Tips dan Trik Menghilangkan Rasa Cemas Sebelum atau Saat Menghadapi Ujian

Bulan ini merupakan masa-masanya ujian bagi kamu yang sekolah maupun kuliah. Ketika masa-masa ujian banyak hal yang akan kamu hadapi termasuk rasa cemas muncul ke dalam dirimu sehingga menghambat kamu untuk menghadapi ujian. Kalau tiba-tiba rasa cemas muncul ke dalam dirimu sebelum atau saat menghadapi ujian, dijamin ujianmu gak bisa berjalan dengan lancar. Kamu gak perlu takut kok kalau rasa cemas itu muncul secara tiba-tiba. Ikuti tips dan trik berikut ini untuk menghilangkan rasa cemas sebelum atau saat menghadapi ujian!

 

1.  Terapkan cara belajar berkualitas yang efektif dan efisien secara teratur

Sumber: http://dwcorp.blogspot.co.id/2015/11/bagaimana-belajar-efektif-dan-efisien.html

 

 

Sebagian besar dari kamu yang masih pelajar atau mahasiswa, tentunya mempunya cara belajar yang berbeda-beda. Baik itu cara belajar yang biasa-biasa saja maupun cara belajar berkualitas yang efektif dan efisien. Sebelum atau saat menghadapi ujian, kamu bisa menerapkan cara belajar berkualitas yang efektif dan efisien seperti; belajar perkelompok, belajar dengan serius dan tekun, aktif bertanya, dll. Terapkanlah cara belajar tersebut secara teratur. Jangan hanya saat mau menghadapi ujian saja kamu baru belajarnya. Kalau kamu terbiasa untuk menerapkan cara belajar berkualitas yang efektif dan efisien kamu gak akan cemas lagi jadinya. Gak cemas akan jawaban yang kamu berikan dan gak cemas akan hasil yang akan kamu dapatkan.

 

2.  Belajar dengan santai

Sumber: http://fhaclaraalifa.blogspot.co.id/2015/03/cara-belajar-yang-mudah-dan-efektif.html

 

 

Yang kamu inginkan saat belajar yaitu belajar dengan santai. Ketika kamu sedang belajar, lakukanlah dengan santai. Gak perlu terburu-buru kok. Belanda masih jauh coyyy.  Pelajari secara perlahan-lahan sampai kamu paham dan kamu mengerti. Belajar dengan santai itu bisa kamu lakukan sambil mendengarkan musik atau sambil nyemil.

 

3. Selalu berpikir kalau ujian yang kamu hadapi pasti selesai

Sumber: http://aura-nuansabiru.blogspot.co.id/2014/04/inilah-5-jawaban-lucu-siswa-saat.html

 

 

Ketika kamu menempuh pendidikan, kamu pastinya akan menghadapi berbagai ujian. Di saat kamu menghadapi ujian, kamu harus selalu berpikir kalau ujian yang sedang kamu hadapi di sekolah atau di kampus pasti selesai. Kamu juga bisa tanamkan dalam pikiran kamu kalau ujian yang kamu hadapi itu pasti selesai tidak seperti ujian kehidupan yang gak selesai-selesai.

Baca juga: 5 Daftar Nama CEO Muda dan Sukses Lulusan Binus

 

4. Berserahlah kepada Tuhan

Sumber: https://rendyjuniarto.wordpress.com/2013/07/09/berserah-kepada-yesus-bukanlah-pasrah/

 

Apapun yang kamu lakukan, berserahlah kepada Tuhan. Jangan malah pasrah. Serahkan saja semuanya kepada Tuhan sebelum atau saat kamu menghadapi ujian. Saat ujian pasti ada rasa cemas kan? Buanglah jauh-jauh rasa cemas itu dengan cara berserah diri kepada Tuhan. Tugas kamu menjalani dan menghadapi ujian tersebut sampai selesai. Biarkan Tuhan yang menjalankan tugasnya untuk kamu. Jika kamu pasrah, rasa cemas itu gak akan hilang loh. Malahan makin bertambah.

 

5. Lepaskanlah segala beban pikiran dan buang jauh-jauh pikiran negatif

Sumber: https://syafrizalrizal.blogspot.co.id/2012_10_01_archive.html

 

 

Penyebab utama munculnya rasa cemas adalah beban pikiran dan pikiran negatif yang terus muncul di pikiranmu. Jika kamu mengalami hal seperti ini, cobalah untuk melepaskan segala beban pikiranmu dan buang jauh-jauh pikiran negatif tersebut. Mendingan pikirkan hal-hal yang positif aja deh. Berpikir mengenai hal-hal positif jauh lebih menyenangkan dari pada terus memikirkan hal-hal yang negatif. Kalau kamu berpikir negatif mulu, malahan kamu gak bisa fokus.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

6.  Istirahatlah yang cukup

Sumber: https://guesimple.wordpress.com/2014/11/28/7-tips-agar-tetap-sehat/

 

 

Udah pada tahu kan kalau istirahat yang cukup itu sangatlah penting untuk dilakukan? Istirahat yang cukup tentunya banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan. Jika kamu dapat melakukan istirahat yang cukup, maka kamu akan terhindar dari beban pikiran. Beban pikiranlah yang dapat membuat kamu merasa cemas. Semakin berat beban pikiranmu, maka kamu pun akan semakin cemas.

 

7. Jangan panik

Sumber: http://infoprostat.blogspot.co.id/2015_07_01_archive.html

 

 

Ketika kamu sedang ujian dan menemukan soal ujian yang rumit, cobalah untuk jangan panik dulu. Hadapi saja dengan santai. Berusahalah untuk mencari jawaban dari soal yang rumit tersebut. Kalau tiba-tiba waktu ujian sudah mau habis dan kamu belum bisa menemukan jawaban atas soal ujian yang rumit, jawablah apa adanya walaupun jawaban yang kamu berikan itu aneh atau ngaco ataupun salah. Yang penting dijawab. Jangan sampai ada jawaban yang kosong. Kalau jawabanmu kosong, nilaimu akan semakin berkurang loh. Kan sayang tuh.

Rasa cemas bisa membuat kamu gagal kalau kamu gak punya cara atau gak mau berusaha untuk menghilangkan rasa cemas tersebut. Jadi, lakukanlah hal-hal yang dapat menghilangkan rasa cemasmu termasuk tips dan trik tadi!

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Tips dan Trik Menghilangkan Rasa Cemas Sebelum atau Saat Menghadapi Ujian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *