6 Tips Berhemat Saat Berlibur, simak di sini!

Bentar lagi mau libur nih. Kira-kira kamu punya rencana mau kemana saat liburan? Ketika memiki rencana atau memutuskan untuk pergi berlibur, kamu harus bisa mempersiapkannya secara matang. Hal yang paling diutamakan saat berlibur adalah budget yang kamu miliki. Ketika berlibur, pastinya budget yang dikeluarkan lumayan banyak. Kamu pasti pengen tetap berhemat saat berlibur kan?  Kamu merasa khawatir kalau kamu gak bisa berhemat? Jangan khawatir, kamu pasti bisa berhemat kok dengan tips-tips berikut ini:

 

1. Buat daftar keperluan yang akan dibawa dan dikeluarkan saat berlibur

Sumber: https://www.pegipegi.com/travel/tips-mudah-untuk-packing-di-segala-jenis-liburan/

 

 

Sebelum berlibur, dari jauh-jauh hari cobalah untuk membuat daftar keperluan yang akan dibawa dan dikeluarkan saat berlibur nanti. Misalnya; booking tiket pesawat atau kereta  pulang pergi, perkiraan biaya booking penginapan , oleh-oleh apa yang ingin kamu beli, peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus kamu bawa, perkiraan biaya akomodasi di sekitar tempat liburan, dll. Saat kamu ingin mengeluarkan uang saat berlibur, bukalah terlebih dahulu daftar yang telah kamu buat tadi. Lihatlah apa saja yang boleh kamu lakukan sesuai daftar yang telah kamu buat. Jika kamu ingin membeli sesuatu yang tidak ada di daftar tersebut, janganlah mengeluarkan uang yang kamu bawa.

 

2. Cari situs online yang masih menyediakan tiket dengan harga murah

Sumber: https://blog.traveloka.com/siapa-bilang-mudik-naik-pesawat-itu-mahal-ini-5-tips-dapatkan-tiket-murah/

 

 

Untuk berlibur hemat, pesanlah tiket dengan harga yang murah. Carilah situs online yang masih menyediakan tiket dengan harga murah. Kamu mencarinya jangan hanya satu situs online. Carilah banyak situs online. Setelah menemukan banyak situs online yang menyediakan tiket dengan harga murah, kamu bisa memilih mana yang harganya paling murah. Setelah mendapatkannya, langsung dipesan. Jangan menunda-nunda waktu lagi. Kalau kamu menunda waktu, harga tiket akan semakin mahal. Kalau ternyata masih belum menemukan harga tiket yang murah, gak apa-apa pesen aja. Tapi lain kali kalau mau dapet harga tiket yang murah, pesanlah tiket jauh-jauh hari.

 

3. Manfaatkan paket berlibur yang murah plus lengkap ataupun promo diskon

Sumber: http://www.balitopholiday.com/category/promo-wisata-bali/page/2/

 

 

Jika kamu memutuskan untuk berlibur dan kamu ingin berlibur dengan biaya yang serba murah, kamu bisa memanfaatkan paket liburan.  Kamu bisa memilih paket liburan yang murah plus lengkap dengan penginapan dan akomodasi di sepanjang liburan. Baik itu liburan ke luar kota maupun liburan ke luar negeri. Selain itu, kamu juga bisa memanfaat promo diskon liburan yang disediakan oleh beberapa perusahaan travelling. Dengan memanfaatkan paket berlibur yang murah dan memanfaatkan promo diskon, kamu bisa hemat berapa persen dari budget yang kamu miliki. Sehingga kamu gak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk berlibur.

Baca juga: Lakukan ini Agar Tugas Sekolah / Kuliahmu Selesai Tepat Waktu!

 

4. Pintar-pintarlah menawar harga barang yang ingin dibeli

Sumber: http://www.bicarafashion.com/cara-menawar-harga-fashion-dengan-psikologi

 

 

Membeli oleh-oleh adalah kegiatan yang pasti dilakukan saat pergi berlibur. Kamu pastinya begitu kan saat berlibur? Di tempat yang kamu kunjungi pastinya banyak tempat yang menjual berbagai oleh-oleh. Supaya kamu bisa berhemat, pilihlah tempat yang menjual oleh-oleh yang bisa kamu tawar. Nah, ketika kamu ingin membeli oleh-oleh untuk keluargamu atau untuk teman-temanmu, kamu harus pintar-pintar menawar harga barang yang kamu beli. Tentukan harga yang ingin kamu tawarkan. Yang pasti, harganya harus masuk akal. Jangan menawar dengan harga yang sangat murah.

 

5. Cari rekomendasi tempat makan dengan harga murah dari food blogger

Sumber: http://forum.idws.id/threads/apa-itu-food-blogger-kenali-di-sini-gan-siapin-tisu-buat-ngelap-iler.549015/

 

 

Inilah kegiatan yang gak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke suatu tempat. Yaps, berwisata kuliner. Dengan berwisata kuliner kamu bisa menikmati kuliner-kuliner khas yang ada di tempat tersebut. Tapi, seringkah kamu berpikir kalau wisata kuliner itu pasti membutuhkan budget yang besar? Siapa bilang wisata kuliner itu membutuhkan budget yang besar? Kamu  tetap bisa kok berwisata kuliner dengan budget yang sedikit. Gimana caranya nih? Gampang kok, kamu bisa cari rekomendasi tempat makan dengan harga yang murah di daerah tersebut dari berbagai food blogger.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

6. Cari info objek wisata gratis

Sumber: https://alidesta.wordpress.com/2015/05/09/988/

 

 

Berlibur di suatu daerah, kurang menyenangkan kalau belum mengunjugi objek-objek wisata yang ada di daerah tersebut. Carilah objek wisata yang gratis. Biar hemat gitu. Untuk mengetahui ada objek wisata apa sajakah yang gratis di daerah yang kamu kunjungi, gunakanlah internet. Carilah infonya secara lengkap. Apa pun yang kamu cari pasti ketemu kok. Berwisata di objek wisata yang gratis kan lumayan tuh. Kamu gak perlu mengeluarkan budget sama sekali.

Berhematlah saat berlibur agar budget yang kamu keluarkan tidak cepat habis! Semoga liburanmu menyenangkan dan nyaman yaaa. Selamat menikmati liburan!

 

Baca juga

Share this!