Tips-tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Sesuatu yang bisa menjadikan kamu untuk sukses belajar yaitu daya konsentrasi. Konsentrasi sangatlah dibutuhkan oleh semua orang. Semua orang bahkan kamu pastinya membutuhkan konsentrasi belajar kan? Jika tidak adanya konsentrasi, kamu gak akan bisa belajar dan berujung pada kegagalan. Masih ada cara kok yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan:

 

1. Jangan belajar sambil nonton tv

Sumber: https://motivasee.com/45-instruksi-untuk-menjalani-kehidupan/

 

belajar-sambil-nonton-tv

 

Disaat belajar tentunya kamu ingin berkonsentrasi. Belajar sambil nonton tv adalah penghalang bagi kamu. Kamu akan merasa terganggu dengan tanyangan yang ada di TV dan kamu lebih fokusnya ke tanyangan tv bukannya ke buku yang kamu pelajari. Tentunya untuk meningkatkan konsentrasi belajar, kamu jangan deh belajar sambil nonton TV. Itu sangat mengganggu kamu. Konsentrasi yang kamu miliki seharusnya menjadi meningkat malahan jadi menurun gara-gara kamu belajar sambil menonton TV.

 

2. Cuci muka saat rasa ngantuk muncul

Sumber: https://mynameispitaloka.wordpress.com/2015/02/06/cara-menghilangkan-rasa-kantuk-saat-di-kelas/

 

cuci-muka-saat-ngantuk

 

Rasa ngantuk saat belajar pastinya sering terjadi. Apakah hal ini sering terjadi ke kamu? Ketika rasa ngantuk itu muncul di saat kamu sedang belajar, kamu bisa kok luangkan waktumu dengan cara pergi ke kamar mandi untuk cuci muka. Percaya gak percaya cuci muka itu merupakan cara ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk. Dengan cuci muka, wajahmu akan segar kembali dan rasa ngantukmu akan berkurang. Jadinya kamu akan lebih konsentrasi lagi dalam belajar dan proses belajarmu menjadi sukses.

 

3. Berikan waktu istirahat

Sumber: https://ekoindriasto.wordpress.com/category/uncategorized/page/13/

 

istirahat

 

Belajar terlalu keras tidak bagus untuk kesehatanmu dan juga tidak bagus untuk daya konsentrasimu. Disaat kamu belajar dengan waktu yang tidak terbatas maka daya konsentarsimu akan semakin berkurang. Jika kamu kebablasan belajar dengan waktu yang cukup lama, cobalah untuk istirahat sebentar. Otakmu untuk menampung semua materi pembelajaran yang kamu pelajari itu butuh istirahat sama seperti organ tubuh lainnya yang juga butuh istirahat. Otak yang lelah lama kelamaan akan seperti baterai hp yang perlu dicharge.

Baca juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajarmu

 

4. Perbanyak minum air putih

Sumber: http://www.taranatureepa.co.id/yuk-biasakan-minum-air-putih-di-pagi-hari

 

perbanyak-minum-air-putih

 

Otak manusia membutuhkan yang namanya oksigen. Dengan banyak minum air putih, maka akan ada banyak oksigen yang masuk ke dalam otak kamu. Jika kamu memiliki banyak oksigen di dalam otak tentunya kamu bisa berkonsentrasi untuk belajar dan kamu juga akan lebih fokus dengan apa yang kamu pelajari. Jadi, kamu akan cepat menyerap materi yang kamu pelajari dan tidak akan cepat lupa.

 

5. Berlibur

Sumber: http://www.jurnalpost.com/memilih-waktu-terbaik-untuk-berlibur/871/

 

berliburan

 

Dalam setiap tahun pastinya akan ada waktu panjang bagi kamu untuk berlibur. Di saat kamu memiliki kesempatan untuk berlibur, cobalah untuk mengambil kesempatan itu. Dengan berlibur, segala masalah dan beban pikiranmu akan hilang sekejap. Maka dari itu, kamu tentunya akan lebih konsentrasi belajar karena segala masalah dan beban pikiranmu telah hilang dengan sekejap. Kegiatan berlibur itu bisa membuat kamu akan lupa dengan segala masalah dan beban pikiran tanpa kamu sadari secara langsung maupun secara tidak langsung.

 

6. Meditasi

Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/08/12/1436433/7.Manfaat.Olah.Napas.dengan.Meditasi

 

meditasi

 

Cara ringan yang bisa kamu lakukan di waktu kosong untuk meningkatkan konsentrasi yaitu dengan cara meditasi. Meditasi merupakan salah satu olahraga yang memusatkan dirimu ke suatu titik untuk memfokuskan pikiran dan menenangkan pikiranmu. Olahraga ini sangat murah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan dimana dan kapanpun kamu berada. Konsentrasi itu dibutuhkannya pikiran yang tenang. Jika pikiranmu tidak tenang, kamu tidak akan konsentrasi untuk belajar karena pikiran yang tenang berarti tidak ada beban pikiran yang menyangkut di pikiranmu.

 

7. Atur posisi belajar yang benar

Sumber: http://health.liputan6.com/read/2038557/ramun-amuleto-lampu-belajar-salah-mata-anak-bermasalah

 

belajar-di-meja-belajar

 

Belajar dibutukannya sebuah kenyamanan. Posisi belajar yang benar bisa membuat kamu merasa nyaman dan berkonsentrasi belajar. Jadi, aturlah posisi belajar yang benar yaitu; dengan belajar di meja. Jangan mencoba untuk belajar sambil berbaring di lantai atau di ranjang. Hal ini menyebabkan kamu merasa santai sehingga kamu akan kehilangan konsentrasi belajar.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

Baca juga

Share this!