Kamu Suka Gugup Saat Presentasi di Depan Kelas? Baca Ini!

Kegugupan merupakan hal tersulit yang sering terjadi pada sebagian orang bahkan pada banyak orang. Ketika kamu di sekolah atau di kampus harus mempresentasikan suatu hal, pastinya rasa gugup sering muncul secara tiba-tiba tanpa kamu sadari secara langsung maupun tidak langsung. Tentunya kamu pasti pengen rasa gugupmu itu hilang ketika kamu harus presentasi karena kamu mau apa yang kamu presentasikan itu berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang bagus. Kali ini, aku akan kasih kamu tips dan trik mengatasi rasa gugup saat presentasi di depan kelas. Berikut ini adalah tips dan trik mengatasi rasa gugup saat presentasi di depan kelas:

 

1. Belajar berkomunikasi di depan kaca atau cermin

Sumber: http://ibn-khayr.blogspot.co.id/

 

belajar-dulu-di-depan-kaca

 

Cara mudah untuk mengatasi rasa gugup saat presentasi di depan kelas yaitu kamu bisa mencoba belajar berkomunikasi di depan kaca atau cermin. Cobalah untuk melatih komunikasi kamu supaya mempelancar komunikasi kamu, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri saat presentasi, dan melatih kamu supaya gak gugup. Ketika kamu belajar berkomunikasi di depan kaca atau cermin, kamu bisa tahu apakah kamu sudah lancar apa belum berkomunikasinya dan apakah kamu gugup atau tidak gugup. Dengan cara inilah kamu akan terbiasa berkomunikasi saat presentasi. Jadinya presentasimu lancar, kamu gak gugup lagi, dan hasil dari presentasimu tentunya bagus.

 

2. Pelajari materi yang akan kamu presentasikan

Sumber: http://www.pricebook.co.id/article/serba_serbi/2016/07/25/4613/5-laptop-murah-yang-cocok-untuk-bantu-siswa-belajar

 

pelajari-materi-presentasi

 

Sebelum kamu maju ke depan kelas untuk presentasi, kamu harus mempelajari terlebih dahulu materi yang ingin kamu presentasikan. Pahami dan kuasai apa saja yang akan kamu bahas saat presentasi. Dan setelah kamu berhasil memahami dan menguasai materi yang akan kamu presentasikan, kamu harus tetap mengingat apa yang sudah kamu pelajari tadi. Jangan sampai lupa lagi. Harus dipahami dan dikuasai secara matang.

Baca juga: Manfaat Menjadi Siswa Berprestasi

 

3. Bayangkan saat presentasi kelasmu kosong

Sumber: http://anton-hermansyah.blogspot.co.id/2009/05/kelas-kosong.html

 

kelas-kosong

 

Ketika kamu merasa gugup saat presentasi, kamu bisa kok membayangkan kondisi kelas yang kosong. Anggap aja gak ada audience cuman ada kamu sama guru atau dosenmu. Kamu keluarkan saja semua kata-katamu berdasarkan materi presentasi, jangan takut untuk salah. Kamu akan merasa percaya diri, komunikasimu berjalan dengan lancar, dan tentunya rasa gugup itu akan hilang secara tiba-tiba tanpa kamu sadari baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

4. Bayangkan audience di depanmu adalah orang-orang penting

Sumber: http://news.xcoid.com/read/2016/08/15/ikuti-6-cara-ini-presentasi-dijamin-sukses-cgg8an/

 

audience-oarang-penting

 

Selain kamu membayangkan kondisi kelas yang kosong, kamu juga bisa kok membayangkan kalau kamu saat ini sedang presentasi di depan orang-orang penting. Anggaplah kamu sudah bekerja dan kamu sedang presentasi di depan orang-orang penting. Ketika kamu sedang membayangkan presentasi di depan orang-orang penting, kamu gak mau malu-maluin mereka maka dari itu kamu berusaha memberikan presentasi yang terbaik buat mereka. Dengan begitu, kamu akan terlatih dan terbiasa presentasi di hadapan banyak orang tanpa ada rasa gugup dan kegagalan yang tidak pernah kamu inginkan.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

5. Tarik nafas perlahan-lahan sebelum dan saat presentasi

Sumber: https://job-like.com/magazine/mengatasi-rasa-malu-dan-tegang/

 

tarik-nafas

 

Hayooo, kamu suka gugup sebelum maupun saat presentasi di depan kelas ya? Karena kamu gugup jadinya presentasi kamu gak lancar dan hasilnya gak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Udah jangan kecewa gitu dong! Nih, saat sebelum kamu presentasi kamu bisa kok lakukan olahraga kecil dengan cara tarik nafas perlahan-lahan supaya rasa gugup kamu mulai berkurang. Dan ketika kamu sedang presentasi, pastinya ada waktu jeda kan? Nah, di saat itulah kamu bisa tarik nafasmu kembali secara perlahan-lahan supaya rasa gugupmu yang muncul secara tiba-tiba bisa berkurang kembali.

 

6. Tenangkan pikiranmu

Sumber: http://health.detik.com/read/2012/11/06/095707/2082720/763/ssst-ini-rahasianya-agar-dapat-membaca-pikiran-orang-lain

 

tenangkan-pikiranmu

 

Percaya gak percaya saat pikiranmu gak tenang, kamu gak akan bisa ngapa-ngapain dan rasa gugup akan muncul ke dalam dirimu. Jika kamu merasa pikiranmu gak tenang, cobalah untuk menenangkan pikiranmu sejenak. Kamu bisa melakukan meditasi, dengerin lagu yang bersemangat, beristirahat sejenak, dll. Dengan begitu, pikiranmu akan tenang lagi. Jadinya kamu percaya diri dan gak akan gugup saat presentasi di depan kelas.

Mau rasa gugupmu berkurang? Makanya, ikutilah tips dan trik di atas!

 

-Selamat Mencoba-

 

gugup

 

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Kamu Suka Gugup Saat Presentasi di Depan Kelas? Baca Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *