Anda Ingin Menjadi Pelajar yang Sukses? Disini Bisa Membantumu

Mendengar kata sukses semua orang pasti tahulah apa itu sukses. Tentunya setiap orang bahkan kamu yang masih pelajar pastinya mau menjadi orang yang sukses. Siapa sih yang gak mau menjadi orang sukses? Jika kamu ingin menjadi pelajar yang sukses coba lakukan hal ini!

 

1. Jangan sombong

Sumber: http://irsyad-22.blogspot.co.id/2014/01/jenis-orang-sombong.html

 

jangan-sombong

 

Kesombongan adalah hal yang paling dibenci oleh banyak orang. Percaya gak percaya sombong adalah tanda kehancuran. Disaat kamu meraih kesuksesan dalam belajar maupun prestasi dan kamu bertindak sombong ke orang-orang di sekitarmu maka lain waktu kamu gak akan bisa meraih kesuksesan lagi. Biasanya orang sombong kalau sudah sukses gak akan mau berusaha lagi untuk menjadi lebih sukses. Kamu bisa mengambil cth; saat kamu berhasil memperoleh nilai bagus dan kamu sombong ke teman-teman kamu lalu kamu berpikir untuk malas belajar karena kamu merasa buat apa belajar lagi kan nilai udah bagus. Nah, yang kayak gini nih yang bisa buat kamu hancur. Kesuksesan atau keberhasilan yang kamu capai gak akan selalu datang ke kamu. Kalau tiba-tiba kamu gagal pastinya kamu akan dikucilkan oleh teman-temanmu.

 

2. Jangan pelit ilmu

Sumber: http://ibu-zahraa.blogspot.co.id/2015/05/jangan-pelit-berbagi-ilmu-saudaraku.html

 

jangan-pelit-ilmu

 

Ilmu yang selama ini kamu dapatkan dari sekolah atau dari kampus gak akan kamu bawa sampai mati kok. Bila kamu menguasi materi pembelajaran di sekolah maupun di kampus cobalah berbagi ilmu tersebut kepada teman-temanmu yang membutuhkan bantuanmu. Berbagi ilmu itu indah kok. Kamu gak akan merasa rugi. Justru itu adalah jalan terbuka bagi kamu untuk menuju kesuksesan dan kamu bisa membawa teman-temanmu itu untuk menuju kesuksesan yang seperti kamu inginkan.

 

3. Jangan mudah menyerah dan selalu berusaha

Sumber: http://vieronice.blogspot.co.id/2009/11/jangan-menyerah.html

 

jangan-menyerah

 

Kalau mau sukses tiada kata menyerah. Menyerah berarti kamu adalah orang yang lemah, kamu gak mampu buat berjuang dan berusaha. Untuk mencapai sebuah kesuksesan itu gak susah kok. Kunci utamanya adalah jangan menyerah dan s’lalu berusaha. Disaat kamu ingin menyerah kamu harus katakan pada dirimu “Jangan nyerah, jangan nyerah, dan jangan nyerah”. Kamu harus berusaha sampai bisa. Orang yang mudah menyerah dan gak mau berusaha sangat sulit untuk mendapatkan kesuksesan.

 

4. Pelajari hal-hal baru

Sumber: http://hadsec.com/blog/2016/03/09/cara-belajar-hacking-bagi-pemula/

 

pelajari-hal-hal-baru

 

Orang sukses adalah orang yang selalu mau mempelajari hal-hal baru. Kamu sebagai pelajar bisa belajar dari hal-hal baru yang kamu temukan baik di lingkungan sekolah, kampus, maupun di luar lingkungan sekolah atau kampus. Ketika kamu menemukan hal baru yang membuat kamu penasaran, cobalah untuk mempelajarinya lebih dalam. Kemudian kamu bisa mempraktekannya di sekolah, di kampus, ataupun di kehidupan sehari-harimu. Jangan cuma dipelajari doang tapi harus dipraktekan. Kalau kamu hanya mempelajarinya tanpa dipraktekan sama saja bohong. Gak akan  ada hasilnya.

 

5. Jangan takut gagal

Sumber: https://lebihdaripemenang.wordpress.com/2011/06/22/jangan-takut-gagal/

 

jangan-takut-gagal

 

Kegagalan itu merupakan sesuatu yang wajar kok. Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya gagal. Gak mungkin setiap saat kamu selalu berhasil. Disaat kamu sedang belajar, kamu jangan pernah takut gagal dengan hasil belajarmu. Kamu harus percaya diri kalau hasil belajarmu pasti berhasil. Kalau ternyata hasil belajarmu gagal, kamu harus berjuang dan berusaha terus sampai hasil belajarmu berhasil.

Baca juga: Fakta-fakta Mengenai Perbedaan Guru Zaman Dahulu dengan Guru Zaman Sekarang

 

6. Jangan cepat puas

Sumber: http://fokusjambi.com/post/detail/penyuluh-pertanian-diminta-jangan-cepat-puas.html

 

jangan-cepat-puas

 

Jika kamu ingin hasil belajarmu sukses atau berhasil tentunya kamu jangan cepat puas. Kamu harus punya target dalam proses belajarmu. Jika kamu sudah punya target, kamu kejar terus target tersebut. Contoh; kamu suka dengan pelajaran matematika dan kamu pengen dapet nilai bagus. Kamu bisa membuat target nilai yang ingin kamu capai. Jika kamu mendapatkan nilai di bawah target yang kamu tentukan kamu harus bisa kejar target tersebut di masa mendatang dengan cara rajin belajar. Ingat, jangan pernah puas dengan satu pencapaian!

 

7. Belajar dari kesalahan yang ada

Sumber: http://www.ilawati-apt.com/belajar-dari-kesalahan/

 

belajar-dari-kesalahan

 

Apapun yang kamu lakukan pasti ada banyak atau sedikit kesalahan yang kamu dapatkan. Jika kamu mendapatkan hasil belajar yang jelek, coba temukan kesalahan apa yang membuat nilai kamu jelek. Setelah kamu menemukan kesalahannya, kamu pelajari kembali kesalahan tersebut dan ubah kesalahan tersebut menjadi benar. Dari kesalahan tersebut kamu gak kan menggulanginya kembali.

Siapa bilang mau suskses itu susah. Mencapai kesuksesan selain dengan berjuang dan berusaha tentunya harus ada dukungan dari orang-orang sekitar kamu dan jangan lupa untuk s’lalu berdoa.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

kata-kata-motivasi-belajar

 

Baca juga

Share this!