biasa sehingga kamu jatuh sakit. Rasain sendiri kalau sakit. Siapa suruh gak banyak istirahat.

 Baca Juga: Pentingnya Menemukan Sekolah yang Tepat Untuk Anak Anda

 

3. Bawa obat

Sumber: https://tiket.tokopedia.com/travel/benda-sepele-wajib-untuk-liburan/

 

 

Kejadian apapun yang kamu alami saat berlibur entah itu kamu tiba-tiba jatuh sakit ataupun tiba-tiba terjadi kecelakaan gak akan ada yang bisa memperkirakannya. Barang penting yang satu inilah yang wajib kamu bawa saat berlibur. Gak cuman berlibur sih tapi kemanapun kamu pergi barang yang satu ini harus dibawa jangan sampai lupa apalagi ketinggalan. Udah bisa ditebak kalau barang penting tersebut adalah obat. Bawalah obat yang kamu butuhkan di sepanjang liburan. Terutama vitamin. Vitamin lah yang paling penting untuk menjaga daya tahan tubuhmu. Obat yang kamu bawa bisa untuk berjaga-jaga kalau tiba-tiba kamu sakit ataupun mengalami kecelakaan.

 

4. Pintar-pintarlah dalam hal  memilih makanan yang bersih

Sumber: http://surabayanews.co.id/2016/04/05/51991/tips-buat-kamu-biar-tak-bingung-cari-tempat-makanan-saat-liburan.html

 

 

Selain berlibur untuk menikmati suasana tempat yang kamu kunjungi dan untuk menikmati moment yang ada, tentunya wisata kuliner jangan sampai ketinggalan. Menikmati wisata kuliner adalah hal yang kamu tunggu-tunggu saat berlibur. Ketika sudah tertarik akan makanan yang kamu temui dan gak sabar untuk memakannya, kamu akan lupa dengan kebersihan terhadap makanan yang akan kamu makan. Gak peduli apapun itu pasti langsung diserbu. Wait, makanan yang kamu makan itu harus bersih loh. Kalau gak, bisa bahaya tuh buat kesehatan kamu. Saat berwisata kuliner, kamu harus pintar-pintar memilih makanan yang akan kamu makan. Ketahuilah apakah makanan tersebut bersih apa tidak dan yang pasti tempat makan tersebut juga harus bersih biar kamu gak terserang penyakit.

 

5. Jaga porsi makan jangan sampai berlebihan

Sumber: http://www.vientosurtrombones.com/info/beberapa-cara-yang-kreatif-dan-lucu-untuk-menghindari-makan-yang-berlebihan/

 

 

Menikmati makanan saat berlibur emang enak sih. Kamu bisa puas menikmati makanan yang kamu makan. Tapi, kamu harus tetap ingat dengan porsi makanmu loh. Jangan berpikir mentang-mentang lagi berlibur kamu bisa menikmati makanan seenaknya saja. Pikirin deh apa akibat yang akan kamu rasakan kalau porsi makanmu itu berlebihan. Gendut? Bukan hanya itu saja loh. Makan dengan porsi yang berlebihan itu bisa membuat kamu sakit. Contohnya; mual-mual dan pusing karena kekenyangan. Makan boleh aja sih tetapi porsi makan tetap harus terjaga. Inget ya inget, jangan makan banyak-banyak!

Cari sekolah / Cari perguruan tinggi di sini!

 

6. Berolahraga di sekitar penginapan

Sumber: http://ulinulin.com/posts/tips-mudah-pola-hidup-sehat-dan-mendapatkan-tubuh-ideal-selama-liburan

 

 

Tenang aja, saat berlibur kamu masih bisa kok berolahraga. Di penginapan yang kamu tinggali itu pasti ada fasilitas untuk berolahraga. Baik itu jogging trak atau taman kecil. Pergunakanlah fasilitas tersebut untuk berolahraga. Setidaknya olahraga kecil bisa kamu lakukan. Selain dari makanan, berolahragalah yang paling ampuh untuk menjaga kesehatanmu. Setidaknya lakukan olahraga 20 menit dalam sehari.

Sehat saat berlibur itu penting. Kamu gak mau kan tiba-tiba gak bisa menikmati liburan gara-gara jatuh sakit di tempat kamu berlibur. Maka itu, jagalah kesehatan selagi ada waktu!

 

Baca juga

Share this!