Cara Memilih Jurusan Perkuliahan

Saat menuju dunia perkuliahan tentunya kamu terlebih dahulu harus memilih jurusan perkuliahan. Memilih jurusan perkuliahan merupakan hal tersulit dan membingungkan bagi kamu. Sehingga banyak dari kamu yang salah memilih jurusan. Salah memilih jurusan itu bisa berakibat fatal loh. Nah, supaya kamu gak salah pilih jurusan coba baca tips-tips / cara memilih jurusan perkuliahan berikut ini:

 

1. Kenali minat dan bakat yang kamu miliki

Sumber: https://jaretaad.wordpress.com/2015/06/15/rpl/

 

minat-dan-bakat

 

Mendengar kata minat dan bakat pasti kamu udah ngerti kan apa artinya? Ya betul, minat itu ketertarikan terhadap suatu hal yang dapat kamu pelajari sedangkan bakat adalah kemampuan yang kamu miliki. Tentunya untuk memilih sebuah jurusan perkuliahan kamu harus mengenali minat dan bakat yang kamu miliki. Kamu harus tau minatmu itu apa dan bakat kamu juga apa. Baru dari situlah kamu bisa memilih jurusan sesuai minat dan bakat yang kamu miliki.

 

2. Dengari dan ikuti kata hatimu jangan kata orang

Sumber: https://terlalusingkat.wordpress.com/2012/10/10/dengarkan-kata-hatiku/

 

kata-hati

 

Yang namanya kata hati itu gak pernah salah. Kenapa? Karena kata hati itu berasal dari dalam diri kita. Ketika kamu harus memilih jurusan perkuliahan sebaiknya kamu dengari dan ikuti kata hatimu. Jangan pernah dengarkan kata orang. Kata orang dengan kata hati kamu sudah dipastikan sangat berbeda. Jika kata orang kamu harus mengambil jurusan perkuliahan ini tapi kata hatimu berbeda, yahh kamu tetaplah harus ikuti kata hatimu. Itu yang terbaik buat kamu karena itu semua kamu kok yang jalaninnya.

 

3. Jangan ikut-ikutan temen

Sumber: http://www.hipwee.com/motivasi/sebelum-nyesel-milih-jurusan-kuliah-karena-ikut-ikutan-teman-7-hal-ini-penting-kamu-pertimbangkan/

 

ikut-ikutan-temen

 

Ketika kamu merasa bingung dan berujung dengan kepasrahan tentunya kamu akan mengambil jalan pintas dengan cara ikut-ikutan temen. Inilah hal yang sering terjadi ketika kamu memilih jurusan perkuliahan. Memilih jurusan perkuliahan dengan cara ikut-ikutan temen bisa membuat kamu tersesat dan menyesal. Karena apa yang temen kamu pilih itu belum tentu sesuai minat dan bakat yang kamu miliki. Jadi, kalau boleh aku sarani sih sebaiknya kamu jangan deh ikut-ikutan temen. Dijamin kamu akan menyesal seumur hidup kamu.

Baca juga: 6 Gaya Belajar yang Perlu Kamu Kenali. Termasuk yang manakah Kamu?

 

4. Cari referensi di internet tentang jurusan apa yang masa depannya bagus

Sumber: http://blog.studentjob.co.id/7-pekerjaan-dengan-gaji-tinggi/

 

cari-referensi-jurusan

 

Memilih jurusan perkuliahan itu jangan sampai salah loh. Karena jurusan perkuliahan itulah yang menentukan masa depanmu. Setiap jurusan perkuliahan memiliki masa depannya masing-masing. Ada yang bisa membuat masa depan kamu menjadi bagus ada juga yang membuat masa depanmu gak bagus. Untuk memastikan jurusan perkuliahan yang masa depannya bagus atau tidak bagus, kamu bisa mencari referensi-referensinya di internet kok.

 

5. Jangan memilih jurusan yang gak sesuai hanya karena gengsi dan terpaksa

Sumber: http://artha-harianja.blogspot.co.id/2015/05/mau-kuliah-kamu-harus-pertimbangkan-hal.html

 

gengsi-dan-terpaksa

 

Terkadang dalam memilih sebuah jurusan perkuliahan sering muncul rasa gengsi dan keterpaksaan. Kamu gengsi dengan orang disekitarmu karena jurusan yang kamu pilih sebelumnya itu gak menarik dan gak keren di mata orang-orang sekitarmu. Jadinya karena kamu gengsi makanya kamu terpaksa memilih jurusan yang lebih menarik dan lebih keren. Kamu harus buang jauh-jauh rasa gengsi dan keterpaksaan itu. Jangan dengarkan apa kata orang.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

Baca juga

Share this!