6 Gaya Belajar yang Perlu Kamu Kenali. Termasuk yang manakah Kamu?

Setiap orang pasti memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Apakah kamu sudah mengenal gaya belajarmu selama ini? Kalau belum, hari ini aku akan kasih tau macam-macam gaya belajar yang perlu kamu kenali lebih dalam. Berikut ini adalah macam-macam gaya belajar yang perlu kamu kenali lebih dalam:

 

1. Auditori

Sumber: http://www.titianbakat.com/modalitas-gaya-belajar/

 

gaya-belajar-auditori

 

Auditori merupakan gaya belajar dengan cara mendengarkan. Orang yang memiliki gaya belajar Auditori biasanya ketika kamu mendengarkan sebuah penjelasan dari orang-orang sekitar, kamu akan langsung mengerti dengan apa yang orang tersebut ucapkan. Belajar dengan cara mendengarkan bisa lewat guru atau dosen yang menjelaskan materi pembelajaran di kelas, mendengarkan berita di radio, dll.

 

2. Reading and writing

Sumber: https://adehermawati.wordpress.com/artikel/mengenal-gaya-belajar-anak/

 

gaya-belajar-read-and-writing

 

Banyak orang bilang biasakanlah budaya membaca. Dengan membaca berarti kamu telah membuka dunia. Jika kamu orang  yang memiliki gaya belajar membaca kamu hanya bisa belajar dengan cara membaca berbagai macam buku-buku penunjang atau referensi lainnya yang bisa kamu baca barulah kamu akan mengerti. Setelah membaca kamu akan langsung menulis informasi yang telah kamu baca secara berulang-ulang dan kamu gak akan cepat lupa dengan apa yang sudah kamu baca dan kamu tulis.

 

3. Kinestetik

Sumber: http://psikologid.com/yuk-kenali-gaya-belajar-kamu/

 

Education: Retro revival children making robot in science lab.

 

Biasanya orang yang gak bisa diem itu memiliki gaya belajar Kinestetik. Gaya belajar Kinestetik yaitu belajar dengan cara metode praktek. Jadi, saat di sekolah atau di kampus kamu diajarkan sesuatu oleh guru atau dosenmu maka kamu akan langsung mempraktekannya dimanapun dan kapanpun kamu berada. Tidak hanya melalui ajaran dari guru atau dosenmu yang kemudian kamu langsung mempraktekannya tapi bisa dari kehidupan sehari-hari lainnya.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Untuk Menghilangkan Kebiasaan Menyontek

 

4. Visual

Sumber: http://ainamulyana.blogspot.co.id/2015/04/gaya-belajar-siswa.html

 

gaya-belajar-visual

 

Gaya belajar Visual lebih fokus terhadap suatu hal melalui penglihatan. Kamu belajar dengan cara melihat suatu hal terlebih dahulu barulah kamu akan paham terhadap hal yang telah kamu lihat itu. Belajar secara visual itu bisa melalui nonton acara di TV, liat video tutorial, liat seseorang membuat sesuatu langsung di depan mata kita, dll.

 

5. Solitary

Sumber: http://www.desasdesus.xyz/2015/09/penting-7-gaya-belajar-yang-harus-kamu.html

 

gaya-belajar-solitary

 

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk belajar. Ada yang bisa belajar sendiri dan ada yang hanya bisa belajar secara bersama-sama. Kalau kamu termasuk orang yang bisa belajar sendiri berarti kamu memiliki gaya belajar Solitary. Orang yang memiliki gaya belajar Solitary ini, hanya bisa konsentrasi dan fokus belajar kalau belajarnya sendiri. Selain belajar sendiri, orang yang memiliki gaya belajar Solitary juga bisa memecahkan masalah dalam pembelajaran dengan cara mencari referensi-refensi diberbagai media.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!

 

6. Physical

Sumber: http://www.saling-berbagi.com/2015/11/memahami-gaya-belajar-anak.html

 

gaya-belajar-physical

 

Gaya belajar Physical cenderung membuat kamu cepat menyerap informasi. Caranya adalah belajar dengan menggunakan alat peraga. Maka dari itu, kamu akan fokus terhadap informasi yang diberikan dan kamu bisa langsung mengerti dan menyerap terhadap informasi tersebut. Biasanya orang dengan gaya belajar Physical ini dalam kesehariannya sulit untuk menangkap berbagai informasi dengan cepat. Makanya dibutuhkannya sebuah alat peraga untuk menjelaskan sebuah informasi.

Sudah tahu kan gaya belajar itu ada apa aja? Jadi, termasuk yang manakah kamu?

Baca juga

Share this!