Inilah Alasan Mengapa Kamu Malas Belajar

Ketika kamu mau menghadapi suatu ujian, terkadang rasa malas sering muncul. Rasa malas itulah yang menjadi penghalang buat kamu belajar. Hemmm, kira-kira apa yah alasannya? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu malas belajar:

 

1. Tidak ada strategi atau cara belajar yang efektif

Sumber: http://www.adrianluis.com/motivasi/strategi-belajar-efektif/

 

strategi-belajar-efektif

 

Belajar efektif adalah suatu cara agar kamu bisa mendapatkan nilai bagus dan gak males-malesan lagi belajarnya. Kebanyakan dari kamu pasti malas belajar karena tidak ada strategi belajar yang efektif. Kamu merasa bosan dengan strategi belajar yang itu-itu mulu, jadinya kamu malas untuk belajar lagi.

 

2. Ngantuk

Sumber: http://perawatantips.blogspot.co.id/2015/11/cara-mengatasi-ngantuk-dengan-cepat.html

 

mengantuk

 

Rasa ngantuk dalam proses belajar adalah faktor penghalang bagi kamu untuk belajar sehingga kamu males-malesan belajarnya. Ketika rasa ngantuk muncul, dijamin semangat belajar akan berkurang dan kamu memilih untuk tidur daripada memaksakan diri untuk terus belajar.

 

3. Banyak beban hidup yang terlalu dipikirkan

Sumber: http://www.akuinginsukses.com/bagaimana-mengatasi-depresi-dan-mengubah-hidup-anda/

 

terlalu-memikiran-beban-hidup

 

Di dalam kehidupan pasti kamu pernah yang mengalami beban hidup yang membuat kamu stress. Di saat ada beban hidup yang terus kamu pikirkan kamu pasti akan terus malas belajar. Kamu terus memikiran beban hidup yang sedang kamu hadapi. Jadinya rasa untuk belajar udah gak ada. Memang gak mudah sih untuk menghilangkan beban hidup di pikiranmu kalau kamu sudah merasa terlalu tertekan dengan beban hidup yang kamu alami.

 

4. Banyak bermain

Sumber: http://www.tribunnews.com/kesehatan/2015/08/23/terlalu-sering-main-gadget-banyak-anak-alami-masalah-tulang-belakang

 

terlalu-banyak-bermain

 

Bermain merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk semua orang. Bermain sangatlah dibutuhkan untuk menghilangkan rasa bosan dari rutinitas sehari-hari. Terlalu banyak bermain membuat kamu lupa akan segala hal termasuk belajar. Ketika bermain kita sudah terhipnotis ke dunia permainan sehingga kamu malas belajar dan bodo amat. Bermain boleh-boleh sajalah tapi kamu harus ingat kalau kamu harus belajar karena kewajiban kamu sebagai pelajar adalah belajar.

Baca juga: Tips-tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar

 

5. Terlalu memanfaatkan teman yang pintar

Sumber: http://id.meaww.com/activities/question/smart_shorya/1125?utm_source=NextActivity&utm_medium=Question&utm_campaign=Footer

 

teman-yang-pintar

 

Di dalam dunia pendidikan baik di sekolah maupun di perguruan tinggi pastinya kamu memiliki teman yang pinter. Nah, ketika kamu  memiliki teman yang pintar pasti banyak deh dari kamu yang menggunakan kesempatan dengan cara memanfaatkan teman kamu yang pintar itu. Contohnya; menyuruh teman kamu yang pintar untuk mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah atau kamu selalu menyontek dengan temanmu yang pintar setiap kali berhadapan dengan yang namanya ujian. Itulah yang membuat kamu malas untuk belajar. Kamu sama sekali gak punya keinginan untuk berusaha belajar agar kamu bisa mendapatkan nilai yang bagus.

 

6. Benci dengan guru atau dosen tertentu

Sumber: http://www.quantumikhlas.com/cabut-akar-benci-dalam-hati/

 

benci-sama-guru-atau-dosen

 

Setiap manusia punya rasa berbeda-beda dengan setiap orang. Namanya manusia pasti punya rasa entah itu rasa suka, sayang, atau rasa benci. Rasa bencilah yang susah dihindari oleh setiap orang. Ketika kamu udah benci sama seseorang pasti kamu juga akan malas bertemu ataupun melihat orang tersebut. Begitu juga ketika kamu benci dengan guru atau dosenmu pasti kamu akan malas juga untuk belajar. Rasa benci terhadap guru atau dosen gak jauh-jauh pasti karena guru atau dosen itu galak, pelit nilai, ngajarnya ogah-ogahan, kamu sering dihukum, dll.

 

7. Gak suka dengan mata pelajaran atau mata kuliah tertentu

Sumber: http://ansharfajar.blogspot.co.id/2014/02/inilah-alasan-mengapa-70-siswa-sma.html

 

gak-suka-pelajaran-tertentu

 

Masing-masing dari kamu saat sekolah atau saat kuliah pastinya punya mata pelajaran atau mata kuliah baik yang disukai maupun tidak kamu sukai kan? Mata pelajaran atau mata kuliah yang kamu sukai itu sangatlah penting menurut kamu sedangkan mata pelajaran atau mata kuliah yang tidak kamu sukai adalah mata pelajar atau mata kuliah yang susah untuk dipelajari atau tidak penting bagi kamu. Sebenarnya semua mata pelajaran maupun mata kuliah memang penting sih. Tapi kalau udah gak suka dengan mata pelajaran atau mata kuliah tertentu pastinya rasa malas untuk mempelajari mata pelajaran atau mata kuliah itu akan ada.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

8. Sulit memahami pelajaran

Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2015/03/12/070505/2856369/857/ketika-anak-sulit-diatur-belajar-ini-yang-harus-dilakukan-orangtua

 

sulit-memahami-pelajaran

 

Tingkat kesulitan dan kemudahan di setiap mata pelajaran dan mata kuliah berbeda-beda. Saat kamu belajar, pasti kamu akan merasa kesulitan. Di saat kamu mentok banget dengan pelajaran yang sulit dipecahkan, kamu pasti akan males lagi untuk meneruskan belajar. Kamu nyerah karena gak ada cara lain untuk memecahkan pelajaran yang sulit untuk dipecahkan.

Malas adalah suatu kebiasaan yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Hindarilah rasa malas itu sebisa mungkin jika kamu mau hasil belajarmu sukses.

 

meme-malas-belajar

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Inilah Alasan Mengapa Kamu Malas Belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *