Lakukan ini Agar Tugas Sekolah / Kuliahmu Selesai Tepat Waktu!

Tepat waktu adalah suatu kebiasaan bagi setiap orang. Kamu lah yang harus mengatur waktu bukan waktu yang mengatur kamu. Jika kamu terbiasa untuk tepat waktu, sampai kapanpun kamu akan terus tepat waktu. Kedisiplinan waktu harus terus ditingkatkan. Terutama  hal tepat waktu dalam menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kuliah. Dimana semua guru atau dosen menginginkan siswa atau mahasiswanya dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktu yang ditentukan. Kalau gak tepat waktu bisa-bisa tugasmu ditolak atau dikurangi nilainya. Berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan agar tugas sekolah / kuliah yang kamu  kerjakan selesai tepat waktu:

 

1.  Kerjakan apa adanya yang penting selesai tidak perlu sempurna.

Sumber: http://www.ayobergaul.com/2016/02/alat-untuk-mengerjakan-tugas.html

 

 

Udah kerjain tugas itu apa adanya aja, yang penting selesai. Gak perlu sempurna. Setiap tugas yang kamu kerjain itu pasti ada kok yang gak sempurna. Lagian guru atau dosenmu gak akan melihat kesempurnaan tugas yang kamu kerjakan kok. Mereka hanya melihat apakah tugas yang kamu kerjakan itu sesuai dengan permintaannya atau tidak. Segala sesuatu itu tidak ada yang sempurna. Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.

 

2. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

Sumber: http://www.hipwee.com/motivasi/8-cara-yang-bisa-membuatmu-tak-patah-semangat-walau-dihajar-tugas-kuliah-berat/

 

 

Soal akan tugas yang kamu kerjakan memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Ada yang gampang dan ada yang susah. Sebaiknya, kerjakan dulu soal yang kamu anggap gampang. Untuk soal yang kamu anggap susah kerjainnya belakangan aja. Ketika kamu selesai mengerjakan  soal yang mudah, barulah setelah itu kamu mengerjakan soal yang susah. Kalau kamu mengerjakan soal yang susah dulu, malahan kelamaan ngerjainnya.

 

3. Jangan kebanyakan bengong

Sumber: http://www.hipwee.com/hubungan/inilah-tandanya-hubunganmu-menghalangimu-untuk-maju/

 

 

Woyyy, jangan bengong! Tar kesambet setan loh. Ini nih yang bisa membuat kamu menyelesaikan tugas gak tepat waktu. Begong itu sama saja dengan kamu membuang-buang waktu yang ada. Waktu itu selalu berjalan dengan cepat. Jadi, kalau kamu bengong maka waktu kamupun akan terbuang secara sia-sia. Kan sayang tuh kamu kehilangan waktu yang seharusnya banyak menjadi sedikit cuman gara-gara kamu bengong.

Baca juga: Stop Kecanduan Sosmed!

 

4. Atur waktu berapa lama tugas yang kamu kerjakan

Sumber: https://perawatsetengahmuda.wordpress.com/category/manajemen-waktu/

 

 

Mengerjakan tugas itu gak perlu membutuhkan waktu yang lama. Kamu harus bisa pintar-pintar mengatur waktu yang kamu butuhkan. Misalnya, 1 sampai 2 jam. Nah, dalam waktu 1 sampai 2 jam itulah kamu harus fokus mengerjakakan tugas. Pastikan tugas yang kamu kerjakan itu jangan lewat dari waktu yang kamu tentukan.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

5. Jauhkan dari hal-hal yang mengganggumu

Sumber: http://gambarkata.com/gambar-kata-jangan-ganggu-gue/ganggu/

 

 

Merasa terganggu adalah penghalang bagi kamu untuk menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kuliah yang kamu kerjakan. Di saat kamu sedang mengerjakan tugas dan kamu ingin tugas yang kamu kerjakan itu selesai tepat waktu, kamu harus menjauhkan diri dari hal-hal yang membuat kamu merasa terganggu. Kamu bisa menjauhkan diri dari gadget, acara tv yang membuat kamu terganggu, dan jauhkan dirimu dari tempat yang berisik.

Selalu ingatlah dengan deadline dan jangan lewat dari deadline yang ditentukan. Selamat berjuang!

Baca juga

Share this!