Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajarmu

Kadang kala belajar adalah hal tersulit untuk dilakukan oleh kaum pelajar. Pastinya ada saja kendala yang membuat kamu tidak memiliki minat belajar sama sekali. Padahal belajar itu penting bahkan sangat-sangat penting. Tentunya harus ada minat belajar yang timbul dari dalam dirimu. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar:

 

1. Ingin mendapatkan nilai bagus

Sumber: http://syuhada-alghifari.blogspot.co.id/2012/07/tips-cara-mendapat-nilai-bagus.html

 

mendapatkan-nilai-bagus

 

Faktor utama yang tentunya mempengaruhi minat belajarmu adalah keinginan mendapatkan nilai bagus. Siapa sih yang gak mau dapet nilai? Kamu bahkan semua orang pastinya mau mendapatkan nilai bagus. Jika kamu mendapatkan nilai bagus tentunya kamu akan bangga pada dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu juga akan ikut berbangga. Cara mudah untuk mendapatkan nilai bagus yaitu hanya dengan belajar. Tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan selain belajar.

 

2. Ingin mendapatkan banyak pengetahuan

Sumber: http://www.konsultasiaja.com/ajarkan-anak-ilmu-pengetahuan/

 

pengetahuan

 

Pengetahuan bisa kamu peroleh dengan berbagai cara. Tapi cara yang paling efektif dan efisien adalah dengan belajar. Jika kamu memiliki minat belajar berarti kamu memiliki minat untuk mendapatkan banyak pengetahuan. Dengan belajar tentunya kamu dari yang gak tahu apa-apa menjadi tahu akan segala hal.

 

3. Ingin membanggakan orangtua

Sumber: http://www.suka.web.id/membuat-bahagia-orang-tua-dengan-cara-sederhana/

 

membuat-orang-tua-bangga-atau-bahagia

 

Belajar itu pasti ada tujuannya. Selain agar memperoleh nilai bagus dan memperoleh banyak wawasan, tentunya belajar itu bisa membuat orangtuamu bangga kepada kamu. Jika kamu memiliki minat belajar, mereka merasa bahwa kamu menghargai mereka yang telah memberikan kamu pendidikan. Memiliki minat belajar  merupakan cara termudah untuk membanggakan orangtuamu. Karena belajar bisa menjadikan kamu memperoleh hasil yang bagus dan hasil tersebut bisa membuat orangtuamu bangga kepada kamu.

Baca juga: Anda Ingin Menjadi Pelajar yang Sukses? Disini Bisa Membantumu

 

4. Ingin Menggapai cita-cita

Sumber: http://mjr-sjs.net/meretas-jalan-menggapai-impian/

 

meraih-cita-cita

 

Setiap orang pasti memiliki keinginan agar cita-cita yang dimilikinya bisa tercapai. Kunci utamanya hanya dengan belajar dan belajar. Diyakinkan jika kamu memliki minat belajar, cita-citamu pastinya akan tercapai. Cita-cita tidak akan bisa tercapai tanpa adanya belajar.

 

5. Malu dapat nilai jelek

Sumber: http://www.vemale.com/ragam/78478-bunuh-diri-karena-nilai-jelek-gadis-ini-justru-kehilangan-kakinya.html

 

malu-mendapatkan-nilai-jelek

 

Disaat kamu mendapatkan nilai jelek, pastinya kamu akan timbul rasa malu. Baik itu malu terhadap diri sendiri, malu terhadap teman-teman, malu terhadap guru atau dosen, maupun malu terhadap orangtua. Ketika rasa malu itu muncul kamu akan berusaha keras agar kamu gak mendapatkan nilai jelek lagi. Berusaha keras bisa dengan cara timbulnya minat belajar dan rajin belajar juga tentunya. Disaat kamu berhasil mendapatkan nilai bagus, kamu gak akan malu lagi terhadap orang-orang sekitarmu tapi justru kamu malah bangga udah berhasil mendapatkan nilai bagus.

 

6. Ingin menjadi pelajar yang berprestasi

Sumber: http://www.harapanmuliapalembang.sch.id/prestasi/detail/24-Juara-I-Lomba-MIPA-Kota-Palembang-di-SMP-Xaverius-1-Palembang

 

menggapai-prestasi

 

Pernahkah kamu memiliki mimpi untuk menjadi pelajar yang berprestasi? Pasti pernah kan? Prestasi merupakan bentuk penghargaan yang kamu capai dari titik awal sampai titik akhir. Orang yang berprestasi itu tentunya memiliki minat belajar yang tinggi. Agar bisa menjadi pelajar yang berprestasi kamu harus memiliki minat belajar yang tinggi dan tentunya juga harus rajin belajar. Jika proses belajarmu berhasil mendapatkan nilai bagus, kamu belum tentu bisa dikatakan sebagai pelajar yang berprestasi loh. Pelajar yang berprestasi itu adalah pelajar yang memperoleh nilai bagus kemudian mendapatkan penghargaan khusus. Atau bisa kamu memperoleh penghargaan karena berhasil memenangkan suatu perlombaan akademik maupun non akademik.

 

7. Adanya motivasi dari orang-orang  sekitar

Sumber: http://aairwan.blogspot.co.id/2013/07/motivasi-diri-yang-baik-untuk-menggapai.html?showComment=1432037201988

 

motivasi-atau-dorongan

 

Motivasi dalam segala apapun sangat penting apalagi dalam bidang pendidikan. Kamu sebagai pelajar tentunya membutuhan motivasi belajar dari orang-orang sekitarmu. Dengan adanya motivasi belajar, kamu akan memiliki minat belajar dan semangat belajar. Dijamin deh, ketika kamu mendapatkan motivasi belajar kamu akan semakin semangat belajarnya dan gak pernah mau malas belajar.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

Baca juga

Share this!

One thought on “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajarmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *