Stop Kecanduan Sosmed!

Bersosial media emang asyik sih. Kamu bisa menjelajahi seluruh dunia. Kamu bisa mengetahui segala hal yang tidak kamu ketahui dan juga belum pernah kamu lihat. Bersosial media dapat membuat kamu menjadi kecanduan. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun sudah banyak yang mengalami kecanduan bersosial media. Untuk menghentikan kecanduan sosial media, yuk perhatian tips-tips berikut ini supaya kamu gak kecanduan sosial media lagi! Berikut tips-tips menghentikan kecanduan sosial media:

 

1. Buat jadwal kapan waktu kamu untuk bersosial media

Sumber: http://www.infourmasi.com/2015/04/10-teknik-bijak-mengatur-waktu.html

 

 

Kamu haruslah punya waktu yang tepat untuk bersosial media. Aturlah waktu yang kamu butuhkan untuk bersosial media. Kamu bisa mencatat di buku kapan waktu kamu untuk bersosial media. Tetapkanlah berapa lama kamu bersosial media dalam sehari. Setidaknya paling lama 15 menit dalam sehari. Sebelum kamu ingin menggunakan sosial media, bukalah catatan tersebut untuk mengetahui kapan waktu kamu untuk bersosial media dan berapa lamakah waktu yang kamu butuhkan untuk bersosial media.

 

2. Dahulukan prioritas kamu

Sumber: http://www.tandapagar.com/hidup-akan-selalu-menuntut-kamu-menentukan-prioritas/

 

 

Prioritas itu penting bahkan sangatlah penting bagi kehidupan kamu. Kamu pun dalam keseharian mempunyai prioritas yang ingin kamu lakukan dan ingin kamu wujudkan kan? Nah, maka dari itu sebaiknya kamu lakukan dan wujudkan terlebih dahulu deh prioritas kamu. Soal urusan bersosial media adalah urusan belakangan. Karena prioritas merupakan segala sesuatu yang harus kamu utamakan terlebih dahulu. Prioritas itu jauh lebih penting dari bersosial media. Bersosial media lebih mudah untuk dilakukan, sedangkan melakukan dan mewujudkan prioritas adalah hal yang sulit.

 

3. Perbanyaklah aktivitas offline

Sumber: http://www.123rf.com/stock-photo/offline.html

 

 

Hey, kamu kecanduan sosial media ya? Ayo dong lakukan aktivitas offline! Aktivitas offline itu lebih seru dan lebih bermanfaat bagi kamu loh. Lagian online terus gak enak ahhh. Apa kamu gak merasa bosan dan jenuh?  Mendingan kamu melakukan aktivitas offline aja. Entah itu belajar, jalan-jalan, nongkrong, dll. Aktivitas offline itu bisa memperbanyak pergaulan. Kalau kamu kurang bergaul, bisa-bisa kamu dicap sebagai orang yang kuper. Gak mau kan dibilang kuper?

 

4. Ketahuilah dampak buruknya mulai dari dalam dirimu

Sumber: http://www.loop.co.id/articles/apa-5-dampak-negatif-sosmed-ini-ada-di-diri-kamu

 

 

Merasa kecanduan sosial media memiliki dampak buruk bagi kamu. Cobalah kamu untuk mengetahui dampak buruk dari kecanduan bersosial media. Cara mudahnya, perhatikan dirimu sendiri. Bagaimana dengan dirimu yang selama ini kecanduan sosial media dan apakah yang kamu rasakan?  Setelah kamu tau dampak buruknya, dijamin kamu bisa berhenti kecanduan sosial media. Selain itu, kamu juga bisa lihat dampak buruk yang dialami oleh orang-orang di sekitarmu yang tentunya mengalami kecanduan sosial media. Kecanduan sosial media itu bisa seperti orang yang kecanduan narkoba. Ketagihan dan ketagihan terus.

Baca juga: Hal yang Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

 

5. Blokir akun sosial media yang kamu miliki

Sumber: https://www.winnetnews.com/post/menkominfo-akan-blokir-akun-media-sosial-penyebar-provokasi

 

 

Ini adalah cara yang paling kejam buat kamu, memblokir akun sosial media yang kamu miliki. Cara inilah yang bisa membuat kamu berhenti kecanduan sosial media. Dengan cara ini, kamu gak akan bisa lagi membuka akun sosial media yang kamu miliki. Jadi, kamu punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas offline yang jauh lebih bermanfaat bagi kamu. Emang kejam sih cara ini. Tapi yaaa, mau gimana lagi kalau kamu udah kecanduan sosial media. Namanya kecanduan, udah pasti susah untuk dihentikan.

 

6. Fokuskan diri untuk bergaul

Sumber: http://www.dewiasih.com/cara-agar-mudah-untuk-bergaul-dengan-orang-lain/

 

 

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Dimana manusia itu tidak dapat hidup sendirian tanpa bantuan orang di sekitarnya. Kamu pastinya begitu kan? Lebih baik kamu fokuskan dirimu aja dengan bergaul dengan orang-orang di sekitarmu. Memperbanyak pergaulan bisa membentuk suatu relasi atau hubungan baik. Selain itu, kekeluargaan akan terbentuk dari pergaulan yang kamu alami. Pergaulan tidak hanya bisa kamu lakukan di lingkungan sekolah atau di lingkungan kampus, tapi juga bisa kamu lakukan di luar lingkungan sekolah atau kampus.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

7. Jangan terlalu kepo

Sumber: https://ellestary.wordpress.com/page/2/

 

 

Zaman sekarang untuk mendapatkan berbagai informasi bisa ditemukan di sosial media. Informasi di sosial media lah yang bisa membuat kamu kecanduan sosial media. Untuk menghentikan kecanduan sosial media, janganlah terlalu kepo terhadap info terkini yang ada di sosial media! Agar kamu tetap bisa mengetahui info terkini, kamu bisa kok menemukannya lewat media lain. Sebagai contoh; lewat membaca buku, membaca majalah, membaca koran, menonton TV, ataupun dengerin berita di radio.

 

8. Matikan gadget ketika sedang beraktivitas dengan orang-orang sekitar

Sumber: http://www.andromin.com/2016/01/cara-mudah-mematikan-hp-android-dari-jauh-lewat-sms.html

 

 

Cara ini bisa kamu lakukan kok ketika kamu sedang beraktivitas dengan orang-orang di sekitarmu. Matikan saja gadgetmu sejenak. Fokuskan dirimu dengan sekitar dan dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Ketika kamu lebih fokus ke gadget, maka kamu gak akan fokus terhadap sekitarmu dan terhadap orang-orang di sekitarmu. Lagian, terlalu lama menggunakan gadget itu gak bagus buat kesehatanmu loh. Kenapa bisa begitu? Karena gadget itu memiliki radiasi yang sangat tinggi. Radiasi itulah yang bisa menyebabkan kerusakan syaraf otak.

Mulai dari sekarang, hentikan yuk kecanduan bersosial media! Kalau bukan sekarang, ya kapan lagi?

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Stop Kecanduan Sosmed!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *