Tips dan Trik Lulus UN

Kamu yang sudah sekolah tingkat akhir bentar lagi mau UN ya? Kamu pastinya sudah mendengarkan berita bahwa UN mau dihapuskan. Etssss, jangan seneng dulu. Itu baru rencana loh, belum pasti benar. Untuk berjaga-jaga, yuk baca tips dan trik agar lulus UN! Tips dan triknya adalah sebagai berikut:

 

1. Fokus dan konsentrasi belajar

Sumber: http://www.bagaimanacaranya.co/tag/cara-fokus-belajar-sendiri/

 

fokus

 

Di saat waktunya menghadapi UN kamu lebih baik fokus aja ke UN jangan mikirin yang aneh-aneh. Fokuskan dirimu hanya ke UN. Soal hal lain nanti aja dipikirinnya. Yang penting kamu harus fokus dan konsentrasi saat belajar. Pusatkan pikiranmu ke materi pembelajaran yang hendak kamu pelajari dan kamu juga harus konsentrasi agar apa yang kamu pelajari cepat masuk ke otak, cepat dimengerti, dan gak lupa-lupaan.

 

2. Rajin belajar

Sumber: http://www.loop.co.id/articles/simak-8-cara-jitu-ini-biar-kamu-semangat-ketika-belajar

 

rajin-belajar

 

Ketika kamu menginginkan lulus UN, tentunya kamu harus punya usaha dengan cara rajin belajar. Dengan rajin belajar, keinginan kamu untuk dapat lulus UN pasti 100% tercapai. Tidak hanya lulus UN, rajin belajar juga bisa membuat kamu mendapatkan nilai bagus saat ulangan harian, UTS, UAS, Try Out, dll. Jadi, usahakanlah untuk rajin belajar jangan males-malesan. Jika rasa malas timbul di dalam dirimu, kamu harus bisa buang jauh-jauh rasa malas itu.

 

3. Jangan remehkan Try Out

Sumber: https://loveit.web.id/category/try-out/

 

try-out-un

 

Sudah tahu kan Try Out itu apa? Try Out adalah uji coba untuk menghadapi UN. Try Out diselenggarakan untuk menguji kemampuan belajar kamu selama ini. Apakah kamu sudah paham atau masih belum paham. Dalam setiap tahunnya, Try Out dilakukan sebanyak 5 kali. Setiap Try Out, kamu jangan deh meremehkannya karena Try Out itu biar kamu tahu sebesar mana batas kemampuan kamu. Kalau bisa diusahakan dari Try Out 1-5 kamu memperoleh nilai bagus. Kalau nilaimu jelek kamu akan merasa kesusahan nantinya saat mengerjakan soal UN karena soal UN gak beda jauh dengan soal Try Out.

 

4. Punya strategi management waktu

Sumber: http://pengertianmanajemen.net/pengertian-manajemen-waktu/

 

manage-waktu

 

Dalam setiap hari, pastinya kamu memiliki waktu kosong untuk bersantai-santai dan waktu belajar. Kamu bisa menyusun strategi management waktu. Buatlah strategi management waktu antara waktu bersantai-santai dengan waktu belajar. Perkirakan dalam sehari waktu santaimu 1 jam dan waktu belajarmu 2-3 jam. Dengan begitu, kamu akan tahu kapan waktu untuk bersantai-santai dan kapan waktu untuk belajar.

 

5. Kurangi bersenang-senang

Sumber: http://klear.com/profile/urbandist_cafe

 

bersenang-senang

 

Pepatah mengatakan berakit-rakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Inilah suatu gambaran kata pepatah terhadap kondisi yang kamu alami selama masa-masa menjelang UN. Saat masa-masanya menjelang UN, kamu harus mengurangi kegiatan bersenang-senang seperti ngumpul bareng teman, bermain, dll. Kamu harus berjuang dulu sampai UN selesai barulah kamu bisa bersenang-senang. Kalau kamu lebih banyak bersenang-senang daripada belajar dijamin keinginan kamu untuk lulus UN akan menurun.

 

6. Teliti dan percaya diri saat mengerjakan soal UN

Sumber: http://pojoksatu.id/pendidikan/2016/03/22/ujian-nasioanl-2016-disdikbud-ntt-pastikan-tak-ada-kebocoran-soal/

 

mengerjakan-un

 

Ketelitian dan kepercaya dirian sangatlah dibutuhkan saat kamu mengerjakan soal UN. Jika kamu gugup saat mengerjakan soal UN, dijamin pikiran kamu akan buyar dan kamu gak akan konsentrasi buat ngerjain soal UN. Kamu juga harus teliti mengerjakan soal UN. Baca soalnya perlahan-lahan dan setelah selesai mengerjakan soal UN, periksa kembali jawaban yang kamu berikan.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Kamu Malas Belajar

 

7. Perbanyak Berdoa

Sumber: http://dickybaroto.blogspot.co.id/

 

berdoa

 

Pada masa-masa menjelang UN, tentunya kamu janganlah lupa untuk berdoa. Berdoalah supaya apa yang kamu pelajari cepat masuk otak dan cepat dimengerti. Dan ketika hari-hari UN, kamu juga jangan lupa berdoa agar kamu bisa mengerjakan semua soal UN dan kamu bisa lulus dengan nilai yang bagus.

 

8. Jangan lupa minta restu orangtua

Sumber: ttps://amarita20.wordpress.com/pembelajaran-sd-2/pkn/materi/

minta-restu-orangtua

 

Minta restu orangtua bisa menentukan keberhasilanmu. Selama ini keberhasilan yang kamu capai adalah berkat restu orangtuamu. Restu orangtua adalah doa orangtuamu untuk kamu. Jadi, jangan lupa untuk minta restu orangtuamu biar UN kamu lancar dan tentunya kamu bisa lulus UN dengan nilai yang bagus.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

Dicoba yuk guys! Siapa tahu kamu lulus UN dengan nilai yang bagus. Amin… Ini cuma saran loh. Kalau kamu punya tips dan trik lain, yahh silahkan.

 

meme-un

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Tips dan Trik Lulus UN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *