Lakukan Hal Ini Untuk Menghilangkan Kebiasaan Menyontek

Dalam segala aktivitas di sekolah maupun di kampus saat sedang menghadapi ujian kamu pasti pernah menyontek atau sering banget nyontek kan? Hayoo, ngaku jangan bohong. Menyontek itu bukan budaya orang berpendidikan loh. Emang susah sih buat buang jauh-jauh kebiasaan menyontek. Tenang masih ada solusinya kok untuk menghilangkan kebiasaan menyontek. Perhatikan solusi berikut ini:

 

1. Rajin belajar

Sumber: http://simatografi.blogspot.co.id/2012/11/tips-belajar-efektif-saat-menjelang.html

 

belajar-saat-ujian

 

Rajin belajar adalah salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan menyontek. Kalau kamu rajin belajar ketika tiba-tiba guru atau dosenmu memberikan ujian mendadak kamu gak akan kaget lagi dan siap mengikuti ujian tersebut. Dijamin deh kamu bisa menjawab semua pertanyaan terhadap soal-soal yang dibuat oleh guru atau dosenmu.

 

2. Selalu ingat bahwa gak nyontek itu keren

Sumber: https://theanotheround.wordpress.com/2013/04/27/pengalaman-mencontek-ku/

 

gak-nyontek-itu-keren

 

Tanpa menyontek itu jauh lebih keren daripada harus menyontek. Kamu punya percaya diri yang tinggi saat kamu gak nyontek karena kamu yakin bahwa jawaban yang kamu berikan itu pasti benar dan kamu punya usaha buat mengerjakan ujian sendiri.

 

3. Jangan patah semangat ketika dapat nilai jelek

Sumber: http://id.wikihow.com/Mengatasi-Nilai-Jelek

 

dapat-nilai-jelek

 

Faktor utama yang menyebabkan orang sering menyontek selain malas belajar adalah ketika mendapatkan nilai jelek langsung menyerah begitu saja. Saat kamu mendapatkan nilai jelek pasti banyak dari kamu langsung menyerah kan? Makanya saat ujian selanjutnya kamu bukannya berusaha tapi malah menyontek. Kamu gak boleh nyerah gitu aja kamu harus terus berusaha agar kamu bisa mendapatkan nilai bagus. Kalau menyontek belum tentu kamu bisa mendapatkan nilai bagus karena jawaban yang kamu contek belum tentu benar apalagi kalau kamu ketahuan menyontek oleh guru atau dosenmu pasti nilaimu akan semakin jelek.

 

4. Bayangkan kalau guru atau dosen pengawas ujian adalah guru atau dosen yang killer

Sumber: https://www.memecomic.id/artikeldetil/185-guru-guru-di-sekolah

 

guru-atau-dosen-pegawas-killer

 

Saat kamu sedang menghadapi sebuah ujian pasti kamu akan bertemu dengan guru atau dosen pengawas ujian. Untuk menghindari agar kamu gak nyontek saat ujian berlangsung, coba bayangkan kalau guru atau dosen pengawas ujian adalah guru atau dosen yang killer. Bayangkan juga wajahnya yang seram seperti mau membunuh orang dan ketika dia lewat depan kamu, kamu gak akan bisa ngapa-ngapain.

Baca juga: Sekolah vs Kuliah, Mana yang Lebih Seru?

 

5. Ketika ada pertanyaan yang gak bisa dijawab cobalah jawab apa adanya

Sumber: https://www.memecomic.id/artikeldetil/185-guru-guru-di-sekolah

 

jawab-semua-soal-ujian-apa-adanya

 

Tau kan yang namanya menyontek itu termasuk dosa besar. Ketika kamu sedang menjawab soal ujian dan ada soal yang gak bisa sama sekali kamu jawab kamu bisa jawab apa adanya walaupun jawabannya salah. Itu lebih baik kan daripada harus menyontek?

 

6. Berdoalah agar gak digoda iblis untuk menyontek

Sumber: https://speculationsanjeev.wordpress.com/tag/hal-berdoa/

 

berdoa-sebelum-ujian

 

Awalnya keinginan menyontek itu berawal dari godaan iblis yang memerintahkan kamu untuk menyontek. Agar kamu terhindar dari godaan iblis untuk menyontek kamu bisa berdoa sebelum ujian. Supaya saat kamu sedang mengerjakan soal ujian kamu gak tergoda dengan iblis yang memerintahkan kamu untuk menyontek.

Berikan Pendapatmu mengenai sekolah / perguruan tinggimu, tulis di sini!
Rember: Menyontek bukanlah budaya orang berpendidikan.

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *