Ketahuilah Kepintaranmu disini!

Mendengar kata kepintaran di pikiranmu, kamu pasti akan berpikir kalau ke pintaran itu berhubungan dengan otak. Kepintaran itu tidak hanya berhubungan dengan otak tetapi juga bisa berhubungan dengan kemampuan dan emosional yang dimiliki. Setiap orang ada yang pintar dan ada yang kurang pintar. Berikut ini merupakan tanda-tanda yang membuktikan bahwa kamu termasuk orang yang pintar:

 

1. Aktif bertanya

Sumber: http://lananewakatobi.blogspot.co.id/2015/08/5-tips-menjadi-pelajar-berprestasi.html

 

 

Coba kamu perhatikan dirimu di sekolah atau di kampusmu atau dimana pun kamu berada, apakah kamu aktif bertanya apa tidak. Jika kamu aktif bertanya berarti kamu termasuk orang yang pintar. Orang pintar itu pasti aktif bertanya karena mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika kamu bertanya dan kamu merasa kurang puas akan jawaban yang diberikan, kamu pasti akan mencari jawaban lain yang akan membuat kamu merasa puas.

 

2. Rajin belajar

Sumber: https://thetrueinventor.wordpress.com/

 

 

Banyak orang yang bilang kalau mau pintar harus rajin belajar. Itu emang bener sih. Kalau kamu rajin belajar berarti kamu adalah orang yang pintar. Kamu yang pintar pasti rajin belajar kok. Karena kamu ingin mendapatkan berbagai macam ilmu yang selama ini belum kamu ketahui dan setelah kamu mendapatkan ilmu itu kamu pun ingin menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

3. Suka berbagi ilmu

Sumber: http://mrsyahrudin23.blogspot.co.id/2013/05/berbagi-ilmu-pengasihan-rokokhembusan.html

 

 

Kamu yang pintar pasti kamu suka dengan yang namanya berbagi ilmu kepada teman-teman yang membutuhkan ilmumu. Kamu berusaha untuk membagikan ilmu tersebut sehingga mendapatkan manfaat. Contohnya; temanmu dari yang gak tahu apa-apa atau gak bisa apa-apa tiba-tiba menjadi paham akan ilmu yang kamu berikan.

 

4. Berusaha untuk memperbaiki kesalahan yang diperbuat

Sumber: http://revolusi-batin.blogspot.co.id/2012/01/memperbaiki-kesalahan.html

 

 

Yang namanya manusia pasti pernahlah melakukan kesalahan. Melakukan kesalahan adalah sesuatu yang wajar. Ketika kamu melakukan suatu kesalahan, kamu pun akan langsung memperbaiki kesalahan tersebut apa pun dan bagaimanapun caranya. Kemudian kamu akan terus berusaha untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

Baca Juga: Tips dan Trik Menghilangkan Rasa Cemas Sebelum atau Saat Menghadapi Ujian

 

5. Sering mendapatkan nilai bagus

Sumber: http://lafart.blogspot.com/2015/02/tips-mendapat-nilai-bagus.html

 

 

Mendapatkan nilai jelek tentunya bisa membuat kamu merasa kecewa. Untuk mengetahui kalau kamu itu pintar, cobalah untuk memperhatikan nilai pelajaran dan nilai ujianmu. Kalau kamu lebih sering mendapatkan nilai bagus daripada nilai jelek, berarti kamu adalah termasuk orang yang pintar. Orang pintar itu nilainya bagus-bagus kok dan jarang sekali mendapatkan nilai jelek. Mendapatkan nilai bagusnya itu tanpa nyontek loh.

 

6. Tipe burung hantu

Sumber: http://pernikdunia.com/binatang/gambar-burung-hantu-nan-unik/

 

 

Bingung ya tipe burung hantu itu apa? Tipe burung hantu itu adalah orang yang memiliki kebiasaan yang sama dengan burung hantu, yaitu; aktif sampai larut malam. Aktif sampai larut malam itu maksudnya ngapain sih? Aktif sampai larut malam yaitu kamu melakukan kegiatan entah itu belajar, mengerjakan tugas, dan membaca berbagai media cetak atau pun browsing-browsing internet untuk mencari info penting.

 

7. Suka berpetualang untuk menemukan hal-hal baru

Sumber: http://brighterlife.co.id/2013/08/31/mengusir-jenuh-dengan-berlibur-berpetualang/

 

 

Bagi kamu, mendapatkan ilmu tidak hanya bisa kamu dapatkan dari pelajaran di sekolah atau di kampus tapi bisa didapatkannya dari lingkungan luar sekolah atau luar kampus. Kamu pun akan berusaha untuk mendapatkan ilmu lebih dengan cara berpetualang. Berpetualang dengan cara pergi jalan-jalan ke suatu tempat untuk menemukan hal-hal baru yang dapat kamu pelajari tentunya. Selain berpetualang dengan jalan-jalan, kamu juga akan berpetualang ke dunia maya untuk menemukan hal-hal baru.

 

8. Tidak pernah menghina orang

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/428334614532633135/

 

 

Berkata kasar dengan cara menghina orang merupakan perbuatan yang menyakitkan. Orang yang pintar dijamin gak akan menghina orang. Mereka tahu bahwa menghina orang akan berakibat fatal secara fisik maupun secara mental. Jadi, mereka akan mencoba untuk tidak menghina orang.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

9. Berpikir dahulu sebelum berbicara

Sumber: http://abiummi.com/cara-mengatasi-marah-dalam-5-langkah/berpikir-sebelum-berbicara-2/

 

 

Saat ingin berbicara, orang pintar pasti akan berpikir dahulu tentang apa yang akan dibicarakannya. Kamu akan berpikir apakah yang akan kamu katakan itu nyambung apa gak, sopan atau tidak, kasar atau tidak, dan perkataannya dewasa atau tidak. Karena apa yang kamu ucapkan sangat berpengaruh bagi orang-orang di sekitarmu yang sedang berbicara dengan kamu.

Nah, sekian deh tanda-tanda yang membuktikan kalau kamu itu termasuk orang yang pintar. Adakah tanda-tanda tersebut di dalam dirimu?

 

Baca juga

Share this!